Contoh Soal Materi tentang Laporan, Wawancara, dan Teks Drama (Pilihan Ganda & Essay)

Contoh Soal Materi tentang Laporan, Wawancara, dan Teks Drama Pilihan Ganda

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Penelitian Mereka Sangat Bermanfaat…
Persoalan keterbatasan kain untuk praktik kerajinan batik oleh Pratama R Wijaya (14), siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, dirasakan mengganggu. Pelajaran yang seharusnya banyak praktik jadi lebih banyak teori akibat kesulitan kain yang dirasakan mahal. Namun, sejak setahun lalu Pratama menemukan jalan keluarnya. Dia memanfaatkan limbah kayu jenis kayu jati, mahoni, sono keling, dan bambu sebagai media untuk kerajinan batik. (Kompas edisi 15 Agustus 2007)
Ide pokok paragraf laporan tersebut adalah….
a. pemanfaatan limbah kayu sebagai media kerajinan batik
b. praktik kerajinan batik terkendala masalah keterbatasan kain
c. Pratama R Wijaya siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta
d. siswa lebih banyak mendapatkan materi secara teori daripada praktik

2. Penemuan Pratama disambut antusias oleh pihak sekolah. Pembelajaran kerajinan batik yang dua tahun terpaku pada kain kini mulai menggunakan kayu. ”Saya cuma berpikir, apakah limbah kayu yang dibuang bisa jadi media batik. Awalnya gagal. Tapi, setelah dicoba terus, ternyata kita bisa membatik di kayu. Hasilnya tidak kalah dengan di kain,” ujar Pratama.
Dampak penemuan Pratama terhadap pembelajaran adalah….
a. Ia mendapat antusiasme pihak sekolah.
b. Pembelajaran yang terpaku pada kain mulai menggunakan kayu.
c. Ia tidak pernah menyerah dan belajar pada kegagalan.
d. Hasil membatik di kayu tidak lebih buruk dengan di kain.

3. Penelitian Pratama belum berhasil mengantarkan dia menjadi satu dari sembilan peserta terbaik Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) 2007 di Jakarta, Selasa (14/8). Namun, penelitian itu sudah terbukti bermanfaat bagi banyak orang.
Pertanyaan yang sesuai dengan isi bacaan tersebut adalah….
a. Mengapa Pratama gagal menjadi juara pertama?
b. Siapa sajakah sembilan peserta terbaik tersebut?
c. Apakah nama lomba yang diikuti Pratama?
d. Apa saja manfaat penelitian Pratama?

4.
Demikian laporan pertanggungjawaban Panitia Masa Orientasi Sekolah periode 2007-2008. Semoga laporan ini bermanfaat bagi semua para pembaca pada khususnya dan pihak sekolah pada umumnya.
Kalimat yang baik dan efektif untuk penutupan laporan tersebut adalah….
a. Demikian pertanggungjawaban Panitia Masa Orientasi Sekolah Periode 2007-2008.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca semua pada khususnya dan pihak sekolah pada umumnya.
b. Demikian laporan pertanggungjawaban panitia Masa Orientasi Sekolah Periode 2007-2008. Semoga laporan ini bermanfaat bagi semua para pembaca pada khususnya dan sekolah umumnya.
c. Demikian pertanggungjawaban Panitia Masa Orientasi Sekolah 2007-2008.
Laporan ini pasti bermanfaat bagi semua para pembaca pada khususnya dan pihak sekolah pada umumnya.
d. Demikian laporan pertanggungjawaban Panitia Masa Orientasi Sekolah periode 2007-2008. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pembaca pada khususnya dan sekolah pada umumnya.

5. Kalimat yang menggunakan majas hiperbola adalah….
a. Bapak menguras keringat siang dan malam demi menyekolahkan anak-anaknya.
b. Sifat baik remaja itu umpama mutiara.
c. Halus sekali suaramu, seluruh peserta diskusi sampai menutup telinga.
d. Ombak melambai-lambai menyambut kedatangan peserta darmawisata.

6. Angin mengusap lembut kulit mereka yang kering karena seharian bekerja di ladang.
Kalimat tersebut mengandung majas….
a. perumpamaan
b. metafora
c. personifikasi
d. alusio

7. (1) Teman-teman, kita telah berusaha secara maksimal. (2) Kekompakan dan kedisiplinan menjadi kekuatan tim ini. (3) Lomba cerdas cermat tahun depan masih ada peluang bagi kita untuk membayar kekalahan. (4) Walaupun hanya mendapat perak, kita telah berusaha dengan maksimal dan mandiri.
Majas metonimia terdapat pada kalimat….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

8. Ibu : "Sudah jam dua belas Pak, tidurlah."
Bapak : "Kenapa bukan kamu saja yang tidur?"
Ibu : "Bapak tahu aku selalu susah tidur."
Bapak : "Aku juga."
Ibu : "Bagaimana bisa tidur kalau selalu teringat Satria!"
(Mengapa Kau Culik Anak Kami? Karya Seno Gumira Ajidarma)
Latar waktu yang terdapat pada teks drama tersebut adalah….
a. pagi
b. siang
c. sore
d. malam

9. Mardikun : "Sudah puas melempari rel, To?"
Suwarto : "Sudah habis kereta, Pak?"
Mardikun : "Tinggal sekali, yang terakhir nanti."
Suwarto : "Saya baru tertarik bermain-main dengan batu malam ini."
Mardikun : "Saya tidak keberatan kau asyik dengan batu-batu dan rel itu."
(Senja dengan Dua Kelelawar karya Kirdjomuljo)
Latar tempat yang terdapat pada teks drama tersebut adalah….
a. dermaga
b. bandara
c. stasiun
d. halte

10. Euis : "Sudah terlalu sering. Tidak pernah mau dengar. Hampir lima tahun saya jadi istrinya dan hampir selama itu pula ia tidak pernah mau dengar saya bicara. Saya selalu dituduh yang tidak-tidak, dikira bersandiwara. Terhadap Anda tentu sikap Akang lain. Setidaktidaknya dulu Akang pernah tinggal di rumah Anda."
Juki : "Kalau saja begitu, barangkali tidak akan sampai sejelek ini. Dia tidak pernah mau percaya kepada orang lain. Itu susahnya. Semua diurusnya sendiri dan semua yang bekerja dia pukul rata sebagai kuli atau mandor. Dan saya tidak lebih dari mandornya seperti yang lain."
(Sumur Tanpa Dasar karya Arifin C Noer)
Berdasarkan kutipan drama tersebut, watak Akang yang diceritakan oleh tokoh Euis dan Juki adalah….
a. tukang sandiwara
b. tidak pernah mau percaya
c. kurang pendengarannya
d. suami tidak setia

11. Bagian laporan perjalanan berikut ini yang dikembangkan dengan pola urutan waktu, yaitu. . .
a. Target penyelaman kami di Mike’s Point adalah titik penyelaman temuan Max Ammer. Mike’s Point ditandai oleh pulau karang kecil yang indah.
(Dikutip dari Kompas, 30 Juli 2006)
b. ”Di sini terdapat aneka jenis burung yang dibiarkan hidup di alam bebas. Menangkap mereka dan mengurungnya sama dengan merusak ekosistem,” kata Margaret Tan.
(Dikutip dari Tempo, 26 Juni 2005)
c. Akhir Maret 2006 lalu, pukul 21.00, KM Sumber Rejeki yang kami tumpangi bergerak menuju Muara Siberut dari Padang. Tiba di sana pukul 05.00. Kami beruntung karena jadwal keberangkatan setelah kami, sepanjang pekan itu tertunda badai.
(Dikutip dari Kompas, 21 Mei 2006)
d. Madura dikenal karena pesona budaya dan masyarakatnya. Wilayahnya yang menghadap langsung ke Laut Jawa menjadikan sebagian penduduknya bekerja sebagai nelayan.
(Dikutip dari Kompas, 14 Januari 2007)

12. Jalan masuk ke pantai Bukit Batu Malang Lepau sudah sangat baik karena baru saja dilapisi aspal hotmix. Saat memasuki kawasan pantai, para pengunjung akan melihat batu-batu granit hitam dalam ukuran besar di tepi jalan. Jalan masuk itu akan membawa para pengunjung memasuki plaza yang berupa tanah lapang dan datar, dengan kafe di salah satu sudutnya. Plaza tersebut berada tepat di bibir bukit yang langsung menghadap ke Laut Cina selatan.
(Dikutip dari Kompas, 27 April 2006)
Penggalan laporan perjalanan tersebut dikembangkan dengan pola urutan . . . .
a. waktu
b. ruang
c. topik
d. sebab

13. Kamu ingin mewawancarai pejabat Dinas Pariwisata tentang objek wisata. Pertanyaan berikut ini yang tepat diajukan, yaitu . . .
a. Mengapa Bapak tidak menentukan objek wisata andalan di daerah ini?
b. Di manakah saya dapat menemukan objek wisata di daerah ini?
c. Di antara beberapa objek wisata yang dimiliki daerah ini, manakah yang paling menarik?
d. Apakah semua objek wisata untuk menarik wisatawan?

14. Saya dengar Dinas Pariwisata berencana merelokasi pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar
objek wisata. Kapan pelaksanaannya, Pak?
Dalam rumus 5W + 1H, pertanyaan tersebut memuat unsur . . . .
a. who
b. when
c. where
d. why

15. Kinanthi : Aha, membantu ibu? Betulkah?
Perasaan baru kali ini aku dengar kamu mau membantu ibumu.
Megatruh : Yah, terpaksa, Ki. Biar dapat tambahan uang saku. Kalau tidak, ngapain aku cape-cape segala.
Tokoh Megatruh dalam cuplikan naskah drama tersebut memiliki watak . . . .
a. rajin membantu orang tua dan sayang kepada adiknya
b. rajin bekerja dan patuh kepada orang tua
c. mau melakukan sesuatu karena ada pamrihnya
d. selalu rela bekerja

16. Ibu : Sudahlah, Nak. Kepergian ayahmu adalah kehendak Tuhan. Kita tidak boleh terus tenggelam dalam kesedihan. Relakan ayahmu menghadap-Nya.
Anak : Tapi, Bu. Saya belum sempat membahagiakan ayah. Saya belum sempat membuat ayah bangga.
Ibu : Percayalah. Ayahmu selalu ada di tengah-tengah kita. Ayahmu juga tahu kamu sangat menyayanginya.
Amanat yang terkandung dalam cuplikan drama tersebut, yaitu . . . .
a. kita harus merelakan kepergian orang yang kita cintai
b. Tuhan selalu bersikap adil kepada makhluk ciptaan-Nya
c. seorang anak wajib meratapi kepergian orang tuanya
d. semua orang pasti akan mati, jadi tidak perlu disesali

17. Kesatria : (Menghunus pedang) Sebelum dendamku terbalas, aku tidak akan kembali.
Bagian yang dicetak dengan huruf miring dalam cuplikan drama tersebut merupakan . . . .
a. dialog atau percakapan yang harus diucapkan oleh tokoh Kesatria
b. petunjuk pengarang berupa gerakan yang harus dilakukan tokoh Kesatria
c. petunjuk bagi penata artistik untuk mempersiapkan perlengkapan
d. dialog yang harus dibacakan oleh narator atau juru cerita

18. Kalimat berikut yang menggunakan kata penghubung subordinatif waktu, yaitu . . .
a. Mana yang kamu pilih, Diana atau Dina?
b. Mengapa Miranda dan Dadang belum juga datang?
c. Sudah dua hari ini Ayah berada di Jakarta.
d. Jika tidak keberatan, tolong bawakan tasku ini!

19. Sebelum datang ke sini, aku sudah makan lebih dahulu.
Di atas ini adalah kalimat majemuk bertingkat dengan klausa subordinatif (anak kalimat) pengganti . .. .
a. subjek
b. predikat
c. keterangan tempat
d. keterangan waktu

20. Penulisan kata sapan dalam kalimat berikut ini yang benar, yaitu . . .
a. Silakan saudara mengambil sendiri blangko itu di meja saya!
b. Sejak kapan Diana sakit, Pak?
c. Kalau anda tidak percaya, silakan datang sendiri!
d. Paman, bibi, dan adik sepupuku kemarin ke rumahku.

21. … Untuk melihat semua kebudayaan daerah Indonesia, kalian tak perlu menyusuri Nusantara. Di TMII semua kebudayaan daerah Indonesia ditampilkan. Untuk itulah, penulis melakukan perjalanan wisata ke TMII.
Kalimat di atas merupakan kutipan … laporan.
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. kesimpulan

22. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah anjungan Sumatra. Di sana banyak terdapat contoh budaya, resepsi Batak, Minang, dan Aceh.
Kalimat di atas merupakan kutipan … laporan
a. kata pengantar
b. pendahuluan
c. isi
d. penutup

23. Kami berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi kami dan pembaca. Kalimat di atas merupakan kutipan laporan bagian ….
a. kata pengantar
b. pendahuluan
c. isi
d. penutup

24. Kepala Sekolah yang kami hormati,
Bapak dan Ibu Guru yang kami hormati, dan teman-teman yang berbahagia.
Kalimat di atas merupakan …. laporan
a. kata pengantar
b. pendahuluan
c. isi
d. penutup

25. Contoh kata yang telah mengalami perluasan makna adalah ….
a. kitab
b. buku
c. bapak
d. ibu

26. Koswara : Sejak aku pulang tadi malam tak sedikit pun engkau gembira.
Rini : Engkau dan aku tentu saja berbeda. Di sini dalam serba kekurangan. Di sana dalam sorga kenangan berjalan-jalan di bawah rembulan ....
Koswara : Sejak Nona Zahra di sini tak habis-habisnya engkau menyindir aku.
Rini : Katakan saja, “pucuk dicinta ulam tiba” (tertawa mengejek). Tidakkah engkau gembira bertemu lagi dengan nona yang manis itu? Dan sekali ini, tidak disertai pula! Tentu banyak yang kaucurahkan kepadanya.
Koswara : Kenalanku perempuan ada beberapa orang dulu. Tidak pernah engkau cemburu sekeras itu!
Rini : Sikapmu pada yang lain itu berbeda.
Sikap Rini yang tampak dalam adegan penggalan drama tersebut adalah ....
a. tidak gembira
b. suka menyindir
c. pencemburu
d. suka mengejek

27. Hendra : Terima kasih, Dik.
Erwin : Sebenarnya, sudah lama aku ingin mengajakmu ke kota, tapi mengingat ibuku masih sakit, ya, kutunda sampai hari ini.
Hendra : Ya, itulah Dik, makanya, aku belum mau melangkah ke luar kota. Sekarang ibuku sudah sehat dan sudah mulai bekerja lagi. Kapan kita berangkat?
Erwin : Seminggu lagi? Bagaimana?
Hendra : Baiklah aku nanti minta izin kepada ibuku dulu.
Isi penggalan drama di atas adalah ….
a. Ibu Hendra sedang sakit dan Hendra harus menunggu
b. Erwin ingin mengajak Hendra ke kota
c. Hendra merasa kecewa karena ibunya sakit
d. Erwin menengok Hendra karena ibunya sakit

28. Adi : Benar dalam liburan ini sekolah kita akan berdarmawisata, Pak?
Kepala sekolah : Benar! Mengapa Adi bertanya?
Adi : Untuk meyakinkan diri. Darmawisata ke mana, Pak?
Kepala sekolah : Belum dipastikan. Mungkin ke Kebun Raya Bogor. Mungkin pula ke Pantai Pangandaran.
Adi : Mudah-mudahan ke Kebun Raya Bogor. Saya belum pernah pergi ke sana.
Kepala sekolah : Hal itu ditentukan oleh hasil rapat.
Watak kepala sekolah berdasarkan penggalan drama di atas adalah ….
a. bijaksana
b. pemberani
c. penakut
d. keras kepala

29. Watak Adi dalam kutipan nomor 8 adalah ….
a. bijaksana
b. pemberani
c. penakut
d. keras kepala

30. Bacalah kutipan drama berikut!
Ishak : Aku akan tetap mencintaimu. Tapi, aku tidak dapat berbuat apa-apa.
Satilawati : Perkara cinta jangan disebut juga. Engkau tahu sendiri, aku cinta pula kepadamu. Tapi, apa maksudmu?
Ishak : Aku tidak mau mengikuti engkau. Artinya, engkau jangan menunggu aku. Kawin saja dengan orang lain.
Satilawati : (berontak) Tapi, itu aku tidak mau, tidak bisa. Engkau boleh pergi sekarang, tapi lekas kembali. Aku tetap menunggumu.
Watak Satilawati dalam drama tersebut adalah ….
a. lembut
b. keras
c. pasrah
d. penurut


31. Bahasa yang digunakan dalam laporan adalah bahasa ….
a. baku
b. tutur
c. daerah
d. ilmiah

32. Waktu, tempat, dan tujuan kegiatan dalam laporan terdapat pada bagian ….
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. kesimpulan

33. Tempat dan waktu kejadian peristiwa drama disebut ….
a. latar
b. tema
c. alur
d. perwatakan

Aman : Saya juga telah memerhatikan sikap Saudara terhadap dia. Kok, Saudara berani benar?
Amat : Begini Saudara Aman kalau orang hormat dan sopan terhadap saya, saya seribu kali sopan dan hormat terhadap dia. Tapi, kalau saya lihat dia angkuh dan sombong dan mau memperlihatkan kepada saya bahwa dia di kantor ini kepala, wah, sayalah yang lebih angkuh dan sombong lagi. Saudara Aman, lihat sajalah sikap saya terhadap dia.
34. Watak Amat dalam kutipan drama di atas ….
a. sopan
b. baik hati
c. angkuh
d. pendendam

35. Latar kutipan drama di atas, yaitu di ….
a. teras rumah
b. teras kantor
c. dalam kantor
d. pinggir jalan

Contoh Soal Materi tentang Laporan, Wawancara, dan Teks Drama Uraian Essay

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa perbedaan laporan yang disampaikan secara tertulis dengan lisan?
2. Bagaimana sistematika laporan yang baik?
3. Sebutkan unsur-unsur intrinsik naskah drama?

Gito : Ini pasti ulah si Rika. Ia balas dendam kepada kita.
Nadia : Rasanya, hal itu tidak mungkin Rika bukan tipe anak pendendam. Setahuku, selama ini ia baik.
Gito : Mungkin juga. Buktinya, kelas kita sekarang kotor. Mungkin sepulang sekolah kemarin, ia sengaja membuang sampah-sampah ini.
4. Apa isi kutipan drama di atas?

5. Lengkapilah dialog drama berikut!
Munawardi : Tolong …, ada yang mau berbuat jahat kepada saya!
Orang-orang : Mana … mana orangnya?
Munawardi : Itu, Pak!
Dudi : Ayo, kita hajar. Biar kapok!
Kundi : ….

6. Penelitian yang dilakukan 37 finalis dari tingkat SMP dan SMA se-Indonesia ini disaring dari 1.209 karya. Mien Ahmad Rifai, Ketua Dewan Juri LPIR 2007, mengatakan, karya-karya itu dinilai kreatif, orisinal, dan inovatif. “Yang menarik adalah hasil penelitian siswa SMP. Mereka belum dipenuhi prosedur ilmiah yang kaku sehingga berani menuangkan ide penelitian yang ternyata bermanfaat,” katanya.
Kesimpulan paragraf tersebut adalah….

7. Identifikasilah tokoh-tokoh dan watak dalam kutipan drama berikut!
Suhiang : "Jangan kelewat sedih, Nona. Perempuan perkasa, selalu berusaha dengan akalnya supaya segala yang direncanakan terlaksana."
Engtay : "Habis sudah dayaku, Suhiang. Rasanya tidak mungkin lagi aku mampu membujuk ayah ibu. Larangan mereka tidak bisa diubah-ubah."
Suhiang : "Masa?
Engtay : "Aku akan jadi gadis pingitan, menunggu lamaran calon suami. Aku akan jadi perempuan bodoh yang tidak tahu betapa luasnya dunia ini."
Suhiang : "Masa?"
Engtay : "Kaum kita akan begini terus nasibnya. Sejak dulu sampai sekarang tidak pernah ada perubahan. Niat untuk maju bagi perempuan, akan selalu dianggap sebagai biang bencana."
Suhiang : "Eh, tunggu dulu. Apa Nona lupa, ayah nona pernah sesumber begini:
“Aku akan kasih izin kamu sekolah di Betawi, kalau kamu berhasil menipuku!” Nah, tuh. Tidak mau dicoba? Yaa, namanya juga usaha."
(Sampek & Engtay karya N Riantiarno)

8. Susunlah sebuah paragraf pembuka sebuah laporan kegiatan panggung merdeka di kampungmu dalam rangka perayaan HUT Republik Indonesia!
9. Buatlah sebuah kalimat dengan menggunakan majas alusio!
10. Buatlah sebuah kalimat dengan menggunakan majas eufemisme!

11. Buatlah sebuah paragraf laporan menggunakan pola urutan waktu!
12. Sebutkanlah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan wawancara dengan narasumber!
13. Buatlah tiga pertanyaan tentang pariwisata yang akan kamu ajukan kepada narasumber!
14. Buatlah dua kalimat majemuk bertingkat berturut-turut menggunakan kata penghubung ketika dan selama!
15. Buatlah contoh penggunaan kata sapaan yang benar di dalam kalimat!


Bacalah wawancara untuk soal no 16-20 berikut.
Pewawancara : "Tanggapan teman-teman artis terhadap Kang Harry sendiri bagaimana?"
Harry Moekti : "Pertama-tama mereka benci, kedua segan."
Pewawancara : "Belajar sambil mendengarkan musik itu, boleh atau tidak?”
Harry Moekti : "Mendengarkan musik itu boleh. Bermain musik itu juga boleh. Akan tetapi, jika mendengarkan musik kemudian melupakan kewajiban, itu yang haram.
Mendengarkan kaset, radio, atau tv, kemudian gara-gara itu berbuat haram, itu yang dilarang. Belajar sambil mendengarkan musik itu tidak apa-apa."
Sumber: Adaptasi dari Siswa dan Warga MAN Yogyakarta, 2004
16. Wawancara tersebut menggunakan ragam bahasa ....
17. Kata ulang yang terdapat dalam wawancara tersebut adalah ..., ..., ..., dan ....
18. Isi pembicaraan dalam wawancara tersebut adalah ....
19. Kata sapaan dalam wawancara tersebut digunakan kata ....
20. Inti yang dibicarakan dari wawancara tersebut adalah ....

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Contoh Soal Materi tentang Laporan, Wawancara, dan Teks Drama (Pilihan Ganda & Essay)"

  1. Sebelumnya saya ucap terimakasih,,namun kunci jawaban soal tersebut dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kawan, ini untuk bahan latihan soal, jadi jawabannya dicari sendiri-sendiri ya :)
      Terima kasih sudah mampir kawan :)

      Hapus