Senam Lantai Dengan Alat (Gerakan-Gerakan Senam Lantai Tanpa Alat)

Gerakan-Gerakan Senam Lantai Tanpa Alat
1. Lompat Kangkang
       Lompat kangkang adalah gerakan melompati boks senam (peti) dengan posisi kaki membuka (kangkang). Latihan gerakan lompat kangkang berguna untuk melatih ketangkasan, kekuatan, kelincahan, keberanian dan konsentrasi.
       Cara melakukannya adalah berlari dengan cepat beberapa langkah. Pada langkah terakhir, lakukan tolakan dengan kedua kaki. Letakkan kedua tangan di atas peti dan rentangkan kedua kaki hingga lurus ke samping. Awalan yang dimulai dengan lari cepat akan memberi tenaga dorong ke
depan sehingga dapat loncat kangkang di atas peti. Lakukanlah pendaratan dengan kaki dan lutut relaks (lentur). Jagalah keseimbangan agar tidak terjatuh.

2. Lompat Jongkok Melewati Boks Senam       
       Latihan lompat jongkok ini mempunyai kegunaan sama dengan lompat kangkang, hanya memodifikasi gerakan kaki dari kangkang menjadi jongkok.
       Cara melakukannya adalah awalan dimulai dengan lari cepat beberapa langkah. Pada langkah terakhir, lakukan tolakan kuat dengan kedua kaki. Pada saat loncatan tertinggi di atas peti, kedua kaki ditekuk sehingga dalam kondisi sikap jongkok. Lakukan pendaratan dengan kedua kaki. Jaga keseimbangan badan agar tidak terjatuh.

3. Berguling ke Depan pada Boks Senam
       Gerakan ini masih menggunakan alat bantu boks senam.
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Atur posisi peti membujur dengan ketinggian 30-60 cm.
b. Sikap awal sama seperti pada lompat kangkang.
c. Berlari perlahan ke arah boks senam, setelah sampai pada boks senam, gunakan kaki terkuatmu untuk melompat, kedua telapak tangan bertumpu pada ujung boks, badan meloncat ke atas.
d. berguling di atas boks, lalu mendarat dengan kedua kaki rapat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Senam Lantai Dengan Alat (Gerakan-Gerakan Senam Lantai Tanpa Alat)"

Posting Komentar