Keindahan Tari Tunggal & Keunikan Karya Tari (Keindahan Tari Tenun & Tari Merak)

Keindahan Tari Tunggal
       Salah satu dorongan kodrati manusia, di samping mempertahankan kehidupannya, adalah untuk menikmati keindahan. Sumber keindahan dapat berasal dari keadaan alam sesuai ciptaan Tuhan. Artinya, keindahan tersebut tidak dibuat oleh manusia, misalnya, alam pegunungan dengan lereng serta lembahnya, pantai dengan gelombang ombaknya, atau lambaian dahan pohon dan daun-daunnya yang berwarna-warni.

Sumber keindahan yang lain, yaitu keindahan buatan. Sumber keindahan buatan merupakan objek yang berasal dari hasil budi manusia. Hasil budi tersebut dapat berbentuk falsafah, sastra, dan kesenian.
Cabang kesenian, pada dasarnya, dapat digolongkan menjadi dua. Pertama, seni rupa atau fine art. Cabang ini mencakup seni pahat atau seni patung (di dalamnya termasuk monumen-monumen dan candi-candi), seni lukis, seni kriya, dan sebagainya. Kedua, seni pertunjukan atau seni tontonan, seperti seni drama, seni suara atau seni musik, dan seni tari.
        Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan keindahan karya seni tari? Keindahan pada seni tari sangat kompleks karena banyaknya elemen yang ada dalam karya tari. Elemen-elemen tersebut, misalnya, gerak, iringan, tempat, tata busana, dan tata rias. Karya seni tari akan lebih sempurna jika dilengkapi dengan tata sinar atau lighting dan tata suara atau sound system.
Keindahan karya seni tari dapat dilihat dan dirasakan. Setiap manusia mempunyai kepekaan yang berbeda untuk memahami keindahan pada sebuah karya tari. Namun, ada ukuran di mana keindahan karya tari dapat dimengerti oleh setiap orang. Secara umum, ukuran keindahan karya tari dapat diketahui, di antaranya, melalui hal berikut.
1. Adanya kesesuaian antara segala elemen dalam karya tari dengan tema tari.
2. Adanya kesesuaian antarelemen dalam karya tari.
       Jika kedua hal di atas sudah terdapat dalam suatu karya tari, karya tari tersebut dapat dikatakan indah. Sebagai contoh, karya tari yang mengambil tema tokoh Gatotkaca. Untuk penyusunan gerak tarinya, haruslah gerak yang gagah dan tegas. Selain itu, iringan tari yang dibuat harus terkesan bersemangat agar karya tari tersebut dapat dikatakan indah. Berikut contoh pengungkapan keindahan yang terdapat pada beberapa bentuk tari tunggal.
1. Keindahan Tari Tenun
       Tari Tenun merupakan bentuk karya tari tunggal yang bertema kegiatan seorang penenun. Gerak dalam karya tari ini menggambarkan gerakan seorang penenun yang sedang bekerja. Busana yang dikenakan oleh penari sangat sederhana. Untuk bagian bawah, penari memakai kain tenun dengan warna dan corak khas Bali. Untuk bagian atas, penari memakai kain panjang yang dililitkan memutar ke tubuh penari. Untuk penutup kepala, penari mengenakan kain yang dililitkan memutar kepala dan bagian tengah diberi hiasan berupa kembang goyang. Penataan riasan pada wajah penari juga cukup sederhana. Wajah penari dirias cantik dan di telinganya diselipkan sekuntum bunga kamboja. Dilihat dari kesesuaian gerak, busana, dan tata rias dengan tema tarinya, tari Tenun dapat dikatakan indah. (Seni Tari Ari Subekti)
 
2. Keindahan Tari Merak
       Banyak daerah di Indonesia yang memiliki karya tari bertema burung merak, misalnya, Jawa Barat dan Yogyakarta. Tari Merak merupakan bentuk tari tunggal yang sering dipertunjukkan secara massal. Keindahan yang diungkapkan setiap orang mengenai karya tari tersebut berbeda-beda. Ada yang mengatakan keindahan tari Merak terletak pada saat penari memperagakan gerak tarinya.
Saat menari, penari begitu lincah menggerakkan kain sehingga terlihat seperti burung merak sedang terbang. Ada juga yang mengatakan keindahan tari Merak dapat dilihat dari penataan busana yang menyerupai burung merak dengan warna-warna yang menarik. Semua ungkapan keindahan tentang tari Merak tersebut benar, seperti yang terlihat pada gambar dibwah ini.

Keunikan Karya Tari
       Penciptaan karya tari yang satu dengan yang lain pasti berbeda, meskipun tema yang diambil sama. Perbedaan itu dapat berupa perbedaan gerak, busana, tata rias, atau unsur yang lain. Oleh karena perbedaan itulah, maka muncul keunikan pada setiap karya tari. Keunikan suatu karya tari menjadi ciri khas karya tari
tersebut. 
        Sebagai contoh, keunikan karya tari Topeng dari Yogyakarta. Keunikan tari Topeng, yaitu selama melakukan gerak tari penari memakai topeng. Pemakaian topeng yang menutupi wajah penari tidak sedikit pun mengganggu gerak penari dari awal sampai akhir peragaan. Penari tetap dapat bergerak dengan lincah. Pemakaian topeng inilah yang membuat unik sekaligus menjadi ciri khas tari Topeng.
Saat ini, banyak bermunculan karya tari yang unik. Sebagai contoh, karya tari yang dipertunjukkan di dalam air atau karya tari yang menggunakan kain yang sangat panjang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Tari Tunggal & Keunikan Karya Tari (Keindahan Tari Tenun & Tari Merak)"

Posting Komentar