Pengertian Senam Ritmik | Senam Ritmik Menggunakan Simpai

A. Pengertian Senam Ritmik
      Senam ritmik (sportive rhytmic \gymnastic), senam ritmik adalah senam yang diiringi dengan irama atau ritmik baik dilakukan dengan menggunakan alat seperti: tongkat/gada, pita/tali, simpai,
bola, topi, dan lain-lain atau dapat pula dilakukan tanpa menggunakan alat.
     Senam ritmik dengan menggunakan alat bola, simpai, dan gada dapat memperjelas bentuk pergerakan yang benar, terutama gerakan mengayun memutar dan melemparkan.

B. Senam Ritmik Menggunakan Simpai
1. Ukuran Simpai
a. Diameter simpai untuk dewasa 60 cm - 90 cm dan untuk anak-anak 60 cm - 75 cm.
b. Berat simpai 300 gram.

2. Jenis-jenis pegangan simpai
a. Pegangan biasa, yaitu pegangan dengan cara simpai dipegang dengan satu atau dua tangan dan telapak tangan menghadap ke bawah.
b. Pegangan berlawanan, yaitu pegangan dengan cara simpai dipegang dengan satu atau dua tangan dan telapak tangan menghadap ke atas.
c. Pegangan dalam, yaitu pegangan dengan cara simpai dipegang dengan satu atau dua tangan dan telapak tangan menghadap keluar dan jari-jari ke atas.
d. Pegangan luar, yaitu pegangan dengan cara simpai dipegang dengan satu atau dua tangan dan telapak tangan menghadap ke arah bawah dan ibu jari ke atas.
e. Pegangan campuran, yaitu pegangan dengan cara simpai dipegang dengan satu atau dua tangan, tangan kanan memegang simpai dengan teknik pegangan berlawanan.

3. Bentuk Latihan Memutar dan Mengayun dengan Menggunakan Simpai
       Gerakan-gerakan yang dibentuk untuk senam ritmik dengan menggunakan alat simpai bervariasi sesuai dengan kreativitas pesenam. Gerakan tersebut harus sesuai dengan ritme atau hitungan irama misalnya dengan birama 2/4, 3/4, atau 4/4. Senam ritmik dengan simpai paling cocok menggunakan alunan musik irama Walzt dan Mazurka. Bentuk-bentuk latihan koordinasi gerakan senam ritmik dengan menggunakan alat simpai antara lain:
1. Bentuk Latihan Memutar Simpai
       Bentuk latihan memutar simpai ke berbagai arah ada beberapa cara, di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Memutar dengan Gulungan Pergelangan Tangan (Wrist Roll)
       Caranya: letakkan simpai pada salah satu pergelangan tangan.
Keseluruhan lengan tangan kaku, kemudian gerakan simpai dengan cara diputar ke arah dalam dengan bantuan bahu. Jangan sampai posisi simpai pada waktu diputar pindah dari pergelangan tangan itu.
b. Memutar dengan Gulungan Pergelangan Kaki (Ankle Roll)
       Caranya: sama seperti di atas yaitu letakkan simpai pada salah satu pergelangan kaki. Keseluruhan kaki kaku, kemudian gerakan simpai dengan cara diputar ke arah dalam dengan bantuan pangkal paha. Jangan sampai posisi simpai pada waktu diputar pindah dari pergelangan kaki itu.
(Penjasorkes Farida)
2. Bentuk Latihan Mengayun Simpai
      Bentuk latihan mengayun simpai ke berbagai arah ada beberapa cara, di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Mengayun ke Samping Kanan dan ke Samping Kiri (Sidebend)
      Caranya: berlututlah dilantai dengan memegang simpai di atas kepala. Kemudian menekuk badan ke samping kanan hingga simpai menyentuh lantai, dilanjutkan kebalikan ke samping kiri.
b. Mengayun ke Depan dan ke Belakang (Swinging Forwards and Rear)
      Caranya: simpai dipegang dengan tangan kanan dan posisi simpai berdiri
vertikal, lengan lurus dan kaku, kemudian ayunlah simpai ke belakang dan
dilanjutkan ke depan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Senam Ritmik | Senam Ritmik Menggunakan Simpai"

Posting Komentar