Pengertian Multimedia, Sistem Multimedia, Format dan Apikasi Multimedia

Apa pengertian dari multimedia?

Multimedia adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan unsur-unsur seperti animasi, grafik, suara, teks, dan video ke dalam bentuk interaktif. Multimedia dapat terdiri atas alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan misalnya digunakan dalam game.

Multimedia juga dapat diartikan sebagai banyak media. Multimedia merupakan suatu proses komunikasi interaktif berbasis komputer yang melibatkan berbagai format data. Multimedia biasanya digunakan untuk keperluan presentasi. Mereka yang mendengarkan dan melihat presentasi menjadi tertarik dan dapat memahami informasi yang sedang disajikan.
apa itu multimedia - Pengertian Multimedia
Selain itu, multimedia juga dimanfaatkan dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media atau alat bantu pengajaran, baik dalam kelas maupun secara individu. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media untuk mempresentasikan profil perusahaan, profil produk, pemasaran produk, bahkan juga digunakan sebagai pelatihan dalam sistem e-learning.

1. Sistem Multimedia

Sistem dapat diartikan sebagai komponen yang saling mendukung dalam mengerjakan suatu tugas untuk mencapai suatu tujuan. Demikian juga dengan sistem multimedia, yaitu suatu sistem yang mampu memproses data pada aplikasi multimedia. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam sistem multimedia, di antaranya adalah:
  • urutan penyajian frame yang benar
  • sinkronisasi antara video dan audio, dan
  • harus dalam bentuk digital.


2. Beberapa Format File Penyusun Multimedia

Seiring dengan perkembangan komputer multimedia, format file multimedia pun semakin bertambah banyak dan bermacam-macam sesuai dengan aplikasinya masing-masing.

Beberapa format yang membentuk multimedia antara lain sebagai berikut.
a. MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
Format suara instrumen ini diperkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha, dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang dihasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memiliki synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang dapat memainkan berbagai alat musik.

b . MP3
Sebuah file ekstensi yang diasosiasikan kepada Mpeg Audio Layer 3. Jenis file ini memungkinkan penyimpanan file audio/musik dalam ukuran byte yang relatif. MP3 dapat merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya berbeda dengan MIDI yang hanya berisi instrument. Kualitas yang banyak digunakan untuk merekam musik adalah standar CD (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas suara telepon (5 KHz, 8 bit, mono).

c. AVI (Audio Video Interleave)
Format AVI dibuat oleh Microsoft dan mudah dipindahpindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Microsoft PowerPoint dan Windows Media Player.

d . Quicktime
Format ini dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingi AVI dikarenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.

3. Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Dengan aplikasi multimedia, kita dapat menjadikan komputer sebagai pemutar musik dan film, membuat video atau merekam berbagai peralatan musik layaknya sebuah studio recording.

Aplikasi multimedia umumnya dipisahkan menjadi 2, yaitu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit.
a. Aplikasi yang Digunakan untuk Menampilkan
Aplikasi multimedia ini hanya dapat digunakan untuk menampilkan dan mengatur tetapi tidak dapat mengubah data aslinya. Salah satu contohnya adalah program Windows Media Player, program ini dapat digunakan untuk memutar file video/musik dan mengatur suara musik dengan fasilitas equalizer, namun file aslinya tidak berubah.

Selain itu ada beberapa aplikasi multimedia lainnya, yaitu Video Conference, Games, dan Virtual Reality.
  • Computer Games, merupakan permainan video yang dimainkan pada komputer pribadi, dan bukan pada games console, maupun mesin dingdong. Permainan komputer telah berevolusi dari sistem grafis sederhana hingga menjadi kompleks dan mutakhir.
  • Video Conference, adalah suatu alat komunikasi jarak jauh untuk menampilkan suara dan gambar bergerak dalam suatu jaringan komputer. Program buatan Microsoft yang mendukung video conference melalui Internet adalah NetMeeting. Aplikasi ini menggunakan protocol H.323 untuk Video dan Audio Conference. Sama dengan aplikasi lainnya tetap memerlukan registrasi untuk mendapatkan user id dan password, agar dapat berkomunikasi dengan para pengguna netmeeting lainnya. Aplikasi ini sudah ada di dalam sistem windows 95 sampai windows XP.
  • Virtual Reality, merupakan sebuah lingkungan buatan yang dibuat dari hardware dan software komputer, serta dihadirkan kepada user dengan sedemikian miripnya sehingga tampak sangat nyata. Untuk memasuki Virtual Reality, user mengenakan sarung tangan khusus, earphone, dan kacamata khusus yang terhubung dengan komputer dan sistem yang di dalamnya. Melalui cara ini, setidaknya tiga indra tubuh terkontrol oleh komputer. Untuk hasil yang lebih baik, biasanya piranti Virtual Reality ini juga memonitor apa yang dilakukan user. Misalnya kacamata yang mengontrol pergerakan bola mata pengguna dan meresponnya dengan mengirim masukan video yang baru.


b . Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat dan Mengedit
Aplikasi multimedia ini dapat digunakan untuk menampilkan, membuat, dan mengedit file-file multimedia. Salah satu contohnya adalah Program Cakewalk. Program ini dapat digunakan untuk membuat suara-suara dari instrumen midi, merekam suara dari mikrofon, dan mengedit suara maupun video (menggabungkan, memotong, dan menambah efek).

Selain Cakewalk, juga ada aplikasi multimedia lainnya, yaitu Adobe Flash (sebelumnya bernama Macromedia Flash). Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. File dari Adobe Flash berekstensi .swf dan dapat diputar di web browser yang telah dipasangi Adobe Flash Player.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Multimedia, Sistem Multimedia, Format dan Apikasi Multimedia"

Posting Komentar