Cara Mengukur Tingkat Kebugaran Jasmani (Jenis Gerakan, Waktu, Frekuensi, dan Mengecek Denyut Nadi)


Setiap orang menginginkan tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik. Untuk menciptakan agar tubuh mempunyai tingkat kebugaran yang prima harus melakukan gerakan-gerakan jasmani. Setelah melakukan gerakan-gerakan jasmani, kita perlu mengetahui tingkat kebugaran jasmani. Untuk mengetahui dan mengukur tingkat kebugaran jasmani kita masing-masing dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut.
1. Jenis Gerakan
    Untuk mendapatkan kebugaran jasmani yang prima, gerakan yang dilakukan harus mulai gerakan kaki hingga kepala. Gerakannya sebaiknya yang mudah dilakukan dan yang tidak membutuhkan biaya yang banyak, misalnya jalan kaki atau jogging (lari santai).
Cara Mengukur Tingkat Kebugaran Jasmani (Jenis Gerakan, Waktu, Frekuensi, dan Mengecek Denyut Nadi)
2. Waktu
    Gerakan untuk kebugaran jasmani dilakukan selama 20 menit. Waktu ini digunakan untuk gerakan inti, tidak termasuk gerakan pemanasan/penenangan.
3. Frekuensi
    Agar kebutuhan tingkat kebugaran jasmani yang kita harapkan dapat tercapai maka gerakan dilakukan paling tidak 5 kali dalam satu minggu. Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima khususnya kardiovaskuler intensitas ajaran harus diperhatikan atau bahkan ditingkatkan.
4. Cek Denyut Nadi
    Cek frekuensi Denyut Nadi Maksimal (DNM) dihitung dengan cara berikut.
DNM = 220 – Umur
    Misalnya, mengukur DNM murid yang umurnya 14 tahun, dengan cara berikut.
DNM = 220 – Umur
          = 220 – 14
          = 206
Denyut nadi maksimal murid yang berumur 14 tahun, yaitu 206 denyut nadinya setiap menitnya. Kemudian, intensitas gerakannya antara 75 – 90% dengan waktu gerakan selama 20 menit.
Bila dilakukan dengan intensitas 75% maka denyut nadi maksimal, yaitu sebagai berikut.
DNM = 220 – Umur × 75%
          = 220 – 14 × 75%
          = 206 × 75%
          = 154 denyut nadi, setiap menitnya.
(Baca juga: Sasaran dan Tujuan Kebugaran Jasmani)
Untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani kita dapat menggunakan empat cara yang telah diuraikan, dengan mengetahui kebugaran diri sendiri akan menimbulkan sikap percaya diri ataupun dapat meningkatkan motivasi untuk menambah kebugaran, semoga bermanfaat :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengukur Tingkat Kebugaran Jasmani (Jenis Gerakan, Waktu, Frekuensi, dan Mengecek Denyut Nadi)"

Posting Komentar