Surah Jumuah Ayat 9-10 (Arab, Terjemahan, Tajwid, dan Isi Kandungan Al-Jumuah Ayat 9-10)

Bacaan Surah Al-Jumuah ayat 9-10:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ (9)

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِن فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10)

Terjemahan: Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung. (Q.S. al-Jumuah [62]: 9–10)

Tajwid Surah Al-Jumuah ayat 9-10:
    Pada kedua ayat dalam Surah al-Jumu‘ah ayat 9–10, terdapat beberapa hukum bacaan Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Hukum-hukum bacaan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Idgam bigunnah, yaitu jika ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf ya', nun, mim, dan wawu, cara membacanya dengan memasukkan huruf tersebut dan berdengung. Dalam Surah al-Jumu‘ah 9–10 di atas, kata yang mengandung hukum bacaan idgam bigunnah terdapat pada kata مِن يَوْمِ.
2. Idgam bilagunnah, yaitu jika ada nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf lam atau ra. Cara membacanya dengan memasukkan huruf tersebut, tetapi tidak berdengung. Dalam Surah al-Jumu‘ah 9–10 di depan, kata yang mengandung hukum bacaan idgam bilagunnah terdapat pada kata كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ dan خَيْرٌ لَّكُمْ.
3. Ikhfa, yaitu jika nun mati atau tanwin bertemu salah satu huruf yang berjumlah lima belas, dibaca samar-samar. Dalam Surah al-Jumu‘ah 9–10 di depan, kata yang mengandung hukum bacaan ikhfa  terdapat pada kata إِن كُنتُمْ, فَانتَشِرُوا, dan مِن فَضْلِ.
4. Mad tabi‘i, yaitu mad (bacaan panjang) yang dibaca 1 alif atau 2 harakat. Dalam Surah al-Jumu‘ah 9–10 di depan, banyak kata yang mengandung hukum bacaan mad t.abi‘i di antaranya terdapat
pada kata إِذَا نُودِيَ dan لِلصَّلَاةِ.
5. Mad jaiz munfasil, yaitu mad (bacaan panjang) bertemu huruf hamzah berharakat pada suatu kata lain. Cara membacanya boleh dibaca 1 alif, 2 alif, atau 2½ alif (2, 4, atau 5 ketukan). Dalam Surah al-Jumuah 9–10 diatas, kata yang mengandung hukum bacaan mad jaiz munfasil terdapat pada kata يَا أَيُّهَا dan آمَنُوا. (As‘ad Humam. 1995. Halaman 10, 13, 40, dan 42)

Isi Kandungan Surah Al-Jumuah Ayat 9–10
    Para fukaha (ahli fikih) menjadikan ayat dalam Surah al-Jumuah ini sebagai dalil tentang hukum melaksanakan salat Jumat. Salat Jumat hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim sehingga ketika seseorang sedang berjual beli, dianjurkan untuk meninggalkan sejenak dan segera menunaikan salat Jumat. Jika Surah al-Jumu’ah ayat 9–10 dikaitkan dengan tema etos kerja, penjelasannya sebagai berikut.
1. Perlunya Keseimbangan antara Urusan Dunia dan Akhirat
    Pada saat kita menyelesaikan pekerjaan jenis apa pun yang menyangkut urusan duniawi, tetap diharuskan meninggalkannya jika mendengar panggilan azan. Perintah ini menunjukkan pentingnya menyeimbangkan urusan duniawi dan ukhrawi. Kita dibolehkan mengejar kehidupan duniawi, tetapi tidak boleh terlena sehingga lupa pada kehidupan akhirat. Hal ini karena kerja kita telah diniatkan untuk mencari rida Allah sehingga jika ada panggilan untuk ibadah kepada-Nya, tidak boleh enggan mengerjakan. Jika salat telah dikerjakan, kita pun diperbolehkan untuk kembali melanjutkan aktivitas. Ada juga pesan yang sangat populer dari Abdullah bin Umar r.a. berbunyi:
Hadis tentang bekerja dan beribadah
Artinya: ”Bekerjalah untuk kepentingan duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya dan bekerjalah untuk kepentingan akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok.” (H.R. Baihaqi)
Bekerja dengan sungguh-sungguh dan profesional dalam ajaran Islam sangat diutamakan. Demikian juga khusyuk dalam ibadah sangat penting agar dapat membekas pada amaliah sehari-hari, termasuk dalam bekerja.
Isi Kandungan Surah Al-Jumuah Ayat 9–10
2. Bekerja Harus Selalu Ingat Allah
    Dalam bekerja kita, harus mengingat Allah sehingga tidak akan terperosok untuk melakukan perbuatan yang tidak diridai oleh-Nya. Kita dibolehkan mencari karunia Allah sebanyak mungkin, asal dilakukan dengan cara yang benar. Dengan demikian, Allah pun akan meluaskan rezeki kepada kita dan memberikan keberuntungan yang berlipat ganda.
3. Meningkatkan Produktivitas Kerja
    Setelah mengerjakan salat Jumat, kita diperbolehkan untuk melanjutkan aktivitas kerja lainnya. Melakukan ibadah tidak berarti menghambat produktivitas kerja. Guna mendukung produktivitas kerja, ada hal-hal tertentu yang penting untuk diperhatikan.
1) Bersikap rajin, ulet, dan tidak mudah putus asa.
2) Meningkatkan inovasi dan kreativitas.
3) Mau belajar dari pengalaman sehingga dapat berbuat lebih baik pada masa datang.
4) Memaksimalkan kemampuan diri yang ada dan selalu optimis.
5) Berdoa dan bertawakal kepada Allah.
4. Tidak Boleh Menyerah dalam Bekerja
Tidak Boleh Menyerah dalam Bekerja - Kandungan Surah Al-Jumuah Ayat 9–10
    Dalam kondisi bagaimana pun kita tidak boleh menyerah dan berputus asa. Jika kita berusaha, Allah pasti akan mencukupkan kebutuhan hidup kita. Rasulullah saw. lebih bangga kepada umatnya yang bekerja keras daripada yang bermalasmalasan. Orang yang bekerja keras juga menunjukkan sikap syukur terhadap nikmat Allah Swt.
Dari Zubair bin ‘Awwam r.a., Rasulullah saw. bersabda:
Hadist Dari Zubair bin ‘Awwam r.a., Rasulullah saw. bersabda
Artinya: Hendaklah salah seorang di antara kamu mengambil talinya kemudian ia membawa seikat kayu bakar di punggungnya dan menjualnya, maka Allah dengan hasil itu mencukupkan kebutuhan hidupnya, itu lebih baik baginya daripada ia memintaminta kepada orang, baik mereka memberi atau tidak memberinya. (H.R. Bukhari)
Semoga bermanfaat....😊😊😊

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Surah Jumuah Ayat 9-10 (Arab, Terjemahan, Tajwid, dan Isi Kandungan Al-Jumuah Ayat 9-10)"