Tari Bedhaya Ketawang (Unsur Tari Bedhaya)

       Gerakan tari Bedhaya sangat halus dan bernilai tinggi (adiluhung) sehingga dapat menciptakan suasana tenang, teduh, dan khidmat. Gerak-gerak tari Bedhaya menggambarkan kepribadian putri-putri raja di keraton, serta sikap dan sifat-sifat ideal wanita Jawa yang sopan santun. Busana tari Bedhaya Ketawang menggunakan Dodot Ageng dengan motif Banguntulak alas-alasan
yang menjadikan penarinya terasa anggun.

        Pertunjukan tari Bedhaya Ketawang sudah mengalami pergeseran nilai. Pada zaman dahulu, tari Bedhaya Ketawang dipertunjukkan pada saat penobatan raja. Sedangkan saat ini, pertunjukan Bedhaya Ketawang telah mengalami perubahan pada berbagai aspek. Nilainya telah bergeser menjadi sebuah warisan budaya yang nilai seninya harus dilestarikan. Akan tetapi, bentuk tatanan pertunjukannya masih mengacu pada tradisi ritual atau tata cara masa lampau.
Tari Bedhaya Ketawang mengandung berbagai unsur, makna, dan sifat yang erat hubungannya dengan adat upacara, sakral, religius, dan tarian percintaan atau tari perkawinan.
a. Adat upacara
       Tari Bedhaya Ketawang ditampilkan pada acara khusus atau resmi. Tari Bedhaya Ketawang hanya dipergelarkan pada acara yang berhubungan dengan peringatan ulang tahun tahta kerajaan. Jadi, tarian tersebut hanya dipergelarkan sekali dalam setahun. Selama tarian berlangsung, dilarang untuk menyajikan makanan dan minuman karena akan mengurangi kekhidmatan acara.
b. Sakral
       Tari Bedhaya Ketawang dianggap sebagai tarian yang diciptakan oleh Ratu Kidul. Bahkan, dipercaya bahwa setiap kali tari Bedhaya Ketawang ditarikan, Ratu Kidul selalu hadir dan ikut menari. Biasanya, penari tari Bedhaya Ketawang dapat merasakan kehadiran Ratu Kidul pada saat latihan. Akan tetapi, tidak setiap orang dapat melihat Ratu Kidul. Hanya orang yang memiliki kepekaan indrawi yang dapat merasakan kehadiran Ratu Kidul tersebut.
c. Religius
       Segi religius dalam tari Bedhaya Ketawang terlihat dari kata-kata yang dinyanyikan oleh suara sinden atau penyanyinya. Kata-kata tersebut antara lain ada yang berbunyi: tanu astra kadya agni urube, kantar-kantar? yen mati ngendi surupe, kyai?? (??kalau mati ke mana tujuannya, kyai?).
d. Tarian percintaan atau tari perkawinan
       Tari Bedhaya Ketawang melambangkan rasa cinta Ratu Kidul kepada Sultan Agung. Perasaan
cinta tersebut terlihat dalam gerak-gerik tangan dan seluruh bagian tubuh, cara memegang
selendang, dan sebagainya. Semua penari tari Bedhaya Ketawang dirias seperti pengantin
(mempelai).

(Tata rias dan busana penari Bedhaya Anglir Mendung Mangkunegara)
        Penari tari Bedhaya berjumlah sembilan orang. Para penari putri tersebut harus dalam keadaan bersih secara spiritual (tidak dalam keadaan haid). Selain itu, beberapa hari sebelumnya para penari diwajibkan untuk berpuasa. Komposisi penari Bedhaya Ketawang terdiri atas Endhel, Pembatak, Apit Najeng, Apit Wingking, Gulu, Enhel Weton, Apit Meneng, Dadha, dan Buncit. Pada zaman dahulu, pergelaran tari Bedhaya Ketawang berlangsung selama 2 1/2 jam. Akan tetapi, sejak zaman Paku Buwana X diadakan pengurangan, hingga menjadi 1 1/2 jam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tari Bedhaya Ketawang (Unsur Tari Bedhaya)"

Posting Komentar