Langkah-Langkah Pembuatan Miniatur Jembatan (Langkah Penyiapan Bahan, Rancangan, dan Contoh Langkah Kerja Pembuatan Miniatur Jembatan)

Langkah-Langkah Membuat Karya Konstruksi Miniatur Jembatan
    Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mengawali proses pembuatan miniatur jembatan. Hal ini penting karena dapat berpengaruh pada hasil akhir.
1) Menyiapkan Alat dan Bahan
    Alat dan bahan harus disipakan berdasarkan rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Dengan demikian, penyediaan bahan yang berlebihan dapat dihindari. Oleh sebab itu, sediakanlah bahan yang benar-benar diperlukan.
2) Membuat Miniatur Jembatan Berdasarkan Rancangan
    Setelah rancangan, alat, dan bahan siap, kamu dapat mulai membuat miniatur jembaran. Proses pembuatan harus mengacu pada rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Namun, bukan berarti tidah boleh menambah atau mengurangi langkah pengerjaan. Kamu dapat mengembangkannya asal tdak terlalu berbeda jauh dari rancangan yang telah dibuat. Jika perubahan yang dilakukan terlalu berbeda, maka konstruksi miniatur jembatan hasilnya akan tidak sesuai dengan rancangan bahkan dapat gagal.
3) Melakukan Penyelesaian Akhir (Finishing)
    Penyelesaian akhir (fnishing) diperlukan untuk mempercantik miniatur jembatan yang dibuat. Kegiatan fnishing ini dapat dilakukan dengan menambah pernak-pernik tertentu seperti rumah-rumahan di sekitar jembatan, pepohonan, mobil-mobilan atau hal-hal lain yang dapat membuat jembatanmu menjadi semakin indah atau kamu bisa mempercantiknya dengan pengecatan.
Di samping itu, sebelum memulai proses pembuatan, kamu harus memerhatikan beberapa keselamatan kerja demi keamanan dan kenyaman dirimu maupun orang lain, antara lain:
  1. Keselamatan diri saat bekerja.
  2. Keselamatan benda yang digunakan saat bekerja.
  3. Keselamatan lingkungan tempat kamu bekerja jangan sampai kotor.
  4. Jangan lupa, keselamatan orang lain atau teman kamu jangan sampai menimbulkan kecelakaan pada saat menggunakan alat-alat.
  5. Gunakanlah alat pelindung diri. Contohnya sarung tangan untuk mencegah dan melindungi tangan kalian dari benda tajam ataupun lem.


Contoh Langkah-Langkah Pembuatan Konstruksi Miniatur Jembatan
A. Alat dan Bahan
  1. Stik es krim 
  2. Gunting 
  3. Cutter
  4. Penggaris 
  5. Cat Warna 
  6. Lem/Perekat dan Kuas
  7. Kertas Karton 
  8. Selotip

Alat dan Bahan - Langkah-Langkah Membuat Karya Konstruksi Miniatur Jembatan

B. Langkah-Langkah Kerja Pembuatan Miniatur Jembatan
1. Buatlah sketsa atau gambar pola tiang dan jalan dengan ukuran tertentu di atas kertas karton. Lalu potong pola tersebut dengan menggunakan cutter agar hasilnya lebih rapi.
Langkah-Langkah Kerja Pembuatan Miniatur Jembatan 1
2. Sambungkan pola-pola tersebut dengan menggunakan selotip.
Langkah-Langkah Kerja Pembuatan Miniatur Jembatan 2
3. Pasangkanlah stik es krim sebagai tiang dan pondasi pada pola yang telah disambungkan dengan menggunakan perekat lem.
Langkah-Langkah Kerja Pembuatan Miniatur Jembatan 3
4. Berilah warna dengan mengecat seluruh bagian sesuai dengan warna yang telah direncakan sebelumnya. Gunakanlah cat air karena bahan terbuat dari kertas. Jika bahan utamanya dari kayu atau tripleks maka pengecetan dapat menggunakan cat tembok.
Langkah-Langkah Kerja Pembuatan Miniatur Jembatan 4
5. Konstruksi miniatur jembatan selesai dan siap diberi hiasan.
Langkah-Langkah Kerja Pembuatan Miniatur Jembatan 5
6. Tahap fnishing, pasanglah konstruksi miniatur jembatan di atas alas karton dan berilah hiasan tambahan seperti pohon, lampu jalan, mobil, dll agar menjadi lebih menarik.
Langkah-Langkah Kerja Pembuatan Miniatur Jembatan 6

Baca juga tahapan sebelumnya disini: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-Langkah Pembuatan Miniatur Jembatan (Langkah Penyiapan Bahan, Rancangan, dan Contoh Langkah Kerja Pembuatan Miniatur Jembatan)"

Posting Komentar