Pengertian Sujud Tilawah, Bacaan Sujud Tilawah, dan Ayat Sajdah

1. Pengertian Sujud Tilawah
      Sujud tilawah yaitu sujud yang dianjurkan untuk dilaksanakan ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah (Ensiklopedi Islam 4. 1994: halaman 287). Anjuran ini berlaku baik di dalam maupun di luar salat. Hanya saja, kalau di dalam salat, sujud tilawah hanya dianjurkan jika orang yang salat tersebut membacanya. Kalau hanya mendengar bacaan ayat sajdah, ia tidak perlu sujud.
      Jika sujud tilawah dilakukan di dalam salat, orang yang salat langsung sujud begitu sampai pada ayat sajdah kemudian kembali ke posisi semula. Jika sujud tilawah dilaksanakan di luar salat, caranya adalah berniat di dalam hati, bertakbir kemudian sujud, setelah itu bangkit dari sujud dengan membaca takbir kemudian melanjutkan kembali bacaannya jika masih ada.
Dalam hal ini, ada sebuah riwayat yang menceritakan bahwa Ibnu Umar r.a. berkata: ”Rasulullah saw. membacakan ayat-ayat Al-Qur’an kepada kami. Ketika melewati ayat-ayat sajdah, beliau bertakbir dan sujud. Kami pun ikut sujud pula.” (H.R. Abu-Daud, al-Baihaqi, dan Hakim)
Dalam sebuah riwayat lain dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda seperti berikut.
Artinya: Apabila manusia membaca ayat sajdah, kemudian ia sujud, menghindarlah setan sambil menangis dan berkata, ”Celaka! Manusia disuruh sujud dan ia sujud, maka baginya surga. Sedangkan aku disuruh sujud tetapi aku tidak mau, maka bagiku neraka.” (H.R. Muslim)
 
2. Tata Cara Sujud Tilawah
     Sujud tilawah dilakukan hanya sekali, baik di dalam maupun di luar salat. Bacaannya sebagaimana diceritakan Ali bin Abu Talib, ketika Rasulullah sujud tilawah berdoa seperti berikut.
Artinya: Wajahku bersujud kepada Tuhan yang menciptakan dan membentuknya, merekahkan pendengaran dan penglihatannya. (H.R. Bukhari)

    Dalam salat berjamaah ada kemungkinan imam membaca ayat sajdah. Apa yang harus dilakukan makmum? Perintah melaksanakan sujud tilawah hanyalah bersifat anjuran (sunah), sedangkan mengikuti gerakan imam bagi makmum adalah wajib. Oleh karena itu, jika imam tidak melakukan sujud tilawah, makmum pun tidak perlu melakukannya. Cukup baginya mengikuti gerakan imam.
Di dalam Al-Qur’an ada lima belas ayat yang disebut ayat sajdah. Kita akan mudah menemukannya kalau yang kita baca adalah Al-Qur’an terbitan dalam negeri. Biasanya pada setiap ayat sajdah selalu ada tanda 
yang menunjukkan bahwa ayat tersebut adalah ayat sajdah.

Lafadz niat sujud tilawah:

نَوَيْتُ سُجُوْدَ التِّلاَ وَةَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى , الله اَكْبَرْ

"Nawaitu sujuda tilaawati sunatan lillahi ta'ala ,Allohu Akbar"

Bacaan dalam sujud tilawah:

سُبْحَانَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَةُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ ,تَبَارَكَ اللهُ اَحْسَنَ الْخَالِقِيْنَ

" Sajada wajhi lilladzi qolaqohu washowwarohu washaqqo sam 'ahu wabashorohu bikhauwlihi waquwwatihi,tabaarokallohu akhsanal qooliqiina "

Lima Belas Ayat Sajdah
1. Surah al-A’r-af [7] ayat 206.
2. Surah ar-Ra’d [13] ayat 15.
3. Surah an-Nahl [16] ayat 49.
4. Surah al-Isra [17] ayat 107.
5. Surah Maryam [19] ayat 58.
6. Surah al-. Hajj [22] ayat 18.
7. Surah al-. Hajj [22] ayat 77.
8. Surah al-Furqan [25] ayat 60.
9. Surah an-Naml [27] ayat 25.
10. Surah as-Sajdah.[32] ayat 15.
11. Surah .Sad [38] ayat 24.
12. Surah Fussilat [41] (Ha mim sajdah) ayat 37.
13. Surah an-Najm [53] ayat 62.
14. Surah al-Insyiqaq [84] ayat 21.
15. Surah al-‘Alaq [96] ayat 19.

3. Mempraktikkan Sujud Tilawah
      Hal-hal yang berkaitan dengan sujud tilawah telah kamu pahami. Doa yang dibaca dalam sujud tilawah juga telah kamu ketahui. Dengan demikian, kamu telah dapat mempraktikkan sujud tilawah dalam keseharian. Jika mendengar atau membaca ayat sajdah, kamu dapat mempraktikkan sujud tilawah. Agar dapat mempraktikkan sujud tilawah, kamu harus mengetahui ayat sajdah yang berjumlah 15 ayat. Jika perlu kamu menghafal ayat-ayatnya. Bukalah Al-Qur’an dan temukan ayat-ayat sajdah di dalamnya. Ingat dan hafalkan ayatnya sehingga kamu dapat mempraktikkan sujud tilawah jika mendengar atau membaca ayat-ayat tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sujud Tilawah, Bacaan Sujud Tilawah, dan Ayat Sajdah"

Posting Komentar