Cara Membuat Jus Stroberi Enak dan Cara Penyajiannya (Bahan, Alat, Proses Pembuatan, dan Pengemasan Jus Stroberi)

Berikut ini contoh tahapan pembuatan minuman jus stroberi hingga proses penyajiannya:
a. Bahan-Bahan Untuk Membuat Jus Stroberi
    Bahan yang diperlukan yaitu stroberi 10 buah untuk satu gelas besar, sereal, susu cair secukupnya, gula dicairkan secukupnya, es batu dan kismis.
Bahan-Bahan Untuk Membuat Jus Stroberi

b. Alat-Alat Untuk Membuat Jus Stroberi
    Alat yang diperlukan meliputi blender, alat press tutup gelas plastik, gelas plastik, sedotan, dan gelas kaca sebagai wadah saji (jika disajikan).
Alat-Alat Untuk Membuat Jus Stroberi

c. Proses Pembuatan Jus Stroberi
Tahapan-Tahapan Proses Pembuatan Jus Stroberi
  1. Buang tangkai stroberi dan cuci bersih buah stroberi dengan menggunakan air mengalir.
  2. Masukkan stroberi dan bubuk sereal ke dalam wadah blender.
  3. Tambahkan susu dan gula cair ke dalam wadah blender tersebut.
  4. Masukkan es batu ke dalam wadah blender tersebut.
  5. Nyalakan mesin dengan menekan tombol dan blender hingga semua bahan tercampur sempurna.


d. Penyajian/Pengemasan Jus Stroberi
Penyajian-Pengemasan Jus Stroberi - Cara Membuat Jus Stroberi Enak dan Cara Penyajiannya
  1. Untuk penyajian, tempatkan pada gelas yang unik dan beri garnis atau hiasan buah stroberi di mulut gelas. Siapkan es batu di piring kecil jika ingin dinikmati dalam bentuk dingin.
  2. Untuk pengemasan, tuanglah ke dalam gelas plastik dan taburi dengan kismis sebagai topping/garnis supaya menarik dan menambah rasa.
  3. Letakkan pada alat press tutup gelas plastik dan press dengan menarik tuas alat tersebut.
  4. Lengkapi kemasan jus stroberi dengan sedotan.


e. Penyajian dan Kemasan yang Baik
    Penyajian ataupun kemasan merupakan tahap akhir dari proses pembuatan produk olahan pangan. Penyajian/pengemasan memegang peranan penting dalam proses produksi pengolahan pangan karena
akan menjadi daya tarik orang untuk memakannya atau konsumen untuk membelinya. Wadah penyajian digunakan jika kita makan di tempat penjualan. Penggunaan wadah kemasan biasanya untuk makanan yang dibawa pulang oleh pembeli. Penyajian/pengemasan produk pangan telah dilakukan sejak masa lampau. Biasanya, minuman tradisional tertentu disajikan atau dikemas dengan menggunakan buah itu sendiri, seperti minuman air nira dalam buluh bambu.
    Seiring kemajuan zaman, teknologi, dan kebutuhan manusia, produk kemasan pun berkembang terus-menerus. Kecanggihan teknologi pengolahan pangan, pengemasan, dan penyimpanan secara tidak langsung sebagian memang menguntungkan konsumen. Sekarang bahan kemasan yang umum digunakan terbuat dari kertas, kaca/gelas, plastik atau bahan polimer seperti polietilen (PE), polipropilen (PP) serta kemasan yang dapat terurai secara biologis atau biodegradasi (biodegradable packaging). Meskipun begitu, tidak semua perpaduan kemasan tradisional ditinggalkan. Ada beberapa produk pangan menggunakan kombinasi kemasan, yaitu kemasan tradisional dan kemasan masa kini. Tidak semua bahan dapat digunakan sebagai wadah penyajian atau kemasan pangan olahan. Ada kriteria tertentu yang harus diperhatikan dalam pemilihan wadah penyajian/kemasan, antara lain sebagai berikut.
  1. Bahan kemasan/wadah penyajian tidak berbau sehingga tidak mempengaruhi atau mengubah rasa dari produk pangan olahan.
  2. Bahan kemasan/wadah penyajian memiliki kekuatan sebagai tempat produk pangan olahan.
  3. Bahan kemasan/wadah penyajian mudah didapat.
  4. Bahan kemasan/wadah penyajian aman bagi kesehatan dan bersih.

Adapun tempat penyajian ataupun kemasan untuk makanan dan minuman yang biasa digunakan masyarakat terbuat dari kertas, plastik, ataupun styrofoam, sedangkan wadah penyajian umumnya berbahan gelas kaca seperti gambar berikut ini.
Kemasan minuman dari bahan plastik, kertas, styrofoam dan wadah minuman dari bahan kaca - Penyajian dan Kemasan yang Baik
Selain memberikan manfaat sebagai wadah penyajian kemasan dan penyajian, juga berhubungan dengan cara menampilkan produk/hasil olahan pangan dalam bentuk menarik. Bentuk yang menarik akan menambah selera saat menyantapnya atau tertarik untuk membeli produk olahan pangan tersebut. Banyak penjual makanan atau restoran yang memberikan tampilan unik, eksotis, dan berkarakter pada penyajian dan kemasan produknya. Eksplorasi penggunaan bahan penyajian hidangan pun sangat variatif sekali. Ada yang menggunakan gerabah ataupun batok kelapa yang didesain menjadi gelas cantik. Ada yang membuat kemasan dengan modifkasi bahan, seperti plastik dan kertas. Oleh karena itu, saat ini bisnis kemasan dan wadah penyajian memiliki prospek menguntungkan. Kreativitas kita sangat dibutuhkan untuk dapat menciptakan wadah penyajian maupun kemasan. (Sumber ref: Buku Prakarya)
Kemasan makanan dan minuman yang unik dan kreatif - Penyajian dan Kemasan yang Baik
Baca juga: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Jus Stroberi Enak dan Cara Penyajiannya (Bahan, Alat, Proses Pembuatan, dan Pengemasan Jus Stroberi)"

Posting Komentar