Jenis Alat Musik Melodis (Rekorder, Pianika, Harmonika, Saxophon, Trompet, Hobo, Flute, Klarinet, Biola)

       Alat musik melodis, yaitu alat musik yang memainkan melodi lagu. Alat musik melodis, antara lain sebagai berikut.
a. Rekorder
       Rekorder adalah jenis alat musik tiup. Alat musik ini mempunyai 4 jenis, yaitu rekorder sopranino, rekorder sopran, rekorder alto, dan rekorder bas. Rekorder yang sering digunakan di sekolah adalah rekorder sopran.

b. Pianika
       Pianika adalah alat musik bertuts yang dimainkan dengan cara ditiup. Bilah-bilah nadanya yang berwarna hitam menghasilkan nada kromatis.

c. Harmonika
       Harmonika adalah alat musik yang memiliki dua perangkat penggetar berpisah yang berbunyi saat pemain meniup dan mengisap udara dari alat tersebut.

d. Saxophon


       Saxophon merupakan alat musik tiup bersuara logam dengan jangkauan nada dan kemampuan ekspresinya yang besar. Saxophon diciptakan oleh Adolphne Sax pada tahun 1846. Ada empat jenis saxophon, yaitu saxophon sopran, alto, tenor, dan bariton. Keempatnya dapat membentuk kwartet yang setara dengan kwartet gesek.

e. Trompet
       Trompet adalah alat musik tiup yang dapat mengeluarkan bunyi berapiapi yang dihasilkan oleh besarnya tenaga yang digunakan untuk memainkan fanfare tetapi juga disebabkan oleh tabung logam yang sempit, lubang silindris, dan corong yang lebar dan mengembang. Musisi jazz memanfaatkan
semua bunyi yang dihasilkan alat musik trompet dan trombon. Dengan memainkan kedua alat musik ini, diharapkan akan menghasilkan permainan solo yang memesona.

f. Hobo
       Hobo, yaitu alat musik tiup yang bersuara lembut dengan lidah getar rangkap. Jangkauan nadanya sampai dua setengah oktaf. Hobo dikenal sejak zaman Mesir Kuno. Pada abad ke-18, alat musik ini tampil pada musik kamar atau konserto. Hobo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu hobo cor anglais, hobo diamore, dan hobo masa kini. Karya yang banyak menampilkan alat musik ini, dapat kita dengar pada karya Bellini, Berio, dan Rossini.

g. Flute
       Flute merupakan alat musik tiup bersuara kaya dan menimbulkan suasana magis. Flute modern lebih mudah dimainkan dan bunyinya lebih jernih. (seni Musik Wahyu Purnomo)

h. Klarinet
       Klarinet adalah alat musik tiup yang dikembangkan oleh Theoblad Boem dengan nada tinggi dan nyaring. Klarinet mulai digunakan dalam musik orkes dan band militer pada pertengahan abd ke-18.

i. Biola
       Biola merupakan alat musik string yang cara memainkannya digesek. Suara biola dengan ekspresi musikal banyak digunakan dalam musik orkestra untuk menghasilkan nada yang tinggi dan menakjubkan dalam jumlah yang besar. Biola hasil karya Stradivarius (1644–1737) dianggap sebagai
alat musik terbaik yang pernah dibuat. Sejak saat itu, alat musik gesek tidak berubah. Biola yang digunakan dalam orkestra ada dua macam, yaitu biola sopran dan biola alto.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Alat Musik Melodis (Rekorder, Pianika, Harmonika, Saxophon, Trompet, Hobo, Flute, Klarinet, Biola)"

Posting Komentar