Contoh Teater Tradisi di Asia (Teater Kabuki, Drama Klasik Noh dari Jepang, Opera Peking)

Berikut adalah tiga contoh dari teater tradisi yang ada di asia:
1. Teater Kabuki
       Teater Tradisi Asia Kabuki terkenal dengan warna settingnya yang cerah, akting yang dilebih-lebihkan, serta musik dan tarian yang hidup dan penuh emosional. Kabuki merupakan bentuk paling populer dari teater tradisional Jepang. Pada pertengahan 1980, Kabuki menjadi populer di AS. Kabuki sendiri muncul pada awal tahun 1600-an. Seni teater Kabuki diciptakan oleh seorang wanita dari kuil bernama Okuni dan dipertunjukkan di atas sungai yang kering di ibu kota Kyoto zaman dahulu. Pada saat itu, Kabuki merupakan terobosan yang menarik minat masyarakat Kyoto yang akhirnya mengakibatkan timbulnya semakin banyak perkumpulan Kabuki lain.

2. Drama Klasik Noh dari Jepang
       Terinspirasi secara spiritual dan artistik oleh Zen Buddhism, Teater Tradisi asia Noh Jepang tersusun atas empat komponen: musik (suara, instrumen), koreografi (tari, gestur), sastra (teks/naskah), dan efek dramatik (topeng, kostum). Musik instrumentalia, vokal, dan pemeranan/action digabungkan dalam produksi teater Noh dan sering menampilkan peran yang bervariasi. Sebagai contoh, suara tekak/garau yang diucapkan dengan keras oleh para penabuh genderang guna menandai waktu serta untuk menciptakan suasana atau memberikan suatu atmosfir dalam pertunjukan tersebut.

3. Opera Peking 
       Opera Peking, di Beijing, Cina, mengkombinasikan musik, tarian  akrobatik, dan kostum yang spektakuler digunakan untuk menceritakan cerita-cerita tentang sejarah Cina dan folklor. Secara abstrak, gestur-gestur yang bersifat simbolis dalam arti dramatik, para aktor memerankan tokohtokoh yang bersifat kepahlawanan, ketuhanan, dan mengenai dunia hewan/fabel, dengan mengeksplorasi musik yang bernuansa peperangan. Riasan dan kostum yang rumit mengidentifikasi karakter dengan tujuan memudahkan penonton mengenal karakter suatu tokoh. 

Ketiga Teater tradisi asia ini menjadikan dunia teater sebagai warisan yang dijadikan tradisi dari masa kemasa bangsa asia.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Contoh Teater Tradisi di Asia (Teater Kabuki, Drama Klasik Noh dari Jepang, Opera Peking)"

  1. Kabuki sangat menawan... boleh saya berbagi artikel tentang Pertunjukan Ganti wajah Sichuan Opera di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2017/11/ganti-wajah-opera-sichuan.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/JTdn8XaPp-I

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kawan telah berbagi, semoga bermanfaat :)
      Saling berbagi ilmu :)

      Hapus