Cara Memegang Raket (Pegangan Gebuk Kasur, Forehand, Backhand, Campuran)

Cara memegang raket dapat dibedakan sebagai berikut.
1) American Grip (Gebuk Kasur)
       Caranya sebagai berikut.
Letakkan raket di lantai, kemudian ambil dan peganglah pada ujung tangkainya (handle) dengan cara memegang seperti memegang pemukul kasur, bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tangkai yang luas. Permukaan raket sejajar dengan lantai.
      Cara ini sangat efektif untuk pukulan smash di depan net atau untuk mengambil bola di atas net dengan cara menitipkan ke bagian bawah secara tajam. Dengan daun raket yang menghadap ke muka membuat si pemukul mudah mengarahkan bola ke kiri atau ke kanan sehingga hasil pukulannya keras dan juga sulit diduga arahnya.
       Kelemahan dari pegangan ini adalah kurang efektif untuk melakukan pukulan backhand dan untuk permainan netting di samping atau di bawah net.

2) Pegangan Forehand
      Caranya sebagai berikut.
Raket diletakkan di lantai dalam posisi miring kemudian peganglah dengan cara bagian tangan antara ibu jari dengan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tangkai yang sempit. Raket dipegang tanpa diubah-ubah (statis). Hal yang perlu diperhatikan adalah letak ibu jari tidak melebihi dan tidak juga kurang dari jari telunjuk.
Beberapa keuntungan menggunakan pegangan forehand adalah sebagai berikut.
a) Terjaminnya rasa aman karena raket dipegang dengan seluruh telapak tangan, pegangan terasa lebih kuat dan tidak mudah lepas.
b) Memudahkan pemain untuk melakukan gerakan pukulan terhadap bola yang datangnya ke sebelah
kanan badan sehingga pukulan akan dapat dilakukan dengan cermat, baik kecepatan bola maupun
sasarannya.
c) Pemain yang bermain dengan pegangan forehand ini tidak perlu memutar-mutar pegangan. Oleh
karena itu, kesalahan menempatkan posisi daun raket terhadap bola lebih kecil.

3) Pegangan Backhand
      Caranya sebagai berikut.
Pegangan backhand merupakan jenis pegangan lanjutan dari pegangan forehand, yaitu dengan cara memutar raket seperempat putaran ke kiri, posisi ibu jari agak dekat dengan daun raket, atau cara memegang raket dengan jalan menempelkan penampang ibu jari pada permukaan tangkai raket yang terlebar.
      Keuntungan pegangan ini adalah hasil pukulan sulit diduga karena selain pukulan bola bisa keras juga arah bola lebih terkontrol. Sebaliknya, kelemahannya adalah agak kesulitan untuk mengembalikan bola smash yang datangnya ke arah kanan badan, atau bola smash yang menuju badan antara bahu dan pinggang sebelah kanan.

4) Pegangan Campuran (Combination Grip)
        Caranya sebagai berikut.
Cara memegang raket dengan mengubah cara pegangan raket sesuai dengan datangnya bola dan jenis pukulan. Pegangan campuran ini merupakan kombinasi antara forehand grip dan backhand grip, yaitu dari pegangan backhand dengan menggeser sedikit ibu jari ke kiri atau hal ini hampir sama seperti cara forehand grip, tetapi setelah dimiringkan, tangkai (handle) dipegang seperti pada saat berjabat tangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memegang Raket (Pegangan Gebuk Kasur, Forehand, Backhand, Campuran)"

Posting Komentar