Besaran Turunan dan Satuannya (Pengertian, Contoh, Dimensinya)

Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan dari besaran pokok. Demikian pula satuan besaran turunan adalah satuan yang dapat diturunkan dari satuan besaran pokok. Satuan besaran turunan disebut satuan turunan dan diperoleh dengan mengabungkan beberapa satuan besaran pokok.

Contoh Besaran Turunan

1. Luas
Satuan luas dari suatu daerah empat persegi panjang. Luas daerah empat persegi panjang adalah panjang kali lebar. Jadi satuan luas adalah satuan panjang dikalikan satuan lebar atau satuan panjang dipangkatkan dua, m².

2. Volume
Satuan volume suatu balok adalah satuan panjang dikalikan satuan lebar dikalikan satuan tinggi atau satuan panjang dipangkatkan tiga, m³. Satuan kecepatan adalah satuan panjang dibagi satuan waktu, m/s atau ms-¹.

Contoh beberapa besaran turunan dan satuannya, singkatan serta dimensi dalam satuan SI ditujukkan pada tabel dibawah ini:
Contoh besaran turunan, satuan, singkatan, dan dimensinya

Contoh besaran turunan lainnya adalah:
  1. Energi dan Usaha
  2. Daya
  3. Tekanan
  4. Frekuensi
  5. Muatan Listrik
  6. Potensial Listrik
  7. Hambatan Listrik
  8. Kapasitansi
  9. Medan Magnetik
  10. Fluks Magnetik
  11. Induktansi

Contoh besaran turunan dan satuannya


Dalam besaran turunan kadang-kadang kita perlu untuk melakukan suatu konversi dari sistem satuan ke sistem yang lain. Sebagai contoh kita harus mengonversi suatu satuan luas dari sistem 10000 cm² (cgs) ke satuan luas sistem SI (besaran pokok) yaitu:
10000 cm² = 10000 cm² x (0,01 m/cm) x (0,01 m/cm) = 1 m².

Pada umumnya kita melakukan konversi satuan dari sistem satuan bukan SI ke sistem satuan SI. Sebagai contoh, konversikan kelajuan suatu mobil Jaguar (mobil buatan Inggris) yang besarnya 80 mil/jam ke satuan meter/sekon atau m/s yaitu:
80 mil/jam = 80 mil/jam x 5280 kaki/mil x 0,3048 m/kaki x 1 jam/3600 s = 35,763 m/s.

Dengan catatan kita menggunakan tabel konversi yaitu:
1 mil = 5280 kaki,
1 kaki = 0,3048 m,
1 jam = 3600 s.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Besaran Turunan dan Satuannya (Pengertian, Contoh, Dimensinya)"