Unsur-Unsur Pementasan Drama

        Dalam pementasan drama terdapat unsur-unsur drama yang mendukung pementasan. Saat menonton pementasan drama Anda dapat menilai hal-hal yang terkait dengan pementasan drama. Hal-hal yang terkait dengan pementasan drama sebagai berikut.

1. Tata Rias
    Tata rias dapat memberikan bantuan kepada pemain untuk membuat perubahan pada wajah pemain sesuai dengan karakter yang akan diperankan. Misalnya, mengubah pemain yang masih muda menjadi nenek tua.

2. Pakaian atau Kostum
    Pakaian atau kostum dapat mendukung pemain untuk memerankan karakter yang diperankan. Misalnya, pemain menggunakan baju kotor dan compang-camping untuk memerankan tokoh pengemis.

3. Tata Panggung
    Tata panggung menggambarkan latar cerita drama. Misalnya, dipanggung terdapat lampu minyak dan beberapa kursi tamu berarti cerita drama yang dipentaskan mempunyai latar tempat di ruang tamu pada saat malam hari.

4. Tata Bunyi
    Tata bunyi akan membantu menggambarkan situasi yang terjadi dalam pementasan drama. Misalnya, saat pementasan terdengar suara jangkrik berarti suasana saat pementasan drama sedang sunyi sehingga hanya suara jangkrik yang terdengar.

Selain hal-hal yang terkait dengan pementasan drama, Anda dapat menilaihal-hal berikut.
1. Penjiwaan pemain dalam memerankan karakter yang dimainkan.
2. Ekspresi yang digunakan pemain.
3. Gerak-gerik pemain.
4. Lafal yang digunakan pemain.
5. Intonasi yang digunakan pemain.
6. Volume suara yang digunakan pemain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsur-Unsur Pementasan Drama"

Posting Komentar