Jenis dan Contoh Pola Pengembangan Paragraf

       Ada delapan pola/cara memahami paragraf, yaitu: (1) pola susunan waktu, (2) pola susunan   ruang, (3) pola susunan sebab-akibat, (4) pola susunan ibarat, (5) pola susunan  perbandingan, (6) pola susunan daftar, (7) pola susunan contoh, dan (8) pola  susunan bergambar. Berikut ini contoh paragraf berbagai pola di atas.
Contoh:
a.  Contoh paragraf pola susunan waktu
        Pada hari minggu, 11 Maret 2007, seorang perempuan berumur 24 tahun  dari Sarijadi merasakan nyeri pedih yang luar biasa dalam perutnya bagian  kanan bawah. Dokternya menentukan agar si sakit dikompres pada perutnya  dengan air hangat, menjalani anema air hangat (air hangat dipompakan ke
dalam perut melalui anus), dan minum satu dosis morfin. Semua diulangi  jika perlu. Dua hari kemudian, rasa nyeri itu reda tetapi menjelang sore  kambuh lagi, sekarang meluas ke seluruh perut. Setelah dokter menambah  dosis morfin, nyerinya hilang lagi ....
b.  Contoh paragraf pola susunan ruang
       Orang utan dewasa dapat ditengarai melalui ciri-cirinya. Dahi orang utan  dewasa miring ke belakang. Di atas matanya yang jeluk terdapat pinggiran  tulang yang menganjur. Hidungnya pesek, sementara sekat rongga hidungnya  menganjur ke luar cuping hidung. Mulutnya menganjur seperti moncong  serta bibirnya tipis dan pendek.
c.  Contoh paragraf pola susunan sebab akibat
       Ada banyak sebabnya mengapa bahasa berubah. Akan tetapi, tiga  sebab utama berikut kiranya dapat menjelaskan pengertian itu. Pada  mulanya, bermacam-macam bahasa yang berasal dari induk yang sama
mengembangkan keamangannya masing-masing setelah semua kelompok  pemakainya bercerai berai. Setiap kelompok membentuk masyarakat terpisah  yang mandiri. Penyebab utama yang lain adalah pengaruh dan persilangan  dengan kebudayaan asing. Hal itu sering terjadi karena masyarakat yang  satu ditaklukkan oleh masyarakat yang lain dalam peperangan. Sebab, faktor  yang melanjutkan perubahan bahasa ialah teknologi yang merebak dengan  cepat dan sistem komunikasi baru yang membawa semua kebudayaan dan  bahasa semakin berdekatan. Akibatnya, pungut-memungut di antara berbagai m bahasa menjadi gejala yang umum dalam dunia masa kini. Semua bahasa  akan berubah jika pengalaman para pemakainya berubah.
d.  Contoh paragraf pola susunan ibarat
       Gelombang bunyi terjadi karena pemampatan molekul udara yang  ditimbulkan oleh sumber bunyi. Gerak gelombang yang terjadi dapat  diibaratkan dengan gelombang air yang terjadi jika kita melemparkan batu ke  dalam kolam. Dengan mempelajari sifat yang diperlihatkan oleh gelombang  air, kita akan mengenal sifat semua gerak gelombang. Pertama, kita melihat  bahwa gelombang yang dihasilkan oleh sentuhan batu pada air bergerak  menjauh dengan laju yang malar. Laju yang seperti itu disebut dengan  kecepatan menjalar. Kedua,  kita melihat bahwa gelombang mempunyai  bubung dan lembah. Jarak antara dua bubung atau lembah yang berturutan  disebut panjang gelombang. Ketiga, gelombang yang bergerak melewati  titik tertentu mengakibatkan gerak air yang naik turun pada titik tersebut.
Gerak itu disebut frekuensi gelombang.
e.  Contoh paragraf pola susunan perbandingan
        Walaupun jelas berbeda dalam panjangnya, paragraf dan esai dapat dikatakan  sama dari segi bangunnya. Misalnya, paragraf diawali dengan kalimat topik.
Dalam esai, paragraf  pertama merupakan pendahuluan yang memperkenalkan  bahasan dan menetapkan fokus topik. Selanjutnya, rangkaian kalimat dalam  tubuh paragraf mengembangkan kalimat topik. Lebih lanjut, esai terdiri ,atas rangkaian paragraf yang memperluas dan menunjang gagasan yang  dikemukakan dalam paragraf pendahuluan. Akhirnya, penyudah yang berisi penegasan kembali, kesimpulan, ataupun pengamatan mengakhiri sebuah  paragraf.
f.  Contoh paragraf pola susunan daftar
       Contoh paragraf daftar dapat dituliskan secara tidak berformat. Artinya,  uraian diurutkan dari kiri ke kanan seperti paragraf yang lain. Jika uraian  diurutkan dari atas ke bawah, ada tiga cara/model penulisan paragraf. Ketiga  model itu dapat dijelaskan sebagai berikut.
 Model 1
Kalimat efektif adalah kalimat yang:
1. dapat secara tepat mewakili gagasan dan/atau perasaan pembicara atau  penulis;
2. sanggup menimbulkan gagasan yang sama tepatnya dalam pikiran  pendengar atau pembaca seperti yang dipikirkan oleh pembicara atau  penulis.
 Model 2
 Paralelisme terwujud dalam bentuk berikut.
 1. Jika urutan dinyatakan dalam kelompok kata urutan berikutnya harus  dinyatakan dalam kelompok kata.
 2. Jika urutan dinyatakan dalam kelas kata tertentu, urutan berikutnya  harus dinyatakan dalam kelas kata yang sama.
 Model 3
 Cara mengawali kalimat:
 •  subjek pada awal kalimat
 •  predikat pada awal kalimat, atau
 •  keterangan pada awal kalimat
g.  Contoh paragraf pola susunan contoh
        Kemampuan menulis paragraf yang tersusun dengan baik dan singkat sangat  perlu bagi keberhasilan siswa di hampir semua satuan pendidikan (formal  dan nonformal). Misalnya, dalam menyiapkan laporan tentang eksperimen laboratorium, seorang warga belajar harus menyajikan kesimpulannya dalam susunan yang logis dan dengan bahasa yang jelas agar memperoleh nilai  yang baik untuk pekerjaannya.
g.  Contoh paragraf pola susunan bergambar
        Pola susunan bergambar digunakan untuk mendeskripsikan gambar, tabel, grafik, atau ilustrasi lain dalam karangan. Biasanya, paragraf itu diletakkan di atas, di bawah, atau di samping gambar, tabel, grafik, atau di atas ilustrasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis dan Contoh Pola Pengembangan Paragraf"

Posting Komentar