Cara Memilih Lokasi Berkemah dan Teknis Dasar Dalam Memasang Tenda Saat Berkemah


Berkemah merupakan kegiatan di alam terbuka. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan dan lebih mendekatkan kepedulian pada alam. Kegiatan di alam terbuka seperti berkemah bermanfaat untuk rekreasi, pendidikan, pengetahuan, dan mengenal alam lebih dekat. Di samping itu juga, berkemah dapat melatih kemandirian, kerja sama, tanggung jawab, dan tenggang rasa. Agar perkemahan berjalan dengan baik dan lancar serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka perencanaannya harus dilakukan dengan baik dan matang. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan perkemahan, yaitu memilih lokasi dan memasang tenda. Berikut ini kalian akan dikenalkan cara memilih lokasi perkemahan yang baik dan memasang tenda yang nyaman. Mari kita simak bersama-sama uraian materi berikut ini.
Cara Memilih Lokasi Berkemah dan Teknis Dasar Dalam Memasang Tenda Saat Berkemah
1. Memilih Lokasi Untuk Berkemah
       Perkemahan untuk seusia siswa kelas VII biasanya dilakukan secara beregu dan pemilihan tempatnya tidak jauh dari sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Di dalam memilih lokasi perkemahan, hendaknya di tempat yang aman, nyaman, dan jauh dari bahaya. Bahaya bisa berasal dari makhluk hidup maupun lingkungan alamnya.
Beberapa contoh bahaya yang berasal dari makhluk hidup, antara lain:
a. binatang buas, misalnya ular, macan, dan anjing;
b. perampokan; dan
c. virus atau bakteri, misalnya air yang kotor.
Adapun beberapa contoh bahaya yang berasal dari lingkungan alam, di antaranya:
a. banjir,
b. tanah longsor,
c. badai/angin kencang, dan
d. pohon tumbang.

       Berkemah biasanya dilakukan dengan waktu yang lama dan menginap. Oleh sebab itu, dalam memilih lokasi hendaknya memperhatikan tempat yang:
a. Tidak jauh dari sumber air
    Dalam memilih lokasi perkemahan hendaknya di dekat atau tidak jauh dari sumber air, seperti dekat sungai tempat pemandian umum.
b. Tidak terlalu jauh dari permukiman penduduk
    Mengapa memilih lokasi perkemahan harus dekat dengan permukiman penduduk? Kita harus sadar bahwa dalam suatu alam terbuka, risiko atau bahaya selalu ada. Sebagai antisipasinya, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, kita mudah mencari pertolongan atau perlindungan dari penduduk sekitarnya.
c. Tidak terlalu jauh dari lokasi yang menyediakan kebutuhan bahan pokok
    Siapapun yang akan ikut serta dalam perkemahan, minimalnya membawa bekal secukupnya. Jika bekal yang kita bawa habis, kita bisa mencari tambahan kebutuhan pokok tersebut di pasar/warung yang menyediakan.
d. Tidak terlalu jauh dari lokasi pusat pelayanan kesehatan
    Tidak semua peserta/penghuni perkemahan mempunyai tenaga atau ketahanan fisik yang memadai. Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam perawatan kesehatan, lokasi perkemahan yang kita pilih hendaknya dekat pusat pelayanan kesehatan.
e. Tidak terlalu jauh dari jalan umum
    Maksud dan tujuannya memilih lokasi perkemahan tidak jauh dari jalan umum adalah agar segala bentuk transportasi tidak mengalami kesulitan. Misalnya, barang bawaan yang terlalu berat tidaklah mungkin kita panggul berlama-lama. Tentunya, kita membutuhkan kendaraan transportasi yang mudah untuk menjangkau ke lokasi.
(Baca juga: Permainan-Permainan Ketika Berkemah)

2. Teknis Dasar Memasang Tenda
       Di atas tadi telah diterangkan, bahwa di kelas VII biasanya kemah (camping) dilakukan secara beregu dan memilih lokasi tidak jauh dari sekolahnya. Kemudian, bagaimana kita dalam menyiapkan segala peralatan dan memasang tendanya? Mari kita perhatikan bersama-sama.
a. Perlengkapan yang harus disediakan dalam melakukan perkemahan adalah:
    1. tenda/terpal ukuran 2 x 3 m,
    2. pasak/paku dari kayu sebanyak 10 buah,
    3. tali temali lebih kurang 20 m,
    4. cangkul, dan
    5. dua batang bambu masing-masing 2 m.
b. Teknis pemasangan tenda secara sederhana dapat dilakukan sebagai berikut:
    1. letakkan dua batang bambu kira-kira berjarak 3 m,
    2. ikatkan tali di ujung kedua bambu tersebut,
    3. pasangkan tenda/terpal tepat di tengah-tengah tali,
    4. dirikan kedua bambu tersebut,
    5. tarik 2 tali ke belakang dan depan, kemudian tancapkan dengan pasak/paku dari kayu,
    6. ikatkan pinggiran tenda dengan pasak yang ada dengan jarak 0,5 m, dan
    7. buatkan parit di sekitar tenda dengan cangkul yang tersedia.
Dengan demikian, maka berdirilah tenda untuk perkemahan sederhana. Agar terasa hangat ketika tidur, beri alas plastik sebelum kalian menggelar tikar. Pilihlah tikar yang agak tebal, sehingga ketika hujan kita tidak terlalu terpengaruh oleh hawa dingin. Di samping itu, agar terhindar dari binatang melata taburkan garam di sekeliling tenda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memilih Lokasi Berkemah dan Teknis Dasar Dalam Memasang Tenda Saat Berkemah"

Posting Komentar