Jenis-Jenis Kata Ganti Orang dan Kata Sapaan

1.Kata Ganti Orang
       Kata ganti orang atau pronomina persona adalah kata-kata yang secara khusus menggantikan orang atau manusia. Kata ganti orang dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.
 

        Dalam percakapan resmi, kata aku dirasakan kurang sopan sehingga digunakan kata saya, yang berasal dari bahasa Sanskerta, sahaya. Kata sahaya (saya) sebenarnya bermakna pengiring atau pengikut. Oleh karena lazim digunakan, tidak dirasakan lagi bahwa kata saya adalah kata ganti pinjaman yang berstatus nomina (kata benda) biasa.
       Kata Anda juga terasa lebih sopan daripada kata kamu atau engkau. Kata Anda dibentuk dari akhiran -anda atau -nda, seperti yang terdapat dalam kata ayahanda dan ibunda.
 

2.Kata Sapaan 
       Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menyapa, menegur, atau memanggil orang kedua (lawan bicara). Untuk menyapa lawan bicara, lazim digunakan nama diri (Rudi, Tina, Bagas, dan lain-lain), hubungan kekerabatan (Bapak, Ibu, Adik, Kakak, dan lain-lain), atau kata ganti orang kedua (kamu, Anda, dan lain-lain). Dalam bahasa tulis, huruf awal kata sapaan ditulis dengan huruf kapital.
Contoh : Silakan, Saudara sudah ditunggu sejak pukul lima tadi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Kata Ganti Orang dan Kata Sapaan"

Posting Komentar