Sejarah Singkat Internet (Sejarah Internet Secara Singkat)

Sejarah Lahirnya Internet
      Ide pembuatan internet tidak lepas dari upaya Levi C. Finch dan Robert W. Taylor. Saat itu mereka melakukan penelitian tentang jaringan global. Penelitian berlanjut untuk mengamati cara pengaitan jaringan-jaringan dengan fisik yang berbeda. Fisik yang berbeda maksudnya berbeda kartu jaringan dan sistem operasi. Penelitian ini memunculkan solusi berupa teknik packet switching.
       Teknik packet switching digunakan untuk mengirim data. Data atau file yang berukuran besar dipotong menjadi paket-paket kecil sehingga data tersebut lebih mudah ditangani. Tokoh peneliti packet switching adalah Donald Davies, Paul Baran, dan Leonard Kleinrock.

       Cerita berlanjut pada tahun 1969. Saat itu Robert Taylor (kepala kantor pemrosesan informasi DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat))) ingin mewujudkan ide pembuatan jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert, Robert Taylor membuat proyek penelitian bernama ARPANET. Sambungan pertama ARPANET digunakan untuk menghubungkan University of California, Los Angeles (UCLA), dan Stanford Research Institute (SRI).
       Selanjutnya, beberapa jaringan ikut bergabung dengan jaringan ARPANET. Para penggemar komputer yang menggunakan komputer sebagai bagian dari kegemaran (hobi), juga ikut bergabung. Mereka juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yaitu Unix to Unix Copy Program (UUCP).
       Pada tahun 1971, Roy Tomlinson menciptakan program e-mail untuk proyek ARPANET. Ciptaan ini berhasil ia sempurnakan setahun kemudian. Program e-mail yang ia ciptakan mudah digunakan sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun 1972 pula, ikon @ diperkenalkan sebagai lambang ”at” atau ”pada”.
       Selanjutnya, pada tahun 1973 jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan
sebuah gagasan yang lebih besar. Buah pikiran dua ahli komputer ini kemudian menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini pertama kali dipresentasikan di Universitas Sussex.
       Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976. Ketika itu Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.

       Karena komputer yang membentuk jaringan semakin banyak maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat menghubungkan semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP). Untuk menyeragamkan alamat di dalam jaringan komputer, pada tahun 1984 diperkenalkan Domain Name System (DNS) atau sistem nama domain.
       Di Indonesia internet telah menjadi bagian hidup manusia terutama sejak akhir tahun 90-an. Meskipun begitu, di negara-negara tertentu internet telah marak digunakan sejak lama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Singkat Internet (Sejarah Internet Secara Singkat)"

Posting Komentar