Teknik Membatik (Teknik kerajinan kain batik)

       Teknik membatik telah mengalami perkembangan tanpa meninggalkan teknik lama yang telah diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Teknik batik yang kita kenal di Nusantara, antara lain adalah: 
1) Batik Tulis
        Batik tulis adalah batik yang dibuat dengan teknik menggambar motif di atas kain menggunakan canting. Canting adalah alat khusus untuk menggambar motif batik di atas kain yang berisi cairan lilin atau malam panas untuk menutup bagianbagian tertentu sesuai dengan pola yang dibuat. Batik tulis memiliki keunggulan nilai seni dibandingkan dengan batik yang lain.
2) Batik Cap
        Batik cap adalah batik yang dibuat dengan menggunakan teknik cap (stempel), biasanya dibuat dari tembaga dan dibubuhi malam (cairan lilin panas).
3) Batik Sablon
       Batik sablon adalah batik yang dibuat dengan menggunakan klise (hand printing). Motif batik yang sudah dibuat kemudian dibuat klise lalu dicetak.
4) Batik Printing
       Batik printing adalah batik yang dibuat dengan teknik printing atau menggunakan alat mesin. Teknik pembuatannya mirip dengan batik sablon.
5) Batik Lukis
       Batik lukis adalah batik yang dibuat dengan teknik melukiskan langsung di atas kain. Alat yang
digunakan dan motif yang dibuat pun lebih bebas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Membatik (Teknik kerajinan kain batik)"

Posting Komentar