Pengertian Sujud Syukur, Tata Cara dan Mempraktikkan Sujud Syukur

1. Pengertian Sujud Syukur
       Dalam kehidupan kamu sering menyaksikan seseorang yang bersujud setelah mendengar kabar gembira atau memenangkan suatu perlombaan. Sujud yang mereka lakukan disebut sujud syukur. Sujud syukur yaitu sujud yang sunah dilaksanakan ketika mendapat nikmat dari Allah swt. atau terhindar dari malapetaka. (Ensiklopedi Islam 4. 1994: halaman 288)
     Islam mengajarkan umatnya agar bersyukur jika mendapat karunia Allah swt. Sujud syukur merupakan wujud rasa terima kasih kepada Allah swt. atas nikmat yang telah dikaruniakan.
Terhindar dari musibah termasuk nikmat atau karunia Allah swt. yang patut disyukuri. Terhindar dari malapetaka tidak terlepas dari kehendak Allah swt. Jika Dia menghendaki kita tertimpa musibah, tidak ada seorang pun yang dapat menghindar.
Dasar pelaksanaan sujud syukur adalah hadis Rasulullah saw. yang berbunyi seperti berikut.
     Artinya: Dari Abu Bakrah, bahwasanya Nabi saw. segera bersujud berterima kasih kepada Allah apabila datang kepada beliau sesuatu yang menyenangkan atau kabar gembira. (H.R. Abu Daud dan Tirmizi)
 
2. Tata Cara Sujud Syukur
       Rasulullah saw. telah mencontohkan sujud syukur. Pada suatu hari, Rasulullah saw. masuk ke dalam bangunan-bangunan tinggi, kemudian menghadap kiblat dan sujud lama sekali. Selanjutnya, beliau mengangkat kepalanya seraya berkata, ”Sesungguhnya Jibril mendatangiku dan memberi kabar gembira. Jibril berkata, ’Sesungguhnya Allah berfirman bahwa siapa yang membaca salawat kepadamu, Aku akan memberi salawat kepadanya dan siapa yang memberi salam kepadamu, Aku akan memberi salam kepadanya.’ Kemudian saya bersujud sebagai tanda syukur kepada Allah.” (H.R. Ahmad bin Hambal, al-Bazzar, dan Hakim)
      Sujud syukur tidak boleh dikerjakan di dalam salat. Demikian halnya jika dilakukan setelah selesai salat tidaklah tepat. Hal ini karena sujud syukur tidak memiliki ketentuan dan waktu yang
khusus. Menurut mazhab Syafi‘i, sujud syukur hanya sunah dikerjakan sebagai wujud syukur karena telah mendapatkan limpahan rahmat atau terhindar dari malapetaka. Adapun tata pelaksanaan sujud syukur sebagai berikut.
a. Berniat, yaitu berniat untuk melaksanakan sujud syukur secara ikhlas kepada Allah swt.
b. Takbir, dilakukan dengan melakukan takbiratul ih.ra-m. Akan tetapi, di kalangan ulama terdapat perbedaan pendapat.
      Menurut mazhab Syafi‘i dianjurkan mengerjakan, sementara menurut mazhab Hanafi dan Maliki takbir tidak perlu dilaksanakan.
c. Sujud, hanya perlu dilakukan sekali. Ketika sujud dianjurkan dengan mengucapkan lafal hamdalah sebagai ungkapan rasa syukur.
d. Bangkit dari Sujud, setelah sujud dilakukan berarti sujud syukur telah selesai. Sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa ketika bangkit dari sujud, perlu disertai salam. Sujud syukur boleh dilaksanakan seseorang yang sedang dalam perjalanan. Untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sujud syukur cukup dilakukan dengan menekurkan kepala. Oleh karena itu, ketika berada dalam perjalanan dan mendengar kabar gembira, kamu dapat melaksanakan sujud syukur cukup dengan menekurkan kepala.
 
3. Mempraktikkan Sujud Syukur
       Rahmat dan karunia Allah swt. tidak berhenti kita terima. Setiap saat kita menerima karunia Allah swt. meskipun kita tidak memintanya. Misalnya, kemampuan mata untuk berkedip ketika
ada benda asing yang akan masuk merupakan salah satu karunia-Nya. Nikmat tersebut harus kita syukuri.
     Sujud syukur merupakan salah satu wujud terima kasih kepada Allah swt. atas karunia-Nya. Ketika mendengar kabar gembira atau mendapat karunia Allah swt. kita dapat mempraktikkan sujud syukur sebagai wujud rasa terima kasih. Selain itu, jika terhindar dari malapetaka atau ada keluarga yang terhindar dari malapetaka, kita langsung dapat melaksanakan sujud syukur. Sujud syukur tidak memiliki ketentuan dan waktu khusus. Oleh karena itu, kita dapat melaksanakan sujud syukur kapan dan di mana pun berada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sujud Syukur, Tata Cara dan Mempraktikkan Sujud Syukur"

Posting Komentar