Pengertian dan Tanda-Tanda Hari Akhir (Hari Kiamat) Serta Ayat-Ayat Yang Berhubungan Dengan Hari Akhir

1. Pengertian Iman kepada Hari Akhir
      Iman secara bahasa berarti percaya. Iman menurut istilah berarti diyakini dengan sepenuh hati, diucapkan dengan lisan, dan diwujudkan dengan perbuatan. Hari akhir disebut juga hari kiamat. Hari akhir
merupakan hari ketika dunia dan seluruh isinya ini binasa. Iman kepada hari akhir berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa suatu saat dunia dan seluruh isinya akan berakhir. Saat itu manusia akan
dibangkitkan dari alam kubur menuju alam akhirat untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatannya di hadapan Allah Azza wa Jalla.
     Beriman kepada hari akhir merupakan salah satu rukun iman. Seseorang yang tidak mengimani adanya hari akhir bukan orang yang beriman. Hari akhir pasti datang. Kepastian datangnya hari akhir dapat ditemukan dalam ayat Al-Qur’an. Allah Swt. berfirman seperti berikut.

Artinya: Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur. (Q.S. al-Hajj [22]: 7)
     Meskipun kepastian hari kiamat telah dijanjikan oleh Allah Swt., waktu terjadinya tidak kita ketahui. Hanya Allah yang mengetahui waktunya. Bahkan, Nabi Muhammad saw. ketika ditanyakan tentang waktu pasti terjadinya hari kiamat, beliau pun tidak mengetahuinya. Rasulullah hanya memberi penjelasan tanda-tanda tertentu yang menunjukkan datangnya hari kiamat. (Ensiklopedi Islam 3. 1994. Halaman 61–62)
 
2. Tanda-Tanda Hari Kiamat
       Kiamat atau hari akhir pasti datang. Manusia diberitahu tanda-tanda kiamat melalui Rasulullah saw. Tanda-tanda kiamat dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar kiamat.
Tanda-tanda kecil kiamat menunjukkan bahwa kiamat sudah dekat.
Tanda-tanda kecil kiamat antara lain sebagai berikut.
a. Ilmu agama dianggap sudah tidak penting lagi.
b. Minuman keras merajalela.
c. Fitnah muncul di mana-mana.
d. Tersebarnya perzinaan.
e. Hamba sahaya perempuan dikawini tuannya. (Ensiklopedi Islam 3. 1994. Halaman 62)

      Tanda-tanda besar kiamat menunjukkan bahwa kiamat sudah sangat dekat waktunya sehingga hampir terjadi. Di antara tanda-tanda besar kiamat yaitu sebagai berikut.
a. Rusaknya Kakbah.
b. Matahari terbit dari barat.
c. Keluarnya Imam Mahdi.
d. Munculnya binatang ajaib yang bisa berbicara.
e. Keluarnya bangsa Yakjuj dan Makjuj. (Ensiklopedi Islam 3. 1994. Halaman 62)

Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Hari Akhir
       Dalam Al-Qur’an ada banyak ayat yang menjelaskan tentang terjadinya hari akhir. Seluruh-ayat-ayat Al-Qur’an tersebut dalam menggambarkan hari akhir menunjukkan bahwa peristiwa pada hari itu sangat dahsyat. Beberapa ayat Al-Qur’an yang menggambarkan hari akhir sebagai berikut.
1. Surah Al-Hajj [22] Ayat 1–2
      ayat ini menggambarkan peristiwa hari kiamat yang ditandai dengan guncangan bumi dan alam semesta ini dengan sangat keras. Pada hari itu setiap manusia memikirkan dirinya sendiri. Ia tidak peduli dengan orang lain, bahkan anaknya sendiri.2. Surah Az-Zalzalah [99] Ayat 1–2      Tidak ada manusia yang dapat menyelamatkan diri pada hari kiamat. Saat itu bumi akan mengeluarkan bebannya. Bumi tidak lagi dapat menahan bebannya karena memang telah terjadi kerusakan di sana sini.
3. Surah Al-Haqqah [69] Ayat 14–15
      Gunung-gunung bahkan pada hari itu telah lepas dari permukaan bumi dan saling berbenturan satu sama lain. Apalagi kondisi bumi, tidak ada yang mengendalikan lagi sehingga hancur lebur. Ayat di atas memiliki kemiripan degan Surah al-Wa-qi‘ah [56] ayat 4–5 yang artinya, ”Apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya, dan gunung-gunung dihancurluluhkan sehancur-hancurnya . . . .”4. Surah Al-Qa-ri‘ah [101] Ayat 1–5 
       Jika keadaan bumi dan gunung saja hancur lebur, apalagi manusia. Dalam Surah al-Qa-ri‘ah [101] di atas dijelaskan bahwa manusia saat itu seperti laron-laron yang beterbangan. Dengan dahsyatnya peristiwa pada hari kiamat tersebut, semua makhluk Allah mati. Tidak ada tanda-tanda kehidupan pada hari itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Tanda-Tanda Hari Akhir (Hari Kiamat) Serta Ayat-Ayat Yang Berhubungan Dengan Hari Akhir"

Posting Komentar