Karakteristik Tari Berpasangan dan Tari Kelompok

Bentuk penyajian tari berpasangan dan tari kelompok memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing yang berbeda dan tidak dimiliki oleh bentuk tari yang lain. Bagaimanakah karakteristik dari tari berpasangan dan tari kelompok? Cermatilah uraiannya berikut ini.
1. Karakteristik Tari Berpasangan
       Tari berpasangan dibawakan oleh dua orang sehingga tanggung jawab ada pada kedua orang tersebut. Keberhasilan atau kegagalan suatu tarian yang dibawakan menjadi tanggung jawab mereka. Oleh karena itu, tari berpasangan memerlukan koordinasi gerak yang saling mengisi dan menunjang satu sama lain sehingga tercipta gerak tarian yang harmonis dan dinamis. Karakteristik tari berpasangan adalah sebagai berikut:
a. Tari berpasangan memiliki dua jenis gerak, yaitu gerak berlawanan dan gerak bersamaan. Gerak berlawanan artinya gerak yang dilakukan secara tidak sama antara penari yang satu dengan penari pasangannya. Misalnya, gerak penari A ke kanan, sedangkan gerak penari B ke kiri. Gerak bersamaan artinya penari berpasangan melakukan satu ragam gerak secara bersama-sama.

Gerak berlawanan
gerak bersamaan
b. Saling mengisi, artinya kedua penari harus saling mengisi dalam melakukan gerak sehingga ada keharmonisan gerak. Penari berpasangan juga harus saling mengisi dalam melakukan ekspresi. Jika penari A tersenyum kepada penari B, maka penari B harus membalas senyuman tersebut. (Seni Tari Atang dan Rama)
Gerak saling mengisi
c. Harus tercipta ketentuan antara gerak dan ekspresi kedua penari agar tarian yang disajikan akan tampak mengalir seolah-olah tanpa henti.

2. Karakteristik Tari Berkelompok
        Tari berkelompok dilakukan oleh orang yang banyak sehingga masingmasing penari harus mengetahui sifat dan karakteristik tari berkelompok. Dengan demikian, akan tercipta tarian yang indah dan menyatu. Karakteristik tari berkelompok adalah sebagai berikut:
a. Segi gerak
       Terdapat dua macam gerak, yaitu gerak homogenitas dan gerak heterogenitas. Gerak homogenitas adalah gerak yang dilakukan secara bersama-sama oleh penari dalam satu
kelompok. Gerak heterogenitas adalah gerak yang tidak sama, seperti gerak berimbang
(balance), gerak selang-seling (alternate), gerak terpecah (broken), dan gerak bergantian (canon).

                                                       Gerak heterogenitas (gerak selang-seling)
b. Kekompakan penari
       Kekompakan penari merupakan kekuatan tari berkelompok sehingga akan memberikan daya hidup pada tarian tersebut. Kekompakan penari berkelompok perlu dilatih agar tercipta gerakan tarian yang serasi satu sama lain. Satu orang yang berbuat kesalahan akan terlihat jelas oleh penonton.

Kekompakan penari dalam gerak-gerak seragam atau serempak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karakteristik Tari Berpasangan dan Tari Kelompok"

Posting Komentar