Nilai-Nilai Dalam Berkemah (Kerja Sama, Tanggung Jawab, dan Tenggang Rasa)



Dalam kegiatan pramuka terdapat nilai-nilai yang mengajarkan kebaikan pada setiap pesertanya, setiap peserta dibagi dalam beberapa kelompok/regu. Setiap kelompok/regu memiliki nama, misalnya regu harimau, regu garuda, regu elang, dan sebagainya. Salah satu program dalam kegiatan pramuka adalah kemah. Pernahkah kalian berkemah? Jika pernah, berapa orang anggota dalam regumu? Kegiatan apa sajakah yang pernah dilakukan dalam perkemahanmu?
     Dalam setiap tenda perkemahan, terdiri atas beberapa anggota kelompok atau regu. Setiap kelompok atau regu dipimpin oleh seorang ketua. Di setiap kelompok atau regu, mereka saling bekerja sama dalam melaksanakan kewajibannya, baik ketua maupun anggota regu, masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab. Tanggung jawab seperti apakah yang harus dijalankan di setiap regu, dan bagaimana bentuk kerja samanya?
    Bentuk kerja sama dalam setiap kelompok atau regu adalah, misalkan dalam membuat tenda perkemahan. Sebelum berangkat, setiap anggota diberi tanggung jawab untuk membawa segala perlengkapan kemahnya. Kemudian setelah sampai di lokasi, setiap anggota saling bekerja sama untuk mendirikan tenda. Masing-masing menyiapkan perlengkapan bawaannya, untuk kemudian dilakukan perakitan sebagaimana diuraikan
dalam teknis dasar pemasangan tenda di atas. Itulah bentuk kerja sama dan tanggung jawab dalam pemasangan tenda.
   Contoh lain kerja sama dalam perkemahan adalah menyiapkan masakan untuk makan bersama. Setiap anggota diberikan tugas dan tanggung jawab untuk dilaksanakan memasak bersama. Ada yang memasak nasi, ada yang menyiapkan bumbu masak, dan ada pula yang mencuci piring sehabis makan. Mereka harus menjalankan sesuai dengan tugasnya masing-masing.
    Apabila dalam menjalankan tugasnya dirasa tidak merata, maka salah satu pihak yang merasa lebih ringan harus mau membantunya. Satu sama lain dalam kelompok harus tertanam tenggang rasa yang mendalam. Ibarat pepatah, senasib sepenanggungan. Artinya, mereka sama-sama satu nasib dalam menjalankan kewajiban, dan sepenanggungan dalam belajar.
(Baca juga: Perlengkapan Berkemah dan Cara Mendirikan Tenda)
Nilai-Nilai Dalam Berkemah (Kerja Sama, Tanggung Jawab, dan Tenggang Rasa)
Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam kerja sama, tanggung jawab, dan tenggang rasa adalah:
a. kebersamaan menjadi terjalin lebih erat,
b. solidaritas atau tenggang rasa,
c. berpikir matang/dewasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nilai-Nilai Dalam Berkemah (Kerja Sama, Tanggung Jawab, dan Tenggang Rasa)"

Posting Komentar