4 Jenis Teater Berdasarkan Bentuk Penyajiannya

Jenis Teater sangat beragam dan unik, berikut ini beberapa jenis teater Nusantara berdasarkan bentuknya penyajiannya.
1. Teater Tutur
       Teater tutur adalah bentuk teater yang cara penyajiannya dituturkan (dilisankan atau didongengkan) oleh seseorang yang ahli di bidangnya. Saat menuturkan cerita, sang Pencerita menggunakan gerak-gerak (laku, gesture) dan suara dalam menggambarkan watak tokoh yang sedang diceritakan.

2. Teater Boneka dan Wayang
       Teater boneka dan wayang muncul sejak kemunculan teater klasik Nusantara. Teater boneka dan
wayang adalah bentuk teater yang para pemainnya berupa boneka yang terbuat dari kayu maupun kulit. Teater ini misalnya wayang golek dan wayang kulit yang dimainkan oleh seorang
dalang. Pada pertunjukan wayang kulit, wayang dimainkan di belakang layar tipis dan sinar lampu blencong menciptakan bayangan di layar yang dilihat penonton.
 Pertunjukan pantomim, salah satu jenis teater gerak yang berkembang hingga sekarang.

3. Teater Musikal
       Teater musikal adalah pertunjukan teater yang menggabungkan seni menyanyi, menari, dan akting. Teater musikal mengedepankan unsur musik, nyanyian, dan gerak daripada dialog para pemainnya. Teater musikal di Indonesia misalnya pementasan langendriyan yang muncul dari kebudayaan keraton.

4. Teatronik
       Teatronik adalah bentukan kata yang berasal dari “teater” dan “elektronik”, disingkat menjadi teatronik. Bentuk teater ini diproses dan diproduksi, kemudian disajikan dengan menggunakan media elektronik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Jenis Teater Berdasarkan Bentuk Penyajiannya"

Posting Komentar