Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud (Dalil, Hukum, Ketentuan, dan Penyempurnaan Sholat Tahajud)

Sholat Tahajud adalah sholat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari hingga menjelang subuh. Tahajud secara bahasa artinya bangun dari tidur pada malam hari. Sholat tahajud juga disebut dengan salatul-lail (sholat malam) atau qiyamul-lail (melaksanakan sholat malam). Hukum sholat tahajud adalah sunah muakkad, yaitu sunah yang sangat penting untuk dikerjakan oleh umat muslim. Untuk niat sholat tahajud sendiri hampir sama dengan sholat sunnah lainnya dan dilakukan dua kali salam. Niat sholat tahajud adalah sebagai berikut:
Bacaan Niat Sholat Tahajud
Artinya: Sengaja aku sholat tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala.
Dalil yang menjelaskan tentang perintah sholat tahajud sebagaimana disebutkan pada ayat dan hadis yang berbunyi:
Dalil sholat tahajud
Artinya: Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (Q.S. al-Isra’ [17]: 79)
Hadist tentang sholat tahajud
Artinya: Dari Bilal, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: ”Biasakanlah sembahyang malam sebab ia kebiasaan orang-orang salihin yang sebelummu, dan sesungguhnya sembahyang malam itu mendekatkan kamu kepada Allah, mencegah kamu dari dosa, menebus dosa-dosa, dan mengusir penyakit dari badan. (H.R. Tirmizi)
   Sholat tahajud lebih utama jika dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari Abu Hurairah yang artinya: ”Allah pada setiap malam turun ke langit dunia, ketika sampai pada sepertiga akhir malam Allah berfirman, ’Barang siapa berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya, barang siapa yang meminta kepada-Ku niscaya akan Aku berikan, dan barang siapa memohon ampun kepada-Ku niscaya akan Aku ampuni.” (H.R. Jamaah).
pentingnya sholat tahajud
Oleh karena pentingnya sholat ini, Rasulullah selalu membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud setiap malam. Bahkan, Rasulullah mengerjakannya sangat lama sampai-sampai kakinya bengkak karena lamanya berdiri.

Ketentuan Sholat Tahajud
    Untuk jumlah rakaat sholat tahajud, tidak ada batasannya. Ada yang berpendapat tiga belas rakaat, dengan tiga rakaat di antaranya adalah sholat witir. Ada pula yang mengatakan sebelas rakaat, tiga rakaat di antaranya witir. Jumlah rakaat sholat tahajud boleh berapa saja banyaknya. Bahkan, dibolehkan juga dengan mengerjakan hanya dua rakaat dan satu witir. Untuk tempat mengerjakannya, disunahkan dilakukan di rumah. Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah saw. yang artinya: ”Seyogyanya kamu melakukan sholat (sunah) di rumahmu. Sesungguhnya sebaikbaik sholat seseorang adalah di rumahnya, kecuali sholat fardu.”(H.R.Muslim)
Tata cara pelaksanaan sholat tahajud sebagai berikut:
1. Membersihkan diri sehabis tidur dan berwudu.
2. Berniat sholat tahajud.
3. Bacaan sholat tahajud boleh nyaring dan boleh perlahan.
4. sholat tahajud dengan dua rakaat sekali salam.
5. Apabila sudah merasa cukup rakaatnya (8 atau 10 rakaat), kemudian diakhiri dengan sholat witir tiga rakaat.
6. Diakhiri dengan berzikir dan berdoa.

Penyempurnaan Sholat Tahajud
    Agar ibadah sholat tahajud lebih sempurna, kita perlu melakukan beberapa hal berikut ini.
1. Mulai berniat untuk sholat tahajud semenjak sebelum tidur. Dengan cara ini, jika kita ternyata tidak terjaga hingga memasuki waktu subuh, niat tersebut sudah dicatat Allah Swt. sebagai sebuah kebaikan.
2. Membersihkan muka dan bersiwak (menggosok gigi) serta berwudu.
3. Berzikir dan membaca Al-Qur’an.
4. Memulai sholat tahajud dengan sholat dua rakaat yang ringan (sholat iftitah).
5. Memperpanjang bacaan sholat termasuk rukuk dan sujudnya.
6. Tidur sebelum sholat dan jika masih mengantuk, dibolehkan menunda sholat hingga hilang kantuknya.
7. Mengajak keluarga untuk bersama-sama sholat tahajud.
8. Melakukan sholat tahajud setiap hari.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud (Dalil, Hukum, Ketentuan, dan Penyempurnaan Sholat Tahajud)"

  1. asslmualaikum wr wb,sya mau tanya untk bacaan niat sholat tahajud yg di lafal kn,,ussali sunatan tahajudi,itu dalil a rwyt siapa,soal a aq blm prnh ketemu dalil a.mhon bantuan a

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih pertanyaannya kawan, sampai saat ini admin belum menemukan dalil yang menjelaskan di sumber lain kebanyakan pun tidak menjelaskan dalilnya, mungkin di sumber lain ada tapi admin belum menemukannya...
      semoga cepet menemukannya kawan :)

      Hapus