Bagian-Bagian dan Aturan Bahasa Surat Lamaran Pekerjaan (Contoh Surat Lamaran Pekerjaan)

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirimkan seseorang yang ingin bekerja pada kantor, perusahaan, ataupun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Surat lamaran pekerjaan dapat ditulis tangan ataupun diketik.
       Adakalanya, suatu perusahaan atau instansi tertentu mensyaratkan secara khusus agar surat lamaran yang dikirimkan calon pelamar ditulis tangan atau diketik. Jika surat lamaran ditulis tangan, tulisan tersebut hendaknya jelas, mudah dibaca, rapi, dan indah. Dengan demikian, akan memudahkan orang lain membaca.
Bagian-bagian surat lamaran pekerjaan seperti berikut.
1. Tempat, tanggal pembuatan surat
2. Jumlah berkas
3. Maksud surat
4. Alamat surat
5. Salam pembuka
6. Pembuka surat
7. Identitas
8. Pernyataan mengajukan lamaran
9. Isi
10. Kualifikasi pelamar
11. Penutup surat
12. Salam penutup
13. Tanda tangan dan nama pelamar

       Selain itu, bahasa surat lamaran pekerjaan harus memenuhi aturan sebagai berikut.
1. Bahasa yang digunakan sopan dan simpatik.
2. Kalimat yang digunakan efektif dan komunikatif.
3. Menggunakan bahasa yang baku dan ejaan yang tepat.
       Surat lamaran pekerjaan dapat dibuat setelah calon pelamar mendapat informasi adanya lowongan pekerjaan di perusahaan atau instansi tertentu. Informasi itu dapat diperoleh melalui media massa atau media audio visual. Selain itu, ada juga surat lamaran pekerjaan yang dibuat atas inisiatif pelamar sendiri.

Contoh surat lamaran pekerjaan 1
Samarinda, 12 Agustus 2007
Perihal : Permohonan menjadi karyawan
Lampiran : 5 Eksemplar

Yth. Pimpinan Koperasi Astra Internasional
Jalan Anjasmoro 16, Lt. 13
Jakarta Pusat

Dengan hormat,
       Berdasarkan iklan yang dimuat di harian Samarinda Post, tanggal 10 Agustus 2007, Koperasi Astra Internasional membutuhkan karyawan administrasi. Sesuai dengan jenis lowongan tersebut, dengan ini saya yang beridentitas
nama                                : Hendra Prasetya,
tempat dan tanggal lahir  : Samarinda, 21 April 1987,
pendidikan terakhir          : SMK Karya Pembangunan, Jurusan Administrasi Perkantoran,
alamat                               : Jalan Anggrek 33, Samarinda, Telepon (0541) 881090.
Bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan administrasi di Koperasi Astra Internasional.
Sesuai dengan persyaratan yang telah disebutkan, saya mempunyai kualifikasi yang cukup memadai untuk melakukan pekerjaan di bidang perkantoran. Oleh karena itu, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas yang menunjukkan kualifikasi saya yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan.
1. Fotokopi ijazah dan piagam penghargaan.
2. Surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian.
3. Fotokopi ijazah komputer Ms Office.
4. Daftar riwayat hidup.
Atas pertimbangan dan perhatian Bapak/Ibu terhadap surat lamaran ini, saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Hendra Prasetya

Contoh surat lamaran pekerjaan 2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian-Bagian dan Aturan Bahasa Surat Lamaran Pekerjaan (Contoh Surat Lamaran Pekerjaan)"

Posting Komentar