Beranda · Olahraga · B.Indonesia · Seni · Sejarah · Biologi · TIK · Pengetahuan · Motivasi · Islami ·

Dasar Gerak Tari Tunggal Nusantara (Dasar Gerak Kaki, Tangan, Leher Kepala, Mata, Bahu)

       Ragam gerak yang terdapat pada tari tunggal bermacam-macam, tergantung dari nama tariannya. Gerakannya terdiri atas gerak di tempat, gerak berpindah tempat, gerak lantai, dan gerak meloncat.
a. Dasar gerak kaki
    Gerakan dasar gerak kaki terdiri atas gerakan telapak kaki dan gerak kaki.

1) Gerak telapak kaki
       Sikap dan gerak telapak kaki mempunyai peran penting dalam menentukan keseimbangan dan kemantapan seluruh tubuh pada saat bersikap dan bergerak. Dasar-dasar gerak telapak kaki dapat dilihat pada gambar berikut ini.


2) Gerak kaki
       Dasar gerak kaki terdiri atas gerak kaki di tempat dan gerak kaki dengan penyangga badan tidak seluruhnya pada kaki. Dasar-dasar gerak kaki dapat dilihat pada contoh gambar berikut ini.


b. Dasar gerak tangan
       Dasar gerak tangan dibagi atas gerak tangan dan gerak lengan. Beberapa gerak tangan seperti mengepal, membuka, dan melambai dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Untuk gerak putaran tangan pada pergelangan dalam tari Jawa disebut ukel. Gerak lengan dapat melakukan sikap yang cukup banyak. Hal tersebut dikarenakan lengan memiliki tiga persendian, yaitu pergelangan, siku, dan persendian yang menghubungkannya dengan bahu. Perhatikanlah contoh gambar di bawah ini.


c. Dasar gerak leher dan kepala
        Dasar gerak kepala dan gerak leher banyak digunakan dalam tarian nusantara, seperti gerak kepala menoleh, gerak kepala mematuk, gerak kepala menongol, gerak kepala mengibas, gerak kepala berputar, gerak kepala berzikir, gerak kepala mengangguk, gerak kepala mendongak, gerak kepala menggeleng, dan gerak kepala memalingkan muka. Gerak-gerak kepala dapat dilihat pada contoh gambar di bawah ini. (Seni tari Atang dan Rama)


d. Dasar gerak mata
        Gerakan mata dalam tari nusantara banyak digunakan pada tarian Bali. Dasar gerak dan sikap mata, antara lain gerak mata lurus ke samping (mengerling), gerak mata lurus ke bawah, gerak mata menyudut ke kanan atas dan bawah, serta gerak mata menyudut ke kiri atas dan bawah. Adapun sikap
mata atau gerak kelopak mata dapat berupa memejamkan mata, kelopak mata sedikit terbuka, dan kelopak mata terbuka lebar. Perhatikanlah gerak dan sikap mata penari Bali pada gambar di bawah ini.


e. Dasar gerak bahu
       Dasar gerak bahu yang dapat dikemukakan, antara lain gerak bahu naik turun, gerak bahu naik turun bergantian kiri kanan, bahu bergerak ke muka ke belakang bergantian, bahu keduanya bergerak ke muka dan ke belakang, bahu bergerak berputar bersama-sama dengan arah yang sama, dan bahu
bergerak berputar berbeda arah. Untuk lebih jelasnya, cermatilah gambar di bawah ini.


0 Response to "Dasar Gerak Tari Tunggal Nusantara (Dasar Gerak Kaki, Tangan, Leher Kepala, Mata, Bahu)"

Posting Komentar