Tarian Dari Thailand (Macam-Macam Tarian Thailand)

Tarian Thailand diiringi musik dan beberapa instrumen, serta orkes unik di dalam tariannya. Tarian dan musik Thailand berhubungan erat dengan Kamboja. Tema tarian diambil dari cerita Ramakien serta cerita Rama dan Shinta.
Berikut ini merupakan beberapa bentuk tarian yang berasal dari wilayah Thailand bagian tengah, timur laut, utara, dan selatan. Mari cermati uraiannya satu persatu.
1. Tari di Thailand Bagian Tengah
       Daerah Thailand bagian tengah memiliki beragam jenis tarian, seperti tari Sri Nuan Sri Nuan, tari Teut Teung, dan tari Petani.
a. Tari Sri Nuan Sri Nuan
    Tari Sri Nuan Sri Nuan memiliki koreografi yang indah dan musik pengiring yang lembut. Lirik dan musiknya mampu menampilkan kecantikan alami para gadis Thailand dan ketampanan para pemudanya.
b. Tari Teut Teung (Tari Drum)
    Tari Teut Teung menggunakan drum yang dinamakan teut teung yang biasa digunakan dalam musik rakyat dan dimainkan untuk mengiringi pawai atau parade saat festival tradisional.
c. Tarian Petani (Tari Panen Padi)
    Tari Petani merupakan tarian modern. Para penari menggunakan kostum petani. Tarian ini dimulai dengan gerakan petani membajak dan menabur benih di ladang. Saat mereka yakin padinya tumbuh dengan subur, kemudian mereka bersyukur kepada Dewi Mae Posop yang menjaga kesuburan padi. Selanjutnya, saat panen dirayakan dengan berbagai nyanyian dan tarian.
 
2. Tari di Thailand Bagian Timur Laut
       Berikut ini akan diuraikan beragam tari yang berasal dari daerah Thailand bagian timur laut. Cermatilah bersama-sama.
a. Tari Serng Kratip Khoa
    Tari Serng Kratip Khoa dipertunjukkan pada saat perayaan tradisional. Biasanya kata serng ditambahkan pada nama suatu benda lokal yang digunakan di panggung oleh para penari. Dinamakan tari Serng Kratip karena para penari membawa semacam bakul nasi yang dinamakan kratip. Gerakan mereka meniru gerakan seorang wanita yang membawakan makanan kepada suaminya di ladang. Koreografi tari Serng Kratip Khoa diiringi irama-irama yang hidup. Instrumen yang digunakan adalah drum, charb, grab, mong (gong), dan kahen.
b. Tari Serng I San
    Tari Serng I San merupakan tarian rakyat yang ditampilkan pada saat festival tradisional. Koreografi tarian ini menampilkan para penari dengan kostum cerah dan berwarna-warni untuk menunjukkan ekspresi kegembiraan atas perayaan tersebut.
c. Tari Serng Krapo (Tarian Kelapa)
    Dalam bahasa Thailand di wilayah timur laut, krapo berarti kelapa. Tari Serng Krapo menggambarkan kelompok para gadis selatan yang sudah cukup umur dan dikenal dengan nama I-san. Tari Serng Krapo diiringi suara alat musik pong lang.
d. Tari Fon Poothai
    Tari Fon Poothai berasal dari suku Poothai yang tinggal di timur laut Thailand. Tari Fon Poothai dibawakan pada saat perayaan atau upacara yang diadakan oleh suku Poothai.
e. Tari Pong Lang
    Tari Pong Lang berasal dari wilayah timur laut Thailand. Irama tariannya sangat dinamis dan mempunyai daya tarik tersendiri. Tari Pong Lang dibawakan oleh dua penari pria dan dua penari wanita.
f. Tari Serng Tang Wai
   Tari Serng Tang Wai merupakan tarian yang berasal dari timur laut Thailand. Biasanya, tari Serng Tang Wai
dipertunjukkan pada peristiwa-peristiwa dan festival khusus. Gerakan penari Serng Tang Wai sangat dinamis dan menarik. Tarian tersebut dibawakan oleh empat penari wanita.
 
3. Tari di Thailand Bagian Utara
       Ragam tarian yang berasal dari daerah Thailand bagian utara terdiri atas, tari Pedang, tari Lilin, dan tari Choeng Tua Auk Son. Mari simak uraiannya satu persatu.
a. Tari Pedang
    Tarian pedang diilhami dari kesenian bela diri kuno yang menampilkan keberanian, kekuatan, dan gerakan refleks yang menarik. Para penari
menggunakan beberapa jenis pedang yang dimainkan menggunakan berbagai anggota tubuh yang berbeda sambil menyerang penari lawan dengan sarung pedang.
b. Tari Lilin
    Tari Lilin merupakan tarian tradisional suku Thai Kheun. Tari Lilin merupakan tari persembahan bagi Sang Buddha. Para penari wanita menjaga dan melintasi delapan titik utama bumi yang dilambangkan dengan lilin sebagai bentuk penghormatan kepada Buddha.
c. Tari Choeng Tua Auk Son
    Tari Choeng Tua Auk Son merupakan tari persembahan bagi Sang Buddha dengan koreografi yang terinspirasi dari isi kaligrafi huruf kuno di daerah utara dengan gerakan yang digunakan dalam ilmu bela diri.
 
4. Tari di Thailand Bagian Selatan
       Tarian yang berasal dari daerah Thailand bagian selatan adalah sebagai berikut:
a. Tari Nora
    Tari Nora adalah tarian tradisional dari Thailand bagian selatan. Tari Nora disebut pula Chatri. Tarian Nora menampilkan kisah tentang legenda-legenda daerah dalam berbagai versi. Bentuk gerakannya berbedabeda antar tiap daerah, tetapi biasanya terdiri atas 12 posisi dan 17 gerakan berbeda.
b. Tari Ram Nora Son Ram
    Tari Ram Nora Son Ram merupakan tarian dengan menggunakan tubuh yang difokuskan pada gerakan lengan dan bahu, keseimbangan, serta gerakan bagian tubuh lainnya. Tarian tersebut diiringi oleh lirik yang panjang.
c. Tari Nora Klong Hong
    Tari Nora Klong Hong merupakan bentuk tari yang lebih khusus karena hanya ditampilkan pada acara-acara tertentu. Para penari wanita memerankan peran Hong atau Kinnare, yaitu sejenis makhluk setengah manusia dan setengah burung. Cerita tarian tersebut berdasarkan pada legenda Prasuton Manora.
Dikisahkan tujuh kinnare sedang bermain di danau yang berada di tengah hutan. Seorang pemburu bernama Pran Boon melihatnya dan terpesona dengan kecantikan mereka. Dia berusaha menangkap seorang kinnare yang termuda. Gerakan yang harmonis ditampilkan saat Pran Boon mengejar kinnare yang berusaha meloloskan diri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tarian Dari Thailand (Macam-Macam Tarian Thailand)"

Posting Komentar