Tari Mancanegara (Jenis Tari Mancanegara)

Jenis karya tari yang dimiliki bangsa Indonesia sangat beragam. Begitu juga dengan karya tari mancanegara non-Asia. Seperti halnya tarian di Indonesia, tarian mancanegara ada yang berbentuk tari tunggal, berpasangan, maupun kelompok. Ingatkah kamu apa yang dimaksud dengan karya tari tunggal, berpasangan, dan kelompok? Kelompok tari pertunjukan yang hanya ditarikan oleh seorang penari digolongkan sebagai tari tunggal. Akan tetapi, tari tunggal tidak mutlak harus ditarikan oleh seorang penari. Ada pula tari tunggal yang dapat ditarikan oleh beberapa penari.
       Tari berpasangan atau duet, yaitu tarian yang dilakukan oleh dua penari. Ada tari berpasangan sejenis (pria dengan pria atau wanita dengan wanita). Ada pula tari berpasangan tidak sejenis (pria dengan wanita). Setiap penari dalam tari berpasangan mempunyai peran masing-masing. Penari satu dengan yang lainnya saling melengkapi atau ada kaitan erat dalam pengolahan gerak tarinya. Dalam penyajian tari berpasangan, jumlah penarinya tidak mutlak harus dua orang. Namun, tari berpasangan dapat disajikan oleh beberapa pasang penari.
       Tari kelompok, yaitu karya tari yang dibawakan oleh banyak penari. Dalam tari kelompok ada yang disebut tari massal dan drama tari. Pada tari massal, setiap gerakan penari tidak saling berkaitan dan tidak saling melengkapi satu sama lain. Tari massal pada dasarnya hanya merupakan tari bersama atau berkelompok tanpa adanya kaitan erat dari segi tatanan gerak. Selanjutnya, drama tari sering disebut juga dengan istilah teater tari. Pertunjukan drama tari menyajikan cerita lengkap atau sebagian (fragmen). Adegan demi adegan atau babak demi babak sudah tersusun. Dalam setiap adegan minimal selalu ditampilkan dua tokoh cerita ditambah pemeran-pemeran pembantu. Pada dasarnya, drama tari merupakan dramatisasi cerita ke dalam media tari. Berikut ini contoh karya tari mancanegara yang berbentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok.

1. Tari Balet Italia
       Negara Italia merupakan negara yang menjadi pusat utama berkembangnya tari Balet. Istilah Balet dicetuskan oleh Balthasar de Beaujoyeulx dalam Ballet Comique de la Royne (1581) yang merupakan Ballet Comique (drama Balet). Pada tahun yang sama, Fabritio Caroso menerbitkan Sebelas Ballarino, yaitu panduan teknis mengenai tarian Balet.
       Balet adalah nama dari salah satu teknik tarian. Karya tari semacam ini meliputi tarian itu sendiri, mime, akting, dan musik (baik musik orkestra maupun nyanyian). Balet dapat ditampilkan sendiri atau sebagai bagian dari sebuah opera. Dengan demikian, bentuk tari Balet bermacammacam.
Ada tari Balet yang berbentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok. Balet terkenal dengan teknik virtuosonya seperti pointe work, grand pas de deux, dan mengangkat kaki tinggi-tinggi. Inilah salah satu keunikan tari Balet selain permainan mime dan akting dari si penari. Teknik Balet mirip dengan teknik anggar, barangkali karena keduanya mulai berkembang dalam periode yang sama, dan juga karena keduanya membutuhkan teknik keseimbangan dan pergerakan yang mirip.

2. Tari Hula Hawaii
       Hula atau Hula-Hula adalah jenis tarian hiburan yang berasal dari kepulauan Hawaii. Tarian ini
diiringi nyanyian atau lagu. Lagu yang mengiringi tarian disebut mele.
Hula menggambarkan atau mendramatisasikan mele. Dalam tari Hula terdapat banyak gerakan yang
melambangkan aspek alam, seperti gerakan pohon kelapa. Keunikan tari Hula dapat dilihat dari kostum penari yang berupa rok rumbairumbai dan banyaknya perhiasan yang dikenakan oleh penarinya. Keunikan yang lain tampak pada peragaan Hula baru yang kadang-kadang penarinya memakai sepatu.
 
3. Tari Flamenco dari Spanyol
       Flamenco merupakan karya tari yang berasal dari Spanyol. Konsentrasi dan penjiwaan adalah dasar dari tari Flamenco. Telinga penari harus sensitif sehingga ketukan demi ketukan kaki
para penari indah seirama tepuk tangan.
Gerak-gerak tari Flamenco diperagakan oleh penari dengan indah dan dinamis. Gerakan para penari seringkali terlihat harmoni, lincah, dan menyatu dengan petikan gitar. Penari bergerak menghentakkan kaki, sebentar kemudian penari bertepuk tangan, lalu berputar dengan cepatnya. Salah satu keunikan dari tari Flamenco dan membuat tari Flamenco digemari, yaitu gerakan tubuh penari yang lincah, dengan kecepatan kaki dan tangan penari dalam melakukan gerak. Selain itu, gerak yang meliuk-liuk sesekali diselingi dengan loncatan ritmis membuat karya tari ini semakin unik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tari Mancanegara (Jenis Tari Mancanegara)"

Posting Komentar