Unsur-Unsur Berita dan Contoh Teks Berita

       Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita juga berarti laporan. Ada juga yang mengatakan, berita adalah informasi baru yang disajikan dalam pembacaan dan penulisan yang jelas, aktual, dan menarik. Bila pembacaan dan penulisan, serta redaksi berfungsi baik, pembaca dan pendengar akan memperoleh informasi yang aktual.
       Berita dapat disampaikan secara lisan se- perti dari teman, radio, dan televisi. Berita dalam bentuk tulisan dapat disampaikan melalui surat kabar, majalah, atau sarana tulisan yang lain.
Unsur-unsur pokok dalam berita dapat dirumuskan:
             5W + 1H
5W adalah what, who, why, when, dan where, 1H adalah how.
1. What (apa) : Apa yang terjadi?
2. Who (siapa) : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?
3. Why (mengapa) : Mengapa hal itu bisa terjadi?
4. When (kapan) : Bilamana atau kapan peristiwa itu terjadi?
5. Where (di mana) : Di mana peristiwa itu terjadi?
6. How (bagaimana) : Bagaimana peristiwa itu bisa terjadi?

Contoh Teks Berita
       Parkour, Seni Melarikan diri Kamis (8/11) sore, di antara kerumuman orang yang olahraga di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, tampak aktivitas empat orang  yang berbeda. Mereka mempraktikkan gerakan loncat menggunakan sebuah meja.
       Terkadang mereka juga melompati pagar stadion. Terkesan main-main, tetapi mereka serius dan mengulangi gerakan-gerakan itu. Untuk meloncati pagar kira-kira 2,5 meter, mereka hanya menggunakan dua kali panjatan.
       Ternyata mereka tidak sekadar iseng. “Ini gerakan parkour. Kami, para pemain parkour, disebut traceur,” kata Aditya Tirto (22) yang bekerja di Restoran Ajisen Ramen. Parkour?? Belum pernah dengar, kan?
Wah, jadi loncat-loncat itu adalah cabang olahraga ya?
Katanya, lari-lari dan loncat-loncat kayak ninja ini sempat fenomenal di Paris, Perancis. “Parkour itu seni bergerak, seni meloloskan diri,” kata Muhamad Fadli (26), editor Otostereo, yang bersama Aditya Tirto
menjadi moderator forum web Parkour Indonesia di www.parkourindonesia.web.id.
       Sore itu, bersama Agung Yuda Raharja (22), mahasiswa S-2 Binus dan Prabowo Sri Hayuningrat, mahasiswa Komunikasi Massa UI yang juga freelance video editor, mereka menggelar latihan rutin tiap Kamis di depan Pintu VII Stadion Gelora Bung Karno.
       Mereka ternyata baru kenal beberapa bulan lalu di internet, tepatnya di Forum Parkour Indonesia. “Kami semua sebelumnya belum kenal, dari internet itulah kami saling mengenal,” kata Fadli.
Biasanya mereka melihat video gerakan tertentu, kemudian dipraktikkan di rumah.
Bosan mempraktikkan teori di rumah, mereka sepakat bertemu untuk latihan tiap Kamis di Pintu VII Stadion Gelora Bung Karno serta tiap Sabtu dan Minggu di Taman Ria, Senayan.
“Kami rata-rata tahu tentang parkour itu setelah nonton film Yamakasi dan Banlieue 13, “ kata Aditya. Yamakasi merupakan nama klub parkour yang didirikan mantan anggota Yamakasi yang juga pendiri parkour, David Belle.
Yamakasi bukan berasal dari bahasa Jepang, melainkan bahasa lokal yang digunakan di Kongo. Yamakasi berarti spirit yang kuat.
......................................
Kompas Muda, 16 November 2007

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsur-Unsur Berita dan Contoh Teks Berita"

Posting Komentar