Tips Bertanya, Menjawab, Mengemukakan Tanggapan Dalam Diskusi / Seminar

Bertanya merupakan usaha untuk memperoleh informasi, tanggapan, atau jawaban. Walaupun begitu, bertanya tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada etikanya, di antaranya adalah pertanyaan diajukan dengan jelas, langsung pada sasaran, dan tidak berbelit-belit.
Selain itu, pertanyaan hendaknya diajukan dengan santun agar tidak dianggap sebagai perintah, permintaan, atau bantahan.
Tips Bertanya Dalam Diskusi / Seminar
– Ajukan pertanyaan langsung pada sasaran, jelas, dan tidak berbelit-belit.
– Ajukan pertanyaan dengan sopan
– Hindarkan agar pertanyaan tidak diajukan dalam bentuk perintah atau permintaan.
– Usahakan agar pertanyaan tidak ditafsirkan sebagai bantahan atau debat.
      Pertanyaan boleh diajukan tanpa kata tanya, boleh juga dengan kata tanya. Biasanya kata tanya yang digunakan adalah apa (menanyakan benda), siapa (menanyakan orang), mengapa (menanyakan alasan), berapa (menanyakan jumlah), kapan (menanyakan waktu), bagaimana (menanyakan cara atau kondisi atau keadaan), dan di mana (menanyakan tempat).

Tips Menjawab Pertanyaan Dalam Diskusi / Seminar
– Jawaban hanya diberikan sehubungan dengan pertanyaannya saja; bila diberi komentar, usahakan komentarnya tidak berbelit-belit
– Jawaban harus objektif dengan dukungan fakta agar meyakinkan
– Pertanyaan jangan asal dijawab.
– Hindari menjawab dengan prasangka dan emosi.
– Bersikaplah jujur; bila tidak dapat menjawab, berterus teranglah bahwa Anda tidak dapat menjawab.
– Usahakan agar jawaban memberikan kepuasan bagi penanya.

Setiap peserta diskusi atau seminar pada dasarnya boleh menanggapi isi pembicaraan dari peserta lain. Mereka boleh mendukung, boleh membantah.
Tips Mengemukakan Tanggapan Dalam Diskusi / Seminar
– Sampaikan tanggapan dengan singkat tetapi jelas.
– Tujukan tanggapan Anda pada satu sasaran saja agar menarik dan meyakinkan.
– Gunakan tanggapan dengan kata dan kalimat yang tepat, sederhana, dan mudah dipahami.
– Bila perlu berikan dukungan dari berbagai referensi.

Kita dapat belajar cara bertanya, menjawab dan mengemukakan Tanggapan dalam diskusi / seminar dengan memperhatikan secara jelas suatu peristiwa, yuk berlatih:
     Dalam kurun waktu satu tahun, harga beras jenis medium IR 64 di DIY naik sekitar 17%. Kalau pada bulan Februari 2006 harganya Rp4.500,00 per kg, pada bulan yang sama tahun 2007 sudah mencapai Rp5.300,00 per kg. Namun, dalam beberapa hari saja kenaikan tersebut berlipat ganda mendekati 29%, menjadi Rp6.000,00 per kg.
     Menghadapi fenomena tersebut, pada tanggal 14 – 15 Januari 2007 Litbang Kompas melakukan jajak pendapat melalui telepon terhadap 419 responden yang berusia minimal 17 tahun yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya. Kepada responden diajukan pertanyaan dasar Jika harga beras yang Anda konsumsi sehari-hari terus naik, apakah Anda akan membeli beras yang disalurkan
pemerintah lewat operasi pasar? Jawaban responden beragam. Sebagian besar menjawab “ya” (43,4%). Sebanyak 23,4% menjawab “tidak, karena masih mampu membeli beras”, 14,3% menjawab “tidak karena kualitasnya jelek”, 11,0% menjawab “tidak”, dan 7,9% responden menjawab “tidak tahu.”
Cermati, dan buatlah sebuah pertanyaan atau sebuah tanggapan dari wacana  diatas :)
semoga bermanfaat :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Bertanya, Menjawab, Mengemukakan Tanggapan Dalam Diskusi / Seminar"

Posting Komentar