Sejarah Perkembangan Komputer (Pengertian Komputer, Komputer Generasi Pertama Hingga Kelima)

Komputer berasal dari kata bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Sejarah perkembangan komputer tidak lepas dari sejarah alat hitung. Perkembangan komputer dibagi menjadi dua tahap, yaitu sebelum tahun 1940 dan sesudah tahun 1940. Sekarang, komputer adalah satu perangkat elektronik yang dapat menerima data masukan, memproses data secara aritmatika dan logika, mengeluarkan hasil keluaran, dan menyimpan data.
    Bidang kajian ilmu komputer cukup luas maka beberapa ahli mendefinisikan pengertian komputer sebagai berikut.
1. Menurut Hamacher
    Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital. Kemudian, memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2. Menurut Blissmer
    Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas berikut.
  • Menerima input
  • Memprosesinput dengan suatu programnya
  • Menyimpan perintah dan hasil pengolahan
  • Menyediakan output dalam bentuk informasi

3. Menurut Fuori
    Komputer adalah suatu alat pemproses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia. Perintah-perintah atau sekumpulan instruksi yang diberikan untuk mengendalikan cara kerja komputer disebut program.
Berdasarkan jenis instruksi dan cara mengolah informasi maka komputer dapat dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
  • Komputer digital
  • Komputer analog
  • Komputer hibrid

Sejarah Perkembangan Komputer

1. Perkembangan Komputer sebelum Tahun 1940
    Dahulu, manusia menggunakan jari untuk mengenali dan menyebut nomor satu hingga sepuluh. Setelah itu, manusia mengenal nomor-nomor yang lebih besar, tetapi masih menggunakan digit-digit asas dari 0 hingga 9. Sistem bilangan ini disebut bilangan perpuluhan atau desimal. Jari-jari digunakan untuk menambah dan mengurangi bilangan. Penjumlahan dan pengurangan bilangan membantu dalam perniagaan barter. Apabila perniagaan semakin berkembang, jari-jari tidak dapat menampung keperluan pengiraan yang bertambah rumit.
    Perkembangan selanjutnya adalah alat yang digunakan oleh ahli-ahli perniagaan dari negeri Cina, Turki, dan Yunani. Mereka menggunakan abakus (sempoa) untuk melakukan operasi matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian).
    Blaise Pascal mencipta mesin hitung mekanika pertama pada tahun 1642. Mesin ini beroperasi dengan cara menggerakkan gir-gir pada roda. Pascal juga telah banyak menyumbang ide dalam bidang matematika dan ilmu peluang. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan oleh William Leibnitz.
    Pada awal abad ke-18 ada seorang karyawan pabrik tenun Perancis bernama Joseph Marie Jacuard. Ia berhasil menemukan cara membuat program untuk mesin tenun. Program dibentuk dari kartu-kartu yang diberi lubang. Ide kartu berlubang atau punched card tersebut ternyata dapat digunakan pada komputer.
Punched card pada Perkembangan Komputer sebelum Tahun 1940
    Salah satu penemuan yang menjadi awal sejarah komputer modern adalah penemuan prinsip dasar
mesin komputer oleh Charles Babbage. Babbage adalah seorang ahli matematika Inggris yang diakui sebagai bapak komputer. Pada tahun 1816, Charles Babbage membuat alat yang disebut "the difference engine". Mesin ini dapat menyelesaikan masalah persamaan matematika seperti logaritma secara mekanik dengan tepat hingga ketepatan dua puluh digit. Mesin ini menggunakan sebuah kartu untuk menyimpan hasil kerja, melakukan perhitungan secara otomatis, dan menghasilkan keluaran dalam bentuk cetakan di kertas. Konsep mesin Babbage mengejutkan ilmuwan pada masa itu kerena dianggap terlalu maju. Babbage kemudian membuat alat yang disebut "the analytical engine". Kedua alat yang dibuat Babbage inilah yang menjadi cikal bakal komputer modern pada saat ini. Semua komputer pada saat ini menggunakan model mesin seperti yang diidekan oleh Babbage, yaitu masukan memori (penyimpanan), pengolahan, dan keluaran.
Replika Difference Engine dan Analitycal Engine dibuat berdasarkan ide Babbage
Saat itu, Babbage belum dapat mewujudkan idenya karena kekurangan dana penelitian dan masalah lain. Sampai ia meninggal, baik Difference Engine maupun Analytical Engine tidak pernah berhasil diwujudkan. Namun, pada tahun 1834 dua orang insinyur Swedia bernama Georg dan Edward Scheultz berhasil membuat sebuah Difference Engine kecil berdasarkan ide Babbage.
    Setelah temuan Babbage tersebut, komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berikut orang-orang yang mengikuti jejak Babbage.
a. Tahun 1889, Herman Hollerith
    Ia menemukan mesin untuk membantu sensus penduduk Amerika Serikat. Pada saat itu, perhitungan sensus penduduk membutuhkan waktu 7 tahun. Dengan temuan Herman ini, perhitungan sensus dapat diselesaikan hanya 6 minggu saja. Mesin Herman masih menggunakan kartu-kartu seperti mesin temuan Babbage.
b. Tahun 1931, Vaannevar Bush
    Beliau menemukan kalkulator yang dapat menyelesaikan persamaan diferensial. Karena menggunakan ratusan gerigi dan poros untuk melakukan perhitungan, mesin ini berbentuk besar dan berat.
c. Tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry
    Pada perkembangan berikutnya, mereka menemukan komputer dengan sistem Aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Sistem ini mengacu pada sistem biner aljabar yang ditemukan oleh George Boole. Sistem biner aljabar menyatakan bahwa setiap persamaan matematis dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.
    Menurut catatan sejarah, komputer analog pertama diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920. Adapun komputer digital pertama bernama Z3. Z3 dikembangkan oleh seorang ilmuwan Jerman bernama Konrad Zuse tahun 1941. Z3 dapat diprogram dan merupakan jenis komputer general purpose (multiguna). Sebelumnya, Zuse  telah menciptakan Z1 antara tahun 1936 hingga 1938. Sayangnya, hampir semua karya Zuse hancur saat terjadi perang dunia kedua.
Komputer Z1 pada generasi pertama

2. Perkembangan Komputer setelah Tahun 1940
    Komputer yang kita gunakan pada saat ini telah mengalami perkembangan lebih dari 60 tahun yang lalu. Sejarah perkembangan komputer modern bermula sejak tahun 1940. Pembagian komputer modern terdiri atas 5 generasi.
a. Komputer Generasi Pertama (1940–1959)
    Pada tahun 1946, insinyur-insinyur dari Universitas Pennsylvania membuat komputer bernama ENIAC (Electronic Numerical Indicator and Computer). ENIAC berukuran sangat besar, beratnya sekitar 30 ton. Komputer tersebut terdiri atas belasan ribu tabung vakum. ENIAC merupakan komputer pertama yang sepenuhnya elektronik dan dapat bekerja 1.000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Mark I merupakan komputer relai elektronik. Mark I ini memiliki panjang setengah lapangan bola dan rentang kabel sepanjang 500 mil. Mark I mampu menyelesaikan perhitungan aritmetik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Berikut adalah gambar dari komputer Mark I:
Gambar Komputer generasi pertama mark I
ASCC atau Mark I merupakan komputer yang dibuat pada tahun 1944. Komputer ini tidak sepenuhnya komputer elektronik. Komputer ini dibentuk dari sekumpulan relay, sakelar, roda, cakram, dan kabel-kabel yang sangat panjang. Berat Mark I sekitar 5 ton.
Proses pembuatan program untuk ENIAC sangat rumit. Program dibuat dengan cara mencabut dan memasang kabel-kabel yang jumlahnya sangat banyak. Untuk mengatasi masalah ini, John Von Neumann, menemukan teknik menyimpan program dalam pita magnetik (seperti pita kaset namun berukuran besar). Berdasarkan ide tersebut maka dibuatlah komputer yang merupakan penyempurnaan dari ENIAC. Komputer ini bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable Computer) dan merupakan komputer pertama yang menggunakan pita magnetik.
Gambar Komputer ENIAC
    Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya. Komputer generasi pertama belum dapat memproses masalahmasalah yang rumit. Ukuran komputer generasi pertama sangat besar dan prosesnya pun masih lambat. Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (vacuum tube) untuk memroses dan menyimpan data. Tabung vakum berukuran seperti lampu kecil. Tabung vakum cepat panas dan mudah terbakar. Ribuan tabung vakum diperlukan untuk mengoperasikan komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama murni peralatan elektronik yang berfungsi untuk membantu ilmuwan menyelesaikan masalah perhitungan matematika secara cepat dan tepat. Ukurannya yang besar mirip komputer induk atau komputer utama (main frame). Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.
    Pada tahun 1954, perusahaan komputer IBM memproduksi komputer komersial yang pertama. Komputer itu diberi nama IBM 704. IBM juga memperkenalkan bahasa pemprograman bernama FORTRAN (Formula Translator) dan merumuskan konsep sistem operasi (operating system) yang pertama.

b. Komputer Generasi Kedua (1959–1964)
    Penemuan transistor di tahun 1948 sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer. Tube vacuum yang biasa ada dalam komputer generasi pertama digantikan dengan transistor. Alat inilah yang menyebabkan ukuran komputer generasi kedua menjadi lebih kecil. Kode biner pun kemudian diganti dengan bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan. Pada masa ini, bahasa pemrograman mulai bermunculan, seperti COBOL, FORTRAN, dan sebagainya. Bahasa-bahasa ini menggantikan kode mesin yang rumit menjadi kata-kata, kalimat, dan rumus matematis yang lebih mudah dipahami manusia. Dengan demikian dapat memudahkan manusia untuk memprogram atau mengatur komputer.
    Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat.
Komputer Generasi Kedua tahun1959–1964
    Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibanding generasi pertama. Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program itu menggantikan bahasa mesin. Pada generasi ini, ukuran komputer lebih kecil (komputer mini). Komputer generasi ini digunakan untuk proses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer. Contoh komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.

c. Komputer Generasi Ketiga (1964–1980)
    Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. Tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu, komputer generasi ketiga penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal). Penggunaan listriknya lebih hemat dibanding komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil (komputer mini) sehingga lebih menghemat ruang. Komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC (Integrated Circuit) atau disebut chip. Dapat digunakan untuk multiprogram. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, IBM PC, dan NEC PC.
Contoh Komputer Generasi Ketiga Tahun 1964–1980
Pada tahun 1971, untuk kali pertama perusahaan Intel memproduksi microprocessor. Microprocessor berisi ribuan hingga jutaan transistor yang dikemas dalam sebuah integrated cirkuit (IC) sebesar kotak korek api. Sejak saat itu, ukuran komputer menjadi sangat kecil dibandingkan komputer ENIAC atau EDVAC.
    Sekitar tahun 1980, IBM memproduksi komputer mikro yang disebut PC (Personal Computer). Sistem operasi yang digunakan adalah DOS yang dibuat oleh Microsoft. Pada saat yang hampir bersamaan, perusahaan Apple Computer memproduksi Macintosh yang jauh lebih mudah digunakan dibandingkan PC. Macintosh sudah menggunakan sistem operasi berbasis teks. Sekitar 1 tahun kemudian, Microsoft membuat sistem operasi Windows berbasis grafik dan menjadi pesaing utama Apple Computer.

d. Komputer Generasi Keempat (1980–sekarang)
    Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar atau Very Large Scale Integration (VLSI). Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super (super computer).
Contoh Perkembangan Komputer Generasi Keempat tahun 1980–sekarang
Bahasa pemrograman BASIC dan Pascal mulai digunakan pada komputer generasi keempat. Bahasa-bahasa program tersebut merupakan bahasa yang paling populer untuk komputer mikro. Perkembangan selanjutnya adalah Laptop, Notebook, Handheld, PDA dan Palmtop mulai diperkenalkan. Komputerkomputer tersebut lebih kecil dari komputer mikro serta mudah dibawa ke manamana. Komputer mikro juga dapat dihubungkan oleh jaringan internet.
    Tujuan dari pembuatan komputer generasi keempat adalah untuk mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektroniknya. Penggantian komponen tersebut diharapkan dapat membuat komputer menjadi lebih kecil dan fleksibel lagi. Namun, pengecilan ukuran sirkuit ini tidak mengurangi kecepatan kerja komputer, tetapi justru dibuat menjadi lebih cepat lagi. Mulai generasi keempat inilah dikenal adanya PC (Personal Computer) dan komputer yang dapat dimasukkan dalam tas (notebook atau laptop). Bahkan, saat ini sudah ada komputer yang dapat digenggam.

e. Komputer Generasi Kelima
    Komputer generasi kelima memang belum terwujud karena komputer generasi ini merupakan komputer impian masa depan. Pembuatan bentuk komputer generasi kelima tentunya akan lebih kompleks. Komputer generasi kelima ini diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pengolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu masalah dalam waktu yang bersamaan. Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang besar. Komputer impian ini diperkirakan akan mempunyai kepandaian tersendiri atau dapat membuat keputusan sendiri. Sifat luar biasa komputer ini disebut sebagai kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Perkembangan Komputer (Pengertian Komputer, Komputer Generasi Pertama Hingga Kelima)"

Posting Komentar