Pengertian Istiqamah, Contoh dan Hikmah Istiqamah Dalam Islam

Istiqamah memiliki arti sikap kukuh pada pendirian dan konsekuen dalam tindakan. Dalam makna pengertian yang luas, istiqamah adalah sikap teguh dalam melakukan suatu kebaikan, membela dan mempertahankan keimanan dan keislaman, walaupun menghadapi berbagai macam tantangan dan godaan.

Seseorang yang mempunyai sifat istiqamah bagaikan batu karang yang berada di tengah-tengah lautan yang tidak tergeser sedikit pun, meskipun dihantam oleh gelombang yang sangat besar. Istiqamah terwujud karena adanya keyakinan akan kebenaran dan siap menanggung risiko. Sikap ini wajib dimiliki setiap muslim, termasuk kita sebagai pelajar. Istiqamah dapat membantu kita untuk membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Oleh karena itu, kita sebagai pelajar harus memberikan contoh yang baik kepada siapa saja dalam kehidupan kita sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat sekitar. 

Allah Swt. berfirman:
Firman Allah tentang Istiqamah
“Sesungguhnya orang-orang yang berkata Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka tetap istiqmah, tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati”. (Q.S. al- Ahqaf/46:13)

Ayat di atas menjelaskan sikap orang-orang istiqamah, yaitu menepati dan mengikuti garis-garis yang telah ditentukan oleh agama, menjalankan semua perintah Allah Swt. dan meninggalkan semua larangan-Nya. Orang yang semacam itu tidak perlu khawatir terhadap diri mereka di hari kiamat karena Allah Swt. menjamin keselamatan mereka.

Contoh Istiqamah
    Contoh perilaku istiqamah dapat diwujudkan melalui kegiatan:
1. selalu menjalankan perintah Allah Swt. dan menjauhi larangan-Nya dalam keadaan apa pun dan di mana pun;
2. melaksanakan shalat tepat pada waktunya;
3. belajar terus-menerus hingga paham;
4. selalu menaati peraturan, baik yang ada di rumah, sekolah, maupun di masyarakat;
5. selalu menjalankan kewajibannya dengan rasa senang dan nyaman, tidak merasa dipaksa atau dibebani.

Hikmah Istiqamah
    Di antara hikmah perilaku istiqamah adalah sebagai berikut.
1. Orang yang istiqamah akan dijauhkan oleh Allah Swt. dari rasa takut dan sedih sehingga dapat mengatasi rasa sedih yang menimpanya, tidak hanyut dibawa kesedihan dan tidak gentar dalam menghadapi kehidupan masa yang akan datang.
2. Orang yang istiqamah akan mendapatkan kesuksesan dalam kehidupan di dunia karena ia tekun dan ulet.
3. Orang yang istiqamah dan selalu sabar serta mendirikan shalat akan selalu dilindungi oleh Allah swt. (Referensi: Buku PAI)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Istiqamah, Contoh dan Hikmah Istiqamah Dalam Islam"

Posting Komentar