Membuat Kerajinan dari Limbah Pelepah Pisang (Bahan, Alat, Produk, dan Tahapan Pembuatannya)

Limbah pelepah pisang mudah didapatkan diberbagai tempat. Hal ini dikarenakan pohon pisang mudah tumbuh di permukaan tanah dengan kondisi bermacam-macam. Dengan bermodalkan kreativitas yang tinggi untuk selalu berinovasi, limbah pelepah pisang yang dulunya terbuang kini bisa diubah menjadi kerajinan yang berpeluang menjadi usaha baru yang menghasilkan untung besar bagi setiap pelakunya. Bahkan, tidak sedikit jumlah pengrajin suvenir cantik pelepah pisang yang kini telah berhasil mengantarkan produknya menembus pasar dunia serta menciptakan lapangan kerja baru untuk mengurangi angka pengangguran di negara kita. Hal ini perlu kita apresiasi bersama.
    Jika diperhatikan, terdapat pesona unik dan kesan menarik yang dihasilkan dari pelepah pisang yaitu garis-garis serat yang ada di permukaan pelepah pisang. Serat pelepah pisnag inilah yang merebut perhatian konsumen di pasar nasional dan mancanegara seperti di Singapura, Perancis, serta Italia. Hal ini tentunya menjadi bukti kuat bagi kita bersama, bahwa pada dasarnya memulai suatu usaha bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk juga dengan menyiapkan modal yang sangat sedikit dengan mengolah limbah pelepah pisang menjadi produk baru yang membawa berkah bagi para pengrajinnya.

1. Bahan Pembuatan Kerajinan Pelepah Pisang
    Bahan pembuatan kerajinan pelepah pisang di antaranya pelepah pisang, lem biji-bijan, dan kardus. Bahan-bahan ini mudah didapat di sekitar rumah.
Bahan pembuatan kerajinan pelepah pisang

2. Alat Pembuatan Kerajinan Pelepah Pisang
    Alat pembuatan kerajinan pelepah pisang di antaranya gunting, pisau, seterika dan alat penunjang lainnya.
Alat pembuatan kerajinan pelepah pisang

3. Produk Kerajinan Pelepah Pisang
    Produk kerajinan pelepah pisang relatif beragam. Banyak pengrajin telah memproduksi desain baru dari pembuatan kerajinan ini. Beberapa produk yang dihasilkan dari pelepah pisang di ataranya adalah tempat tisu, sandal, vas bunga, sampul buku, wadah serbaguna, aneka patung dan miniatur, serta furniture.

4. Proses Pembuatan Kerajinan Pelepah Pisang
    Proses pembuatan kerajinan limbah pelepah pisang kali ini disajikan bentuk tempat pensil sederhana. Tempat pensil ini dapat divariasikan bentuknya, bergantung pada bentuk dasar kardusnya, bisa bentuk silider, kotan, segitiga, persegi lima, atau bentuk lainnya.
Tahapan Proses Pembuatan Kerajinan Pelepah Pisang

Tahapan proses pembuatan kerajinan pelepah pisang adalah sebagai berikut:
  1. Kardus dipotong pola bentuk persegi dan diberi lem
  2. Lem diratakan dan dilapisi pelepah pisang
  3. Bentuk kotak dan lipisi kertas bagian pinggir agar kuat
  4. Tempel bagian luar dengan pelepah pisang
  5. Siapkan pelepah pisang yang diberi warna dengan pola bunga
  6. Tempelkan bunga pada tempat pensil


Baca juga:


Masyarakat Indonesia telah memiliki kepedulian yanng tinggi terhadap isu global warming. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi minat masyarakat untuk mulai memperhatikan produk-produk kerajinan yang tentunya ramah lingkungan. Kondisi inilah yang dimanfaatkan para pengrajin untuk menciptakan aneka macam kerajinan daur ulang limbah organik untuk menarik minat para konsumennya. Salah satu peluang usaha yang saat ini ramai dijalankan warga yaitu mengangkat limbah pelepah pisang yang dulunya tidak berguna menjadi karya seni unik dan memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.
Semoga bermanfaat 😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Kerajinan dari Limbah Pelepah Pisang (Bahan, Alat, Produk, dan Tahapan Pembuatannya)"

Posting Komentar