Apa Perbedaan INTERNET dan INTRANET ? (Tabel Perbedaannya)

Internet dan intranet merupakan dua istilah yang saling mendukung satu sama lain dalam teknologi komputer. Tahukah kalian pengertian serta perbedaan dari internet dan intranet?

Pengertian Internet

Apa itu internet?
Internet adalah jaringan global yang menghubungkan berjuta-juta komputer di seluruh dunia melalui jalur telepon kabel maupun satelit. Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network

Secara sederhana, internet dapat didefinisikan sebagai jaringan dari jaringan (network of network). Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi. Hal ini dapat dilakukan dalam komunikasi dua arah secara langsung seketika itu juga (realtime).

Komputer yang tersambung ke internet menyediakan informasi-informasi yang terbuka untuk umum, sehingga pemakai internet dapat menghubungi banyak komputer kapan saja dari seluruh penjuru dunia untuk mengirim berita, memperoleh informasi, dan transfer data. Internet menghubungkan sejumlah besar komputer di seluruh dunia menggunakan bahasa jaringan yang sama, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Pengertian Intranet

Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protocol TCP/IP Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan Warnet (Warung Internet) dapat dikategorikan intranet.Intranet umumnya juga terkoneksi keinternet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya (internetworking) melalui backbone internet.

Intranet berfungsi mengomunikasikan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tetapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam di internet.

Jaringan komputer yang hampir sama dengan internet, namun cakupannya bersifat lokal biasa disebut dengan intranet. Komunikasi yang dapat dilakukan di intranet hampir sama dengan apa yang dapat dilakukan dengan internet. Tetapi karena bersifat lokal, intranet umumnya digunakan di suatu perusahaan atau organisasi. Sehingga jika intranet yang dimiliki suatu perusahaan atau lembaga ingin dapat berhubungan dengan berbagai jaringan komputer di seluruh dunia, maka intranet harus terhubung dengan internet.

Internet maupun intranet telah mengubah budaya manusia dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama. Internet bagaikan perpustakaan atau sumber informasi raksasa yang memuat banyak layanan, ilmu pengetahuan, informasi, dan berbagai macam hiburan. Setiap orang ataupun perusahaan dapat menjual atau membeli barang-barang yang diperlukannya melalui internet. Dengan internet juga, setiap orang dapat berkomunikasi tanpa terbatas waktu dan tempat. Masih banyak lagi kegiatan lain yang sudah memanfaatkan internet sebagai media atau alat bantunya.

Intranet mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995.
Ciri-ciri Intranet sebagai berikut.
  • Ukurannya terbatas, biasanya dibuat untuk area yang tidak terlalu besar, seperti seukuran sebuah gedung, sebuah kantor, sebuah rumah sakit, atau sebuah kampus.
  • Dapat dikelola oleh seorang administrator lokal.
  • Dapat dibangun menggunakan topologi standar untuk LAN, seperti Bus, Ring, Star, atau Hybrid (gabungan).
  • Protokol yang digunakan adalah TCP/IP.
  • Menyediakan layanan seperti layanan untuk Internet.
  • Administrator boleh menentukan hostname (nama) setiap komputer sesuka hati. Pada Internet, hal ini tidak dapat dilakukan sesuka hati karena ada aturannya.


Intranet juga dapat dihubungkan dengan Internet. Akibatnya pengguna jaringan intranet dapat mengirim data kepada pengguna jaringan Internet. Kita dapat membayangkannya seperti mengirim surat ke luar negeri. Walaupun kita berada di lokasi terpencil, namun dengan bantuan Pos, surat dapat diantarkan ke alamat tujuan.

Berikut adalah tabel perbedaan antara Internet dan Intranet

Tabel perbedaan Internet dan Intranet

Salah satu hal terpenting dalam internet/intranet adalah keamanan jaringan (network security). Terminologi yang lebih berkembang dari intranet adalah teknologi extranet yang memiliki pengertian suatu jaringan intranet yang dapat diakses dari pihak luar baik melalui VPN maupun media komunikasi umum.

VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah network yang dibangun dengan menggunakan sambungan umum untuk menghubungi pemakai. Sebagai contoh, beberapa komputer dimungkinkan tercipta sebuah networking dengan menggunakan internet sebagai medium transportasi data. Komputer ini akan menggunakan enkripsi dan mekanisme keamanan lain untuk menjamin bahwa hanya orang yang diberi autorisasi yang bisa akses ke dalam network tersebut dan juga menjamin data tidak disusupi oleh pihak lain.

Baca juga meteri lainya tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 😉

Untuk dapat menghubungkan semua jenis, tipe, dan sistem komputer yang ada di seluruh dunia, Internet harus memiliki standar yang memungkinkan komputer dapat saling berbicara satu sama lain dalam bahasa yang sama. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) menjadi standar utama jaringan Internet yang dapat menyatukan bahasa dan kode berbagai komputer di dunia.

Jumlah pengguna Internet yang semakin hari semakin besar dan berkembang telah mewujudkan budaya Internet. Kehadiran Internet di tengah kehidupan kita sangatlah diperlukan. Dengan adanya Internet, berbagai bentuk informasi dan komunikasi dapat diperoleh dan dilakukan dengan lebih mudah. Banyak orang menggunakan Internet untuk bekerja di rumah. Para ilmuwan menggunakan Internet untuk membantu mereka dalam penelitian. Internet telah membawa perubahan besar dalam banyak aspek kehidupan.

Dari segi pendidikan, Internet ibarat perpustakaan besar dan lengkap yang di dalamnya terdapat jutaan bahkan milyaran informasi dalam bentuk teks, gambar, animasi, video, dan suara. Kita dapat melihat, mengambil, bahkan memiliki informasi tersebut kapan saja dan dari mana saja melalui Internet. Internet dipandang sebagai dunia maya karena hampir seluruh aspek kehidupan yang ada di dunia nyata ada di Internet, seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik, dan lain sebagainya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Perbedaan INTERNET dan INTRANET ? (Tabel Perbedaannya)"

Posting Komentar