Paragraf Persuasif (Ciri-ciri Persuasif & Menentukan Topik Persuasif)


Paragraf Persuasif
Paragraf persuasif adalah paragraf  yang berisi ajakan atau bujukan agar pembaca mengikuti atau mengadopsi petunjuk-petunjuk yang ditulisnya dalam teks. Kalimat-kalimat persuasif dalam sebuah paragraf mendorong pembaca untuk mengikuti langkah atau petunjuk dalam kalimat tersebut. Sebagai tulisan yang bersifat ajakan, kalimat-kalimat dalam paragraf persuasif cenderung mempromosikan sesuatu yang diperlukan pembaca. Judul tulisan pun biasanya bersifat menunjukkan atau menginformasikan sesuatu kepada masyarakat. Dalam beberapa hal, karangan persuasif ini mirip sebuah iklan atau adventoria.

Menentukan Topik Persuasif
Topik karangan (tulisan) persuasif dapat dikembangkan dari berbagai macam bidang. Hampir setiap bidang bisa dijadikan topik karangan persuasif, dengan syarat topik itu mengandung ajakan atau persuasif kepada pembaca. Beberapa contoh topik yang bisa dikembangkan menjadi karangan persuasif adalah
sebagai berikut.

Bidang Kesehatan
Menghindari Diri dari Penyakit Demam Berdarah
Hidup Sehat dengan Murah
Olahraga untuk Kesehatan Tubuh
Bidang Pendidikan
Meraih Prestasi Dunia di Tengah Kompetisi yang Ketat
Cara Belajar yang Efektif
Buku Sebagai Sumber Ilmu

Contoh-contoh tema di atas menggambarkan bahwa pembaca diajak untuk ikut atau mengikuti saran-saran yang dituangkan dalam tulisan tersebut. Tema Hidup Sehat dengan Murah, misalnya akan memaparkan bagaimana menjaga kesehatan dengan tidak mengeluarkan dana yang banyak. Tulisan ini akan memberi contohcontoh olahraga atau upaya menjaga kesehatan dengan tidak mengeluarkan uang, misalnya, membiasakan diri untuk jalan-jalan (jogging). Semua kalimat karangan ini akan disusun secara persuatif karena tujuannya mengajak pembaca untuk mengikuti saran-saran dalam tulisan tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Paragraf Persuasif (Ciri-ciri Persuasif & Menentukan Topik Persuasif)"

Posting Komentar