Alat Musik Ritmis Triangle, Tamborin, Marakas, dan Kongo Beserta Gambarnya

Alat musik ritmis adalah alat musik tidak bernada. Ada berbagai macam alat musik ritmis, contohnya triangle, tamborin, marakas, kastanyet dan kongo. Meskipun demikian semuanya memiliki fungsi yang sama yaitu memainkan irama lagu. Bagaimana bentuk dan cara memainkannya? Mari  kita mengenali berbagai alat musik ritmis berikut ini.

1. Triangle
    Triangle merupakan alat musik ritmis yang terbuat dari logam dan berbentuk segitiga. Alat musik ini juga dipukul menghasilkan suara yang nyaring dan tinggi. Cara memainkannya digantung pada tangan kiri kemudian tangan kanan memukulnya menggunakan besi pemukul.
Gambar Alat Musik Ritmis Triangle

2. Tamborin
    Tamborin merupakan alat musik ritmis yang berupa lingkaran logam. Pada sisi-sisinya terdapat lingkaran logam kecil yang dipasang rangkap. Permukaan tamborin dilapisi kulit. Tamborin dimainkan dengan cara dipukul dengan telapak tangan atau digoyang-goyangkan.
Gambar Tamborin

3. Marakas
     Marakas merupakan alat musik yang berbentuk bulat di dalamnya berisi butiran-butiran benda keras. Marakas terdiri atas dua buah dan dimainkan dengan cara digoyanggoyangkan dengan kedua tangan. Bunyi yang dihasilkan yaitu gemerisik.
Gambar Alat Musik Marakas

4. Kongo
    Kongo merupakan alat musik ritmis sejenis gendang yang terbuat dari kayu yang berbentuk agak panjang. Pada bagian permukaan nya dilapisi kulit. Kongo terdiri atas dua buah yang berbeda ukurannya dan diletakkan pada tiang besi sebagai gantungannya. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. (Buku Seni)
Gambar Kngo
Semoga bermanfaat 😊😊😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat Musik Ritmis Triangle, Tamborin, Marakas, dan Kongo Beserta Gambarnya"

Poskan Komentar