Teknik-Teknik Dalam Membaca (SKIMMING, SCANNING, SELECTING, SKIPPING)

       Kegiatan membaca merupakan suatu keterampilan. Dengan membaca, kita bisa mendapatkan banyak informasi dari berbagai media. Kemampuan membaca setiap orang berbeda. Hal yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan kemampuan membaca, khususnya membaca secara cepat dan efektif. Artinya, kita membaca secara cepat dan dapat memahami apa yang kita baca. Kemampuan seperti ini dapat dikuasai dengan melatih Kecepatan Efektif Membaca (KEM). 
Berikut ini adalah teknik membaca untuk mengembangkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM).
a. Skimming Adalah membaca teks secara cepat, menyeluruh untuk memperoleh gambaran umum, bagian penting, dan menyegarkan ingatan akan apa yang pernah kita baca.
b. Scanning Adalah membaca cepat, tetapi teliti. Teknik ini bertujuan memperoleh fakta atau informasi tertentu, misalnya katakata tertentu dalam kamus atau nomor telepon.
c. Selecting Adalah memilih teks dan bagian teks yang dibaca berdasarkan kebutuhan. Teknik ini dilakukan sebelum kegiatan membaca, misalnya saat membaca judul-judul berita di surat kabar.
d. Skipping Adalah kegiatan membaca yang mengabaikan atau melompati bagian yang tidak diperlukan atau bagian yang sudah dimengerti. 

 
        Setelah mengetahui beberapa teknik membaca, kamu dapat menghitung sendiri KEM dengan rumus sebagai berikut.  Jumlah kata dalam teks / Waktu baca per menit X … % pemahaman = … kpm (kata per menit). Contoh: Jumlah kata dalam teks: 300, waktu baca: 2 menit, persentase pemahaman 70% (angka 70% ini merupakan angka untuk pemahaman minimal). Maka, KEM = 300 : 2 X 70% = 105 kpm

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik-Teknik Dalam Membaca (SKIMMING, SCANNING, SELECTING, SKIPPING)"

Posting Komentar