Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Kain Perca (Tahapan Proses Pembuatan Kerajinan Kain Perca)

Kebutuhan sandang manusia yang berupa pakaian merupakan kebutuhan primer sehari-hari yang harus dipenuhi. Produksi pakaian yang dilakukan oleh para penjahit atau konveksi sebagai perusahaan pakaian jadi, menghasilkan banyak limbah kain yang biasa disebut kain perca. Kain perca
yang dihasilkan banyak jenis bahannya dan bervariasi corak dan warnanya, ada batik kotak-kotak, bunga, dan sebagainya. Terkadang limbah ini bisa dijadikan lap pel atau lap tangan dengan cara dijahit. Semakin banyak orang menekuni limbah kain perca sebagai bahan dasar kerajinan, telah terbukti bahwa limbah jenis ini dapat memberi peluang usaha bagi setiap orang.
    Limbah kain perca dapat dibuat sebagai bahan dasar kerajinan yang cukup unik dan menarik. Bahkan busana itu sendiri dapat dihasilkan dari kain-kain perca yang dijahit bersambung-sambungan. Bagi sebagian orang ada juga yang berminat pada busana jenis ini karena unik. Sekarang sudah semakin banyak orang melirik produk kerajinan berbahan kain perca, karena selain murah juga desainnya selalu berkembang dari waktu ke waktu.
Pengolahan limbah kain perca dapat dilakukan secara khusus dan sederhana, yaitu:
1. Pisahkan kain perca sesuai warna dan coraknya.
2. Cuci kain perca dengan detergen dengan memisahkan antara kain yang bercorak warna kuat dan bercorak warna netral, hal ini untuk menghindari adanya percampuran warna atau luntur.
3. Pengeringan kain perca dilakukan dengan bantuan sinar matahari langsung.
4. Pembuatan pola-pola disesuaikan dengan desain yang dibuat.

Kain perca tidak perlu diberi pewarnaan lagi, karena sudah nampak corak dan warnanya. Sebagai perancang produk, perlu mengetahui paduan warna-warna, agar produk kerajinan yang dibuat dapat terlihat artistik.
1) Bahan Pembuatan Kerajinan Limbah Kain Perca
    Bahan yang digunakan untuk membuat produk kerajinan diantaranya kain perca, lem, dan benang.
Bahan Pembuatan Kerajinan Limbah Kain Perca
Bahan pembuatan kerajinan limbah kain perca; 
a. kain perca
b. benang dan 
c. lem

2) Alat Pembuatan Kerajinan Limbah Kain Perca
    Alat pembuatan kerajinan limbah kain perca yang digunakan adalah mesin jahit, gunting, meteran, lem tembak, dan alat pendukung lainnya.
Alat Pembuatan Kerajinan Limbah Kain Perca
Alat pembuatan kerajinan limbah kain perca; 
a. lem tembak, 
b. gunting, 
c. mesin jahit, 
d. meteran
Dalam pembuatan kerajinan dari limbah kain perca dapat dilakukan dengan beberapa teknik yaitu dengan ditempel saja, dijahit dengan tangan, dianyam, dan dijahit dengan mesin. Selain bahan dasar kain perca, ada pula yang memanfaatkan kancing, manik-manik, aluminium, atau tali temali untuk memberi aksen pada produk kerajinan yang dibuat agar nampak lebih menarik.

3) Produk Kerajinan Limbah Kain Perca
    Produk kerajinan limbah kain perca sudah banyak dibuat orang, dan masih disukai oleh setiap kalangan. Bentuk dan paduan warnanya yang menarik membuat kerajinan limbah kain perca ini menjadi incaran pada konsumen dalam setiap event pameran.
Produk Kerajinan Limbah Kain Perca
Produk kerajinan limbah kain perca; 
a. wadah alat jahit, 
b. aksesoris kalung, 
c. tempat pensil

4) Proses Pembuatan Kerajinan Limbah Kain Perca
Tahapan proses pembuatan kerajinan limbah kain perca
  1. potong perca sesuai pola 
  2. jahit jelujur sambungan pola 
  3. jahit dengan mesin 
  4. pasang tali tas
  5. tas kain perca
Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Kain Perca (Tahapan Proses Pembuatan Kerajinan Kain Perca)"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. informasinya sangat bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sma2 kawan, semoga kita bisa memanfaatkan limbah dengan sebaik mungkin sehingga dampaknya bisa bermanfaat, contohnya dalah kerajinan dari kain perca :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Tidak mengerti dibagian mana ya kawan? coba di perjelas, semoga admin bisa menjawab agar lancar dalam membuat kerajinan dari limbah perca :)

      Hapus