Battle of Surabaya the Movie (kartun animasi asli karya anak bangsa Indonesia)

                                                        (image source: fb of battle of Surabaya)
       Film animasi Battle of Surabaya the Movie adalah film animasi asli karya anak bangsa Indonesia. Film ini diproduksi oleh MSV PICTURES yang berada di gedung dua STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, film ini menceritakan tentang pertempuran yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya yang disebut juga sebagai "Pertempuran Surabaya". Film ini disutradarai oleh Aryanto Yuniawan dan ceritanya ditiulis oleh M.Suyanto.
        Film Layar Lebar Animasi 2D Pertama Indonesia Battle of Surabaya menceritakan petualangan seorang anak muda bernama MUSA, yaitu remaja tukang semir sepatu yg menjadi kurir bagi pejuang arek2 Suroboyo & TKR dlm pertempuran dahsyat yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 Surabaya. Awal dari cerita ini cerita dibuka dengan visualisasi dahsyat dari pemboman kota Hiroshima oleh Sekutu yang menandakan menyerahnya Jepang. "Indonesia merdeka, itu yang kudengar di RRI, Jepang menyerah!!" kata Musa.Tetapi langit Surabaya kembali merah dengan peristiwa Insiden Bendera dan kedatangan Sekutu yang ditumpangi oleh Belanda. Belum lagi gangguan oleh beberapa kelompok pemuda Kipas Hitam yang dilawan oleh Pemuda Republiken. Residen Sudirman, Gubernur Suryo, Pak Moestopo, Bung Tomo dan tokoh-tokoh lain membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo & pemuda Indonesia bangkit melawan penjajahan. Musa dipercaya sebagai kurir surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan Bung Tomo. Berbagai peristiwa dilalui Musa sebagai kurir, kehilangan harta dan orang-orang yang dikasihi menjadi konsekuensi tugas mulia tersebut.
         Cerita ini merupakan cerita adaptasi dari peristiwa 10 November 1945 Surabaya. Selain tokoh-tokoh nyata, terdapat tokoh fiktif yang sengaja dibuat untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Pesan perang tentang semangat, cinta tanah air, dan perdamaian. Film animasi Battle Of Surabaya telah banyak mendapat penghargaan baik nasional maupun internasional dan juga telah memenangkan kompetisi internasional. Semoga kedepannya film animasi Indonesia semakin maju, televisi-televisi lokal sudah tidak perlu lagi membeli film dari luar negeri tetapi sudah beralih pada animasi karya anak bangsa. Maju terus animasi Indonesia...!!!!!

(sebagian dikutip dari wikipedia)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Battle of Surabaya the Movie (kartun animasi asli karya anak bangsa Indonesia)"

Posting Komentar