Alat Musik Keyboard | Akor Keyboard | Pembagian Jari Keyboard

Bermain Alat Musik Keyboard
       Bilah atau tuts yang terdapat pada alat musik keyboard sama dengan bilah yang terdapat pada alat musik pianika atau piano. Penjarian dan petunjuk yang digunakan juga sama. Simbol jari yang digunakan dalam permainan keyboard adalah sebagai berikut.
Keterangan:
Tangan kanan dan kiri diberi simbol angka yang sama, antara lain sebagai berikut.
a. Ibu jari diberi kode angka 1
b. Jari telunjuk diberi kode angka 2
c. Jari tengah diberi kode angka 3
d. Jari manis diberi kode angka 4
e. Kelingking diberi kode angka 5

       Dalam permainan keyboard, langkah awal yang harus diketahui adalah menghafal nada-nada yang terdapat pada papan keyboard. Papan yang bertuts putih dalam keyboard digunakan untuk memainkan nada-nada natural, sedangkan papan hitam untuk memainkan nada-nada kromatik. Perhatikan nada yang terdapat pada papan keyboard di bawah ini!
Alat musik keyboard dapat memainkan melodi lagu serta akor. Akor adalah paduan nada atau bunyi yang dibunyikan secara serempak dari dua nada atau lebih dan akan menghasilkan bunyi yang harmonis.
Pernahkah kalian menjumpai partitur lagu yang di atasnya terdapat akornya? Tentunya kalian ingin sekali memainkannya, bukan? Akor pada prinsipnya terdiri atas akor dasar, yaitu I, IV, dan V. Akor yang lain itu merupakan pengembangannya.
Dalam permainan akor, penjarian juga menjadi prioritas utama karena dengan penjarian yang benar akan mempermudah gerakan tangan ke akor selanjutnya dan memperindah posisi letak jari, khususnya akor trinada. Akor trinada adalah akor yang terdiri atas tiga nada, contohnya akor C mayor.
Keterangan:
a) Nada C ditekan oleh kelingking 5
b) Nada E ditekan oleh jari tengah 3
c) Nada G ditekan oleh ibu jari 1
       Pada alat musik keyboard, akor dimainkan oleh jari tangan kiri. Khususnya akor trinada, pada prinsipnya dimainkan dengan penjarian yang sama, yaitu 5-3-1.

Macam-macam akor pada alat musik keyboard:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat Musik Keyboard | Akor Keyboard | Pembagian Jari Keyboard"

Posting Komentar