Pengertian dan Contoh Amal Shaleh | Amalan Penghapus Amal Shaleh

Amal Shaleh secara bahasa berarti perbuatan baik. Secara istilah amal shaleh dapat diartikan dengan perbuatan kebajikan yang dilandasi iman kepada Allah Swt. dengan niat memperoleh rhida-Nya. Berkaitan dengan batasan amal shaleh, ada beberapa pendapat. Ada yang berpendapat setiap amalan, asal mengandung kemanfaatan, baik untuk diri sendiri, orang lain, maupun masyarakat luas, disebut amal shaleh. Ada juga yang berpendapat amal shaleh sebagai amalan yang sesuai dengan akal dan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an maupun sunah Rasulullah. Dengan demikian, amal shaleh sangat luas dan menyangkut berbagai aspek kehidupan. (Ensiklopedi Islam untuk Pelajar 1. 2001. Halaman 49)

Dalam ayat-ayat Al-Qur’an dapat ditemukan sekitar 28 ayat yang menyebut anjuran beriman dan beramal secara bersamaan. Salah satunya ayat yang berbunyi sebagai berikut.

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَا نُكَلِّفُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (42)

Artinya: Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami tidak akan membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya. Mereka itulah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya. (Q.S. al-A‘raf [7]: 42)

Seorang yang beriman kepada Allah harus dibuktikan dengan amal shaleh. Keterkaitan antara iman dan amal shaleh karena sebagai khalifah di muka bumi kita dituntut selalu beriman kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama manusia. Amal shaleh itu sendiri merupakan efek langsung dari keimanan seseorang. Seseorang yang memiliki keimanan, berarti dalam dirinya akan terdorong untuk beramal shaleh. Dalam beramal shaleh, Allah tidak membebani seseorang untuk menentukan jenis amal shaleh tertentu yang harus dikerjakan oleh setiap hamba-Nya. Akan tetapi, dapat dilakukan dengan cara apa pun sesuai dengan kemampuan.

Contoh Amal Shaleh
    Berdasarkan pengertian amal shaleh di atas, contoh amal shaleh sangat luas. Bahkan, setiap langkah-langkah kita dalam menjalani hidup ini bisa dinilai sebagai perbuatan amal shaleh. Dalam hadis-hadis Rasulullah banyak disebutkan contoh-contoh amal shaleh, misalnya dengan tersenyum sehingga membuat orang lain merasa senang, menyingkirkan duri di jalan, bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, menuntut ilmu, dan banyak amalan yang lain.
Contoh Amal Shaleh
Dalam kehidupan kita sehari-hari dapat menemukan contoh dari perilaku yang termasuk amal shaleh. Agar setiap kebajikan kita termasuk amal shaleh sehingga bernilai ibadah harus memenuhi syarat berikut.
1. Didasari dari Niat Ikhlas karena Allah Swt.
    Dalam menjalankan kebajikan harus kita dasari dengan niat ikhlas karena Allah sehingga akan bernilai ibadah. Niat dalam suatu amal sangat penting untuk menentukan suatu amal temasuk ibadah atau perbuatan biasa.
2. Dilakukan karena Iman
    Beramal shaleh kita lakukan sebagai wujud keimanan kita kepada Allah Swt. Misalnya dengan meyakini keberadaan Allah Swt. dengan sepenuh hati, kita menjadi terdorong untuk berbuat kebajikan.
3. Tidak Melakukan Maksiat
    Agar kebajikan kita tidak sia-sia harus disertai dengan usaha menjauhkan diri dari perbuatan maksiat. Meskipun kita banyak berbuat amal shaleh, tetapi jika terus saja berbuat maksiat menjadi tidak berarti.

Cara Berperilaku Beramal shaleh
    Beramal shaleh tidak sulit sehingga dapat kita lakukan dengan berbagai cara. Apa pun yang kita lakukan merupakan amal shaleh jika dilandasi dengan niat yang baik untuk mendapatkan rida dari Allah. Untuk membiasakan diri beramal shaleh dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.
1. Menghormati Sesama Manusia
    Beramal shaleh merupakan perwujudan dari sikap menjalin hubungan yang baik kepada sesama manusia. Sikap ini dapat ditunjukkan dengan berbagai cara, misalnya dengan bertutur kata yang baik, memberi kesempatan kepada orang lain, tidak memaksakan kehendak, suka melindungi, mau memberi dorongan, dan sebagainya. Dengan sikap menghormati akan menciptakan ketenangan dan kenyamanan sehingga kebersamaan di antara kita dalam menjalani hidup dapat terwujud.
2. Memanfaatkan Kemampuan Diri
    Dalam menjalankan amal shaleh tidak ada ukurannya sehingga menurut kadar kemampuan diri sendiri. Oleh karena itu, apa pun yang kita lakukan, meskipun tampak kurang bernilai tetap bisa dianggap sebagai amal shaleh. Ketika Rasulullah ditanya oleh para sahabat tentang amal shaleh berupa sadaqah, misalnya beliau menjelaskan bahwa menyingkirkan duri di jalan sehingga orang lain menjadi tidak tertancap pun termasuk sadaqah.
3. Beramal Shaleh Dengan Menggunakan Ilmu dengan Benar
    Manusia telah dibekali akal. Dengan akal itulah seharusnya manusia mampu mengoptimalkan sehingga melahirkan pengetahuan. Oleh karena itu, menggali pengetahuan sehingga akan memberi kemanfaatan, baik untuk diri sendiri dan orang lain, sangat penting dan bernilai ibadah.
4. Memanfaatkan Harta
    Harta yang kita miliki sebenarnya adalah milik Allah yang dititipkan kepada kita. Hal ini sebagaimana firman Allah yang berbunyi:

آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَأَنفِقُوا مِمَّا جَعَلَكُم مُّسْتَخْلَفِينَ فِيهِ ۖ فَالَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَأَنفَقُوا لَهُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ (7)

Artinya: ”. . . dan infakkanlah (di jalan Allah) sebagian dari harta yang Dia telah menjadikan kamu sebagai penguasanya (amanah). Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menginfakkan (hartanya di jalan Allah) memperoleh pahala yang besar.” (Q.S. al-Hadid [57]: 7).
Berdasarkan ayat di atas, kita dianjurkan agar. Dengan demikian, memanfaatkan harta hendaknya secara benar untuk membantu sesama.
5. Menjaga Lingkungan
    Amal shaleh juga dapat ditujukan terhadap lingkungan hidup di sekitar kita. Manusia dibolehkan untuk memanfaatkan alam secara maksimal, tetapi pemanfaatannya pun harus diimbangi dengan menjaga kelestariannya. 
Contoh amal shaleh dengan Menjaga Lingkungan
Seperti yang telah Allah ingatkan kepada kita yang berbunyi:

....وَأَحْسِن كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ (77)

Artinya: ”. . . dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (Q.S. al-Qasas [28]: 77).

Amalan Penghapus Amal Shaleh
    Perbuatan maksiat yang dapat menghapuskan amal shaleh (tuhbitul amal) antara lain enam hal sebagai berikut.
1. Sibuk untuk Mengurusi Kesalahan Orang Lain
    Umumnya orang suka mencari kesalahan orang lain, sementara kesalahan dirinya sendiri tidak juga diperbaiki. Sikap ini menunjukkan bahwa dirinya adalah merasa yang paling benar dan paling baik, serta mengesampingkan orang lain.
2. Dihinggapi Penyakit Hati
    Penyakit-penyakit hati yang dimaksud di sini adalah riya, ujub, takabur, dan hasad. Orang yang memiliki sifat-sifat ini sangat mengganggu hubungan orang lain.
3. Cinta Dunia Secara Berlebihan
    Seorang mukmin sejati lebih mencintai akhirat daripada dunia. Oleh karena itu, kehidupan dunia hanya dijadikan sarana ladang amal agar dapat dipetik di akhirat nanti.
4. Tidak Memiliki Rasa Malu
    Rasa malu di sini berarti malu dalam menjalankan perbuatan yang dilarang oleh Allah. Misalnya, dengan tidak malu-malu berbuat yang melanggar hukum agama, peraturan pemerintah, atau tata krama yang berlaku di tengah masyarakat.
5. Panjang Angan-Angan
   Sikap mengumbar ambisi dan rencana, tetapi tanpa memerhatikan persiapanpersiapan tertentu termasuk bagian dari sikap panjang angan-angan. Pada dasarnya manusia diperbolehkan memiliki cita-cita, tetapi harus realistis dan dapat diukur dengan kemampuan dirinya sehingga tidak terjebak pada berangan-angan belaka.
6. Berbuat Zalim
    Zalim berarti merusak. Zalim bisa kepada dirinya sendiri (zalimun linafsih) dengan melakukan sesuatu yang menyebabkan dirinya terjerumus dosa. Zalim kepada orang lain (zalimun ligairih) dengan kebiasaan berbuat yang bisa merusak orang lain. Sementara, zalim kepada Allah (zalimun lillahi ta‘ala), yaitu dengan tidak mau bertakwa. (Buku PAI Husni Tohyar)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Amal Shaleh | Amalan Penghapus Amal Shaleh"

Poskan Komentar