Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)

A. Alat Komunikasi Tradisional
    Alat-Alat komunikasi sudah ada sejak dahulu kala. Seiring dengan perkembangan zaman, komunikasi mengalami kemajuan yang begitu pesat dari alat tradisional menjadi alat yang modern seperti sekarang. 
Apakah orang purba melakukan komunikasi?
    Jika diperhatikan dari kemampuan bahasanya, sepertinya mereka tidak melakukan komunikasi. Namun, sebenarnya merekapun melakukan komunikasi. Hanya saja komunikasi orang purba berupa pengenalan bentuk saja. Orang purba dapat menggambarkan informasi yang mereka peroleh dengan cara menggambarkannya di dinding-dinding gua.
    Selain menggunakan gambar di gua, orang pada zaman dahulu menggunakan asap untuk melakukan komunikasi. Hal ini biasa dilakukan oleh suku bangsa Indian di Amerika. Mereka menggunakan asap sebagai tanda peringatan, tanda bahaya, dan meminta bantuan.

Berikut ini adalah beberapa jenis alat-alat komunikasi tradisional / peralatan komunikasi pada zaman dahulu.
1. Papyrus
    Kertas merupakan alat untuk menulis yang biasa digunakan sehari-hari. Pada zaman dahulu orang juga sudah mengenal kertas. Saat itu orang mengenalnya dengan sebutan Papyrus. Papyrus digunakan untuk mencatat sebuah kejadian atau untuk menyimpan data-data perhitungan. Kertas ini terbuat dari daun tumbuhan papyrus. Tanaman papyrus tumbuh di daerah sungai Nil. Tanaman ini hanya dapat hidup di daerah yang lembab dan basah. Daunnya panjang dan tinggi. Serat pohon ini juga terkenal kuat. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih tersimpannya teks-teks yang terbuat dari kertas papyrus di perpustakaan Mesir Kuno. Cara membuat kertas dari papyrus ini sangat mudah. Orang-orang zaman dahulu hanya perlu melapisi, membasahi, dan mengeringkan daun papyrus. Namun, sayangnya keberadaan dan penggunaan kertas papyrus tidak dapat berkembang karena mulai tergeser dengan adanya kulit binatang yang dapat digunakan untuk menulis.
Berikut adalah gambar dari alat komunikasi tradisional papyrus:
gambar dari alat komunikasi tradisional papyrus
Bagaimanakah perkembangan tulisan sebagai alat komunikasi?
    Tulisan mulai dikenal pada tahun 3.000 SM oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol. Di Indonesia sendiri, tulisan mulai dikenal pada zaman kerajaan-kerajaan kuno, seperti Kutai, Pajajaran, Majapahit, dan Sriwijaya. Pada masa kerajaan kuno, penggunaan tulisan sebagai alat komunikasi hanya terbatas sebagai kegiatan surat-menyurat antar kerajaan. Orang-orang kerajaan menggunakan berbagai bahan, seperti kulit kayu, daun lontar, serta batu prasasti sebagai media komunikasi. Pada saat itu, alat komunikasi hanya digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu, seperti raja dan bangsawan.

2. Bereguh
    Ada berbagai cara yang dilakukan masyarakat untuk dapat berkomunikasi. Hal ini juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pelosok. Agar mereka dapat saling berkomunikasi dengan lancar dan mudah, dibuatlah sebuah alat komunikasi sederhana. Salah satu alat komunikasi yang dibuat adalah Bereguh. Bereguh merupakan alat komunikasi tradisional masyarakat Aceh yang penggunaannya dengan cara ditiup. Bereguh ini dapat menghasilkan beberapa nada, tergantung cara meniupnya. Bereguh digunakan untuk berkomunikasi dalam jarak yang berjauhan atau ketika berada dalam hutan. Bereguh terbuat dari tanduk kerbau. Saat ini bereguh sudah jarang digunakan lagi.
Berikut adalah gambar bereguh:
gambar dari alat komunikasi tradisional Bereguh

3. Kulkul
    Alat komunikasi tradisional peninggalan leluhur lainnya adalah Kulkul. Kulkul serupa kentongan yang terbuat dari kayu berongga. Kulkul digunakan oleh masyarakat Bali untuk mengumpulkan warga. Cara menggunakan kulkul dengan dipukul seperti kentongan di Jawa. Ketika kulkul dipukul, semua orang akan berusaha mendengarkan dan mengartikan irama kulkul kemudian melaksanakannya.
gambar dari alat komunikasi tradisional Kulkul
    Bagi masyarakat Bali, kulkul mempunyai nilai sakral dan keramat. Oleh karena itu, untuk membuat kulkul harus melalui proses yang panjang. Ada tahap-tahap tertentu untuk membuatnya, mulai dari memilih kayu, menebang, dan akhirnya membuatnya. Untuk tiap tahapan dilakukan berbagai macam upacara untuk menghasilkan kulkul yang memiliki kekuatan magis dan suci.
Sesuai kegunaannya kulkul dibagi menjadi empat jenis, yaitu:
  1. Kulkul Dewa
  2. Kulkul Bhuta
  3. Kulkul Manusa
  4. Kulkul Hiasan.
    Kulkul Dewa dibunyikan untuk memanggil para dewa. Kulkul Bhuta dibunyikan untuk memanggil Bhuta Kala agar keadaan alam menjadi aman dan tenteram. Kulkul Manusa dibunyikan untuk kegiatan manusia baik yang sudah disepakati seperti pertemuan, gotong royong, maupun keadaan yang mendadak terjadi seperti banjir, kebakaran, dan lain sebagainya. Sedangkan Kulkul Hiasan merupakan kulkul yang dibuat indah dengan diberi hiasan-hiasan. Kulkul hiasan ini biasanya digunakan untuk souvenir. Setiap jenis kulkul mempunyai irama yang berbeda-beda. Kulkul diletakkan di tempat khusus yang diberi nama Bale Kulkul. Sampai sekarang kulkul masih digunakan oleh masyarakat Bali.


B. Alat Komunikasi Modern
    Manusia selalu berusaha menemukan dan mengembangkan peralatan komunikasi. Peralatan komunikasi selalu dikembangkan untuk semakin mempermudah dan membantu setiap kegiatan manusia. Kecepatan dan ketepatan penyampaian informasi merupakan bagian penting bagi manusia untuk mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi. Berikut akan dibahas beberapa peralatan teknologi informasi dan komunikasi modern yang telah dikembangkan manusia. Pada mulanya peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi dipisahkan.

Berikut adalah contoh-contoh alat komunikasi pada era modern hingga saat ini:
1. Surat Kabar
    Surat kabar merupakan lembaran kertas yang menghimpun informasi-informasi. Kertas yang digunakan biasanya mempunyai biaya rendah. Kertas ini disebut kertas koran. Surat kabar memuat berita-berita terkini dan aktual dalam berbagai topik. Topiknya beragam mulai dari politik, kriminal, olahraga, tajuk rencana, sampai cuaca. Surat kabar juga dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, seperti berita untuk industri, penggemar olahraga, penggemar seni, atau partisipan.
gambar dari alat komunikasi modern surat kabar
    Jenis surat kabar umum biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari-hari libur. Surat kabar sore dan surat kabar mingguan juga umum diterbitkan. Kebanyakan negara mempunyai setidaknya satu surat kabar nasional yang terbit di seluruh bagian negara. Di Indonesia contohnya KOMPAS, Media Indonesia, dan The Jakarta Post.
    Ide menerbitkan surat kabar sudah setua zaman Romawi kuno. Saat itu, kejadian sehari-hari diterbitkan dalam bentuk gulungan yang disebut dengan “Acra Diurna”. Setelah Gutenberg menemukan mesin cetak di abad kelima belas, buku-buku pun mulai diterbitkan di Perancis dan Inggris, begitu pula halnya dengan surat kabar. Surat kabar pertama kali dibuat di Amerika Serikat, dengan nama “Public Occurrenses Both Foreign and Domestick” pada tahun 1690.
    Di Indonesia, surat kabar mulai terbit pada pertengahan abad 18 dan umumnya diterbitkan oleh orang-orang Belanda dan berbahasa Belanda pula. Namun, seiring dengan perkembangan, mulai bermunculan surat kabar yang diterbitkan dalam bahasa Melayu. Kebanyakan surat kabar ini masih beraksara Arab, Jawa, ataupun campuran dengan aksara Latin. Surat kabar pertama di Indonesia adalah surat kabar Warta Berita. Surat kabar ini terbit pada tahun 1901 dengan bahasa Melayu dan beraksara latin.
Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju, saat ini surat kabar tidak hanya melalui media kertas tetapi juga versi online dapat diakses melalui internet.

2. Majalah
    Majalah didefinisikan sebagai kumpulan berita, artikel, cerita, iklan, dan sebagainya yang dicetak dalam lembaran kertas berbagai ukuran dan bersampul, setidak-tidaknya mempunyai wajah yang dirancang secara khusus. Majalah terbit secara berkala, bukan terbit setiap hari, misalnya mingguan atau bulanan.

3. Radio
     Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan radio. Adakah radio di rumahmu? Saat mendengarkan radio kamu dapat memperoleh informasi. Melalui radio, kamu juga dapat mendengarkan musik, memilih musik, serta ikut berbincangbincang memberi pandapat tentang suatu hal. Tahukah kamu bahwa radio juga mempunyai peranan penting dalam menyelamatkan banyak orang? Bagaimana ya caranya? Radio digunakan oleh banyak kalangan, seperti angkatan laut, angkatan udara, dan angkatan darat. Kapal-kapal menggunakan radio untuk berkomunikasi.
gambar dari alat komunikasi modern radio
    Salah satu contoh peranan penting radio adalah ketika pada tahun 1912 kapal Titanic mengalami kecelakaan dan tenggelam. Melalui radio antarkapal yang satu dengan kapal yang lain dapat saling berkomunikasi, bahkan dengan stasiun radio darat. Melalui informasi yang diberikan, kapal terdekat atau stasiun darat terdekat dapat datang dengan cepat untuk memberi bantuan pada kapal yang mengalami kecelakaan, sehingga banyak orang yang terselamatkan.
    Radio menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan suara melalui udara. Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik. Gelombang ini terbentuk ketika obyek bermuatan listrik dimodulasi. Modulasi adalah teknik menumpangkan sebuah sinyal pada sinyal yang lain. AM (Amplitude Modulation) dan FM (Frequency Modulation) merupakan sistem modulasi yang sering digunakan. Sistem FM mempunyai kelebihan dapat menghilangkan gangguan oleh gelombang radio lainnya. FM juga dapat menghilangkan gangguan suara oleh cuaca seperti petir
maupun hujan dan menghasilkan suara yang lebih jernih dibanding dengan sistem AM. Namun, sistem FM mempunyai kelemahan yaitu jangkauan yang kurang luas.

4. Televisi
    Televisi merupakan media informasi dan komunikasi yang sangat dikenal. Televisi adalah pesawat yang dapat menangkap siaran gambar dan suara dari pemancar. Dengan televisi, kamu dapat melihat lokasi suatu daerah maupun tokoh-tokoh terkenal dalam dan luar negeri. Kejadian alam, pelantikan presiden, dan budaya setiap daerah maupun bangsa lain dengan mudah dapat kamu lihat. Televisi sudah menjadi sumber segala informasi. Bahkan, televisi juga digunakan untuk mempromosikan suatu produk tertentu yang bersifat menguntungkan.
gambar dari alat komunikasi modern televisi

5. Handy Talky
    Handy talky adalah peralatan komunikasi antara dua orang dengan menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel. Pesawat khusus ini biasanya menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter. Komunikasi alat ini tidak memerlukan biaya atau tarif, namun komunikasinya secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama. Komunikasi jenis ini sering dinamakan brikbrikan dan yang sering menggunakan komunikasi dengan alat ini adalah pihak kepolisian di lapangan.
gambar dari alat komunikasi modern Handy Talky

6. Telepon
    Saat ini telepon sudah menjadi kebutuhan sebagian masyarakat dunia. Dari anak-anak sampai orang dewasa, telepon sudah tidak asing lagi. Apakah telepon itu?
gambar dari alat komunikasi modern telepon
    Telepon adalah alat komuniksasi jarak jauh atau biasa disebut alat telekomunikasi. Alat ini yang mengubah dan mengirimkan suara menjadi energi listrik melalui kabel telepon. Telepon digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh bahkan di seberang lautan sekali pun. Saat ini biaya telepon juga relatif mudah dijangkau oleh masyarakat. Hal ini mempermudah orang untuk menjalin komunikasi jarak jauh.

7. Faksimili (Mesin Faks)
    Faksimili yang juga disebut dengan faks merupakan mesin yang mengerjakan proses pemindaian terhadap sebuah halaman hasil cetakan dan mengubahnya menjadi sinyal yang ditransmisikan melalui sebuah saluran telepon menuju ke sebuah mesin penerima faks. Jadi, faksimili ini merupakan alat sejenis pesawat telepon yang memiliki fasilitas pengiriman tulisan atau gambar kepada pengguna mesin penerima faksimili yang lain.

8. Telepon Selular (Handphone/HP)
    Apakah telepon selular itu? Orang United Kingdom (negara-negara di bawah kerajaan Inggris) menyebutnya dengan istilah mobile, orang Amerika Serikat menyebutnya dengan istilah cell phone (ponsel), sedangkan orang Inggris menyebutnya dengan sebutan handphone. Di Indonesia, telepon selular sering disebut handphone atau sering disingkat HP, telepon genggam, ataupun ponsel.
gambar dari alat komunikasi modern Telepon Selular - Handphone-HP
    Bagaimana cara kerja telepon selular? Ketika menekan suatu rangkaian nomor telepon, telepon selular akan mengeluarkan frekuensi yang sama dengan rangkaian nomor telepon tersebut. Frekuensi itu akan dimodulasi oleh telepon selular untuk dikirim ke menara telepon selular atau sering disebut BTS. Dari BTS, sinyal frekuensi diteruskan ke operator satelit. Kemudian, sinyal dari operator diteruskan ke satelit. Oleh satelit, sinyal frekuensi diteruskan ke telepon seluler yang memiliki frekuensi tersebut.
    Di era teknologi canggih ini, fungsi Handphone/HP semakin berkembang. HP tidak hanya untuk berbicara satu sama lain dengan jarak jauh. HP juga digunakan untuk mendengarkan radio, melihat televisi, mendengarkan musik, berfoto, merekam video, atau mengirim foto dan video. Kamu juga dapat mengirim dan menerima tulisan atau gambar berupa pesan singkat yang disebut SMS (Short Message Service) dan MMS (Multimedia Message Service). Bahkan dengan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) dan GPRS (General Packet Radio Service), HP dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk browsing internet.

9. Internet
    Internet merupakan salah satu teknologi informasi yang semakin populer. Walaupun Internet belum terlalu memasyarakat, namun di berbagai bidang masyarakat telah merasakan dampak internet.
    Jika kamu menggunakan telepon, kamu hanya dapat mendengar suara lawan bicara. Melalui Internet, kamu tidak hanya dapat mendengar suara lawan bicara, tetapi kamu juga dapat melihat lawan bicara. Hal tersebut dapat dilakukan jika kamu dan lawan bicaramu menggunakan webcam. Webcam adalah kamera digital yang dibuat untuk mengambil gambar secara digital dan dapat dihubungkan dengan Internet. Saat ini, Internet tidak hanya dapat diakses menggunakan komputer. Kamu juga dapat menggunakan telepon genggam atau smartphone untuk mengakses internet.

10. Komputer (PC)
    Komputer adalah alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, atau animasi.
gambar dari alat komunikasi modern Komputer pc

11. Laptop/Notebook
    Laptop/notebook adalah peralatan yang fungsinya sama dengan komputer, tetapi bentuknya lebih praktis karena dapat dilipat dan dibawabawa, serta menggunakan bantuan baterai charger sehingga dapat digunakan tanpa menggunakan listrik.

12. Smartphone (Ponsel Pintar)
    Smartphone / telepon pintar adalah telepon genggam/handphone yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Bagi beberapa orang, ponsel cerdas merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi.
gambar dari alat komunikasi modern smartphone
    Smartphone dikatakan pintar ialah karena ia memiliki kecanggihan yang tak dimiliki oleh telepon selular biasa. Sebagai contoh sebut saja teknologi kamera yang jernihnya itu. Atau fitur Wi-Fi untuk akses internet secara nirkabel, sensor navigasi seperti GPS dan kompas, pendeteksi wajah dan masih banyak lagi yang lainnya. Contoh produsen smartphone yang terkenal saat ini yaitu Apple, Samsung, Asus, Xiaomi, Sony, dll.

Dalam perkembangan berdasarkan fungsinya, peralatan teknologi informasi dan teknologi komunikasi sulit dipisahkan sehingga muncul istilah teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Peralatan yang merupakan teknologi informasi dan komunikasi adalah radio, telepon, televisi, dan yang paling modern saat ini adalah internet.
Apa itu internet?
    Internet adalah suatu jaringan komputer yang sangat luas yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Banyak orang menggunakan fasilitas internet untuk berbagai macam tujuan. Ada yang ingin mengobrol dengan chatting, mencari informasi dengan browsing, mengirim surat lewat surat elektronik atau e-mail, bermain game untuk hiburan, dan ada juga yang berbisnis lewat internet. Internet memudahkan manusia untuk saling berhubungan dan mencari informasi. Internet tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dari negara mana pun dapat saling mengakses internet. Perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Ikuti selalu perkembangannya, baik melalui media cetak maupun internet agar kamu tidak menjadi gagap teknologi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat Komunikasi Tradisional dan Modern (Macam-Macam, Contoh, dan Gambar Alat Komunikasi)"

Posting Komentar