Keutamaan / Manfaat Shalat Sunnah Rawatib & Mempraktekan Shalat Rawatib

A. Keutamaan Salat Sunah Rawatib
     Kita dianjurkan untuk melaksanakan salat rawatib karena dalam ibadah ini terdapat beberapa keutamaan. Salah satu keutamaan mengerjakan salat rawatib ini yaitu dapat melengkapi kekurangan dari salat fardu kita. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis sebagai berikut. Rasulullah saw. bersabda,
”Sesungguhnya amal seorang hamba yang paling pertama dihisab adalah salatnya. Jika bagus, ia telah beruntung dan sukses. Jika rusak, ia telah rugi dan menyesal. Jika kurang sedikit dari salat wajibnya, Rabb ‘Azza wa Jalla berfirman, ”Lihatlah, apakah hamba-Ku itu memiliki salat tatawwu’ (salat-salat sunah)?” Selanjutnya, salat wajib yang kurang tersebut disempurnakan dengannya kemudian seluruh amalannya diberlakukan demikian” [H.R. at-Tirmizi]
     Berdasarkan penjelasan pada hadis di atas, jika kita banyak mengerjakan salat sunah berarti semakin memiliki banyak cadangan amal yang akan menyempurnakan kekurangan salat wajib kita. Di antara salat sunah yang dimaksud dalam hadis ini adalah salat sunah rawatib.

     Hikmah lain dari salat sunah rawatib sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari Ummu Habibah. Seseorang yang membiasakan diri untuk mengerjakan salat rawatib setiap harinya dua belas rakaat, Allah akan membangunkan sebuah rumah untuk orang tersebut. Lebih lanjut perhatikan hadis berikut ini. Ummu Habibah berkata, ”Rasulullah saw. bersabda, ”Barang siapa yang mengerjakan salat dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga, yaitu empat rakaat sebelum Zuhur dan dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah Magrib, dua rakaat sesudah Isya, dan dua rakaat sebelum salat Subuh.” (H.R. at-Tirmizi dan an-Nasai)
     Selain keutamaan yang disebutkan di atas, jika kita mengerjakan salat sunah rawatib mengandung berbagai manfaat sebagai berikut.
a. Menunjukkan Kita Mencintai Rasulullah
      Cinta kita kepada Rasulullah saw. dapat ditunjukkan dengan mengikuti sunah-sunahnya. Rasulullah selalu mengerjakan salat sunah rawatib muakkad. Dengan demikian, kita juga dianjurkan untuk meneladani Rasulullah dengan mengerjakan salat sunah rawatib ini.
b. Terhindar dari Amalan yang Sia-Sia
      Dengan mengerjakan salat sunah rawatib kita mengurangi kegiatan yang berpotensi sia-sia, misalnya mengobrol hal-hal yang tidak berguna. Sesudah azan berkumandang, sebelum iqamah salat, merupakan salah satu waktu yang mustajab. Oleh karena itu, kita hendaknya memanfaatkannya dengan amaliah salat sunah, seperti salat rawatib.
c. Sebagai Pembukaan Sebelum Mengerjakan Salat Fardu
      Khusus untuk salat rawatib qabliyah, bisa menjadi persiapan agar nanti salat fardu kita lebih sempurna, khusyuk, dan tumakninah. Selain itu, kita juga terlatih bersikap disiplin karena berusaha salat pada awal waktu.


B. Mempraktikkan Salat Sunah Rawatib
     Untuk mempraktikkan salat rawatib tidak sulit karena tata caranya mirip dengan salat fardu yang biasa kita kerjakan. Untuk membiasakan mengerjakan salat rawatib hanya butuh kemauan yang kuat dari diri kita sendiri. Berikut ini beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk mempraktikkan salat rawatib.
1. Buatlah target-target dengan jumlah rakaat tertentu untuk bisa mengerjakan salat rawatib dalam sehari semalam.
2. Utamakan untuk membiasakan mengerjakan salat rawatib muakkad kemudian boleh dilanjutkan dengan yang gairu muakkad.
3. Usahakan salat dengan khusyuk dan ikhlas sehingga kamu merasa ringan menjalankan salatnya.
4. Bersegeralah melaksanakan salat rawatib ketika kamu memiliki kesempatan menunggu sebelum berkumandang iqamah salat.
5. Jika iqamah salat berkumandang, sedangkan kamu baru memulai salat sunah, segeralah menghentikan salat. Kita dianjurkan untuk mendahulukan salat wajib dibandingkan salat sunah.
6. Biasakan untuk melanjutkan mengerjakan salat sunah setelah kamu melakukan zikir sehabis salat. Kerjakan salat sunah tersebut dengan baik sehingga dapat menyempurnakan ibadah salat fardumu,
7. Untuk salat Subuh dan Asar tidak ada salat sunah rawatib ba’diyah sehingga kamu tidak perlu melakukan salat sunah saat itu.
8. Biasakan kamu melakukan evaluasi diri, khususnya dalam mengerjakan salat rawatib. Jadikan salat rawatib sebagai amalan rutin yang selalu kamu jaga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan / Manfaat Shalat Sunnah Rawatib & Mempraktekan Shalat Rawatib"

Posting Komentar