Pengertian dan Tingkatan Ukhuwah Islamiah

Ukhuwah berakar dari kata kerja akha, misalnya dalam kalimat ”akha fulanunsalihan”, (Fulan menjadikan Saleh sebagai saudara). Makna ukhuwah menurut Imam Hasan Al-Banna: ukhuwah islamiah adalah keterikatan hati dan jiwa satu sama lain dengan ikatan akidah. Ukhuwah islamiah bersifat abadi dan universal karena berdasarkan akidah dan syariat Islam. Hal ini berbeda dari ukhuwah lain yang bersifat temporer (terbatas waktu dan tempat), yaitu ikatan selain ikatan akidah (misalnya ikatan keturunan orang tua-anak, perkawinan, nasionalisme, kesukuan, kebangsaan, dan kepentingan pribadi). 

Pengertian dan Tingkatan Ukhuwah Islamiah

Tingkatan Ukhuwah Islamiah
    Untuk dapat menghayati ukhuwah islamiah, setiap muslim harus memahami urutan atau tingkatan terjadinya ukhuwah islamiah berikut.
1. Ta‘aruf adalah saling mengenal sesama manusia. Saling mengenal antara kaum muslimin merupakan wujud nyata ketaatan pada perintah Allah Swt. (Q.S. al-Hujurat [44]: 13)
2. Tafahum adalah saling memahami. Hendaknya seorang muslim memperhatikan keadaan saudaranya agar bisa bersegera memberikan pertolongan sebelum saudaranya meminta karena pertolongan merupakan salah satu hak saudaranya yang harus ia tunaikan. Abu Hurairah r.a., dari Nabi Muhammad saw., beliau bersabda, ”Barang siapa menghilangkan kesusahan seorang muslim, niscaya Allah akan menghilangkan satu kesusahannya pada hari kiamat. Barang siapa menutupi aib pada hari kiamat, Allah selalu menolong seorang hamba selama dia menolong saudaranya.” (H.R. Muslim)
3. Ta‘awun adalah saling membantu tentu saja dalam kebaikan dan meninggalkan kemungkaran.
4. Takaful, yaitu merasa saling melengkapi dan menjamin satu sama lain. Dalam keadaan ini, seseorang akan mendahulukan saudaranya daripada kepentingannya sendiri. Contoh indah persaudaraan pada tingkat ini sebagaimana diperlihatkan oleh para sahabat nabi yang terluka dalam perang. Mereka mendahulukan saudaranya untuk mendapatkan air minum meskipun mereka sendiri membutuhkannya.
(Sumber: Ukki Unsoed Team dengan editing)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Tingkatan Ukhuwah Islamiah"

Posting Komentar