Sejarah TIK (Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi)

       Pada awalnya manusia hanya  menggunakan alat sederhana untuk berkomunikasi, misalnya melalui  gambar. Seiring kemajuan peradaban, manusia mampu menciptakan alat- alat modern, seperti telepon, untuk melakukan komunikasi.
Alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita  golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat  sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah  menggunakan tenaga tangan manusia.
2. Peralatan mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik  yang digerakkan dengan tangan secara manual.
3.  Peralatan mekanik elektronik: yaitu peralatan mekanik yang  digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.
4.  Peralatan elektronik: yaitu peralatan yang bekerjanya secara  elektronik penuh.

1. TIK Pada Masa Prasejarah 
       Jika diperhatikan dari  kemampuan bahasanya, sepertinya mereka tidak melakukan komunikasi.
Namun, sebenarnya merekapun melakukan komunikasi. Hanya saja  komunikasi orang purba berupa pengenalan bentuk saja. Orang purba  dapat menggambarkan informasi yang mereka peroleh dengan cara  menggambarkannya di dinding-dinding gua. 
       Selain menggunakan gambar di gua, orang pada zaman dahulu  menggunakan asap untuk melakukan komunikasi. Hal ini biasa dilakukan  oleh suku bangsa Indian di Amerika. Mereka menggunakan asap sebagai  tanda peringatan, tanda bahaya, dan meminta bantuan.
Bagaimanakah perkembangan tulisan sebagai alat komunikasi?
       Tulisan mulai dikenal pada tahun 3.000 SM oleh bangsa Sumeria dengan  menggunakan simbol. Di Indonesia sendiri, tulisan mulai dikenal pada  zaman kerajaan-kerajaan kuno, seperti Kutai, Pajajaran, Majapahit, dan  Sriwijaya. Pada masa kerajaan kuno, penggunaan tulisan sebagai alat  komunikasi hanya terbatas sebagai kegiatan surat-menyurat antarkerajaan.  Orang-orang kerajaan menggunakan berbagai bahan, seperti kulit kayu,  daun lontar, serta batu prasasti sebagai media komunikasi. Pada saat
itu, alat komunikasi hanya digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu,  seperti raja dan bangsawan.

2. Tik Pada Masa Modern
       Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan  teknologi, masa modern merupakan masa keemasan bagi teknologi  informasi dan teknologi. Pada masa modern, telah diciptakan alat-alat dan  sistem canggih untuk mempermudah manusia melakukan komunikasi.  
Contoh alat-alat komunikasi pada masa modern.
a. Surat Kabar
       Surat kabar adalah media cetak yang berisi berbagai informasi. Surat  kabar disebut juga dengan koran. Di dalam koran terdapat informasi  dengan berbagai topik, seperti peristiwa politik, olah raga, hiburan,  budaya, dan cuaca.
b. Telepon
       Telepon pertama kali diciptakan oleh  Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Telepon merupakan alat yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Dengan menggunakan telepon, kita
dapat berkomunikasi secara lisan dengan seseorang yang berjarak jauh.  Telepon merupakan alat komunikasi yang sangat bermanfaat dan sangat praktis. Oleh karena itu, perkembangannya sangatlah pesat. Pada awalnya, telepon hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line telephone). Namun sekarang, teknologi telepon telah berkembang menjadi telepon seluler (handphone).
c. Televisi
       Televisi ditemukan pada tahun 1883 oleh Paul Nipkow. Penemuan  televisi berawal dari ditemukannya cakram logam (metal) yang berputar  dan memiliki banyak lubang. Televisi merupakan alat penangkap siaran
bergambar. Saat ini, televisi memberikan begitu banyak manfaat dan  informasi kepada kita.
d.  Komputer
       Saat ini, manusia sangat terbantu pekerjaannya oleh suatu alat  yang disebut komputer. Semua pekerjaan menjadi lebih efisien dengan  bantuan komputer. Hampir di setiap rumah dan perkantoran kita dapat  menemukan komputer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah TIK (Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi)"

Posting Komentar