Pengertian, Jenis-Jenis dan Kapasitas RAM

Pengertian RAM
       RAM (Random-Access Memory) adalah jenis memori untuk menyimpan program dan data yang dapat ditulis atau dibaca oleh prosesor. Penyimpanan ini bersifat sementara selama ada aliran listrik. Apabila aliran listrik terputus, maka program atau data yang tersimpan di dalamnya akan hilang. Tiap unit komputer diharuskan mempunyai RAM. Pada komputer generasi sekarang, tempat untuk menampung memori RAM pada motherboard biasa disebut dengan slot memori. Biasanya terdapat lebih dari dua slot memori.


Jenis-jenis RAM dan Kapasitas RAM
a) DRAM (Dynamic IC Random Access Memory)
    Memiliki kapasitas 128 kB sampai dengan 640 kB dan digunakan untuk komputer XT pada tahun 80-an.
b) EDODRAM (Extended Data Out Random Access Memory)
    Mempunyai kapasitas 1 MB sampai 32 MB.
c) SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
    Mampu menampung memori antara 16 MB – 512 MB tergantung dari kemampuan motherboard dan slot yang disediakan. Tipe ini juga dapat dibedakan berdasarkan kecepatan bus-nya (FSB = Front Side Bus) yakni 66 MHz, 100 MHz, dan 133 MHz. Semakinm tinggi frekuensinya semakin cepat proses transfer dan peyimpanan data.
d) DDR-SDRAM (Double Data Rate SDRAM)
    Memiliki kecepatan hampir dua kali lipat dari SDRAM dengan tipe-tipe seperti: DDR-SDRAM PC 1600 (200 MHz), DDR-SDRAM PC 2100 (266 MHz), DDR-SDRAM PC 2700 (333 MHz), DDR- SDRAM PC 3200 (400 MHz). Secara fisik perbedaan DDR- SDRAM dan SDRAM dapat dilihat pada celah kakinya. DDR- SDRAM hanya mempunyai 1 celah sedangkan SDRAM memiliki 2 celah. Kapasitas DDR-SDRAM mulai 128 MB sampai 1 GB.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis dan Kapasitas RAM"

Posting Komentar