Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)

Perangkat input (masukan) merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima input berupa data atau perintah yang akan diolah di dalam komputer. Input tersebut dapat berupa signal input atau dapat juga berupa maintenance input. Signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi, selain digunakan untuk memasukkan data alat input juga digunakan untuk memasukkan program.

Prinsip kerja perangkat input yaitu dengan mengubah perintah yang dipahami manusia ke dalam bentuk yang dapat dimengerti komputer (machine readable form). Bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer adalah kode-kode biner yang terdiri dari angka 0 dan 1.

Perangkat input dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perangkat input langsung dan perangkat input tidak langsung. Pada perangkat input langsung, input yang dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses (CPU) tanpa disimpan oleh penyimpanan media luar. Contoh perangkat input langsung antara lain mouse, keyboard, joystick, scanner, cardreader, MICR (magnetic ink character recognition) dan touch screen.

Pada perangkat input tidak langsung, input yang dimasukkan akan dilewatkan terlebih dahulu pada suatu media tertentu sebelum diproses oleh CPU. Biasanya input tersebut disimpan pada media simpanan luar (external memory) seperti magnetic disk (hard disk dan disket) dan optical disk (CD, DVD, dan VCD). Magnetic disk menyimpan data melalui magnetisasi suatu medium, sedangkan optical disk menyimpan data melalui sinar laser yang ditangkap oleh keping CD/DVD.

1) Keyboard
    Keyboard atau papan ketik merupakan papan yang berfungsi sebagai tempat tuts kode huruf dan untuk melakukan pengetikan huruf dan angka serta karakter lain yang dibutuhkan. Masing-masing tombol keyboard memiliki fungsi-fungsi tertentu. Keyboard memiliki tombol-tombol seperti pada mesin ketik. Dengan menekan tuts, huruf atau angka yang tertera pada tuts tersebut masuk ke dalam komputer.
perangkat input komputer keyboard
Ada beberapa bagian dalam keyboard, yaitu seperti berikut.
1. Typewriter Keys
    Bagian ini merupakan bagian yang paling komplit. Tombol-tombol typewriter keys terdiri atas tombol-tombol huruf (alphabetic), angka (numeric), dan tanda baca (punctuation).
2. Control Keys
    Bagian Control keys sebenarnya terdapat pada bagian typewriter keys. Pada bagian ini, terdapat tombol-tombol karakter khusus, seperti tombol Enter, Backspace, Shift, Capslock, Tab, Ctrl, dan Alt.
3. Functions Keys
    Tombol functions key terdiri atas 12 tombol, yaitu dari F1 sampai dengan F12 yang terletak di keyboard bagian atas.
4. Keypad
    Keypad merupakan tombol-tombol yang terletak di bagian sebelah kanan, yang berisikan tombol angka (numeric) beserta tombol operator aritmatika seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan. Selain itu, juga ada tombol Enter, Numlock serta tombol-tombol lain yang berfungsi untuk menggerakkan kursor (misal: Pgup, Pgdn, Home, End, ←, →, ↑, dan ↓).
Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:
1) Keyboard Serial
    Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
2) Keyboard PS/2
    Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
3) Keyboard Wireless
    Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infrared, Wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
4) Keyboard USB
    Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.

2. Mouse
    Mouse atau tetikus adalah suatu alat penggerak kursor pada sistem operasi berbasis grafik atau GUI (graphical user interface). Tujuan menggunakan mouse adalah kemudahan dan kecepatan dalam menggunakan komputer. Ketika mouse digerakkan, tanda panah pada monitor bergeser ke arah yang sama dengan gerakan mouse. Dengan alat ini, data dan perintah mudah dimasukkan ke komputer. Saat ini, jenis mouse yang paling banyak digunakan adalah mouse optik. Di bagian bawah mouse optik terdapat sebuah bola yang dihubungkan dengan dua roda atau gir yang mempunyai celah kecil. Jika roda berputar akibat bola gerak, berkas sinar menjadi terputus. Komputer mendeteksi arah gerakan mouse dari perubahan berkas sinar tersebut.
Mouse - contoh perangkat input komputer
Fungsi-fungsi di dalam mouse sebagai berikut.
  1. Klik satu kali (single clik): artinya menekan tombol kiri mouse secara tepat dan cepat
  2. Klik dua kali (double clik): artinya menekan tombol mouse dua kali secara tepat dan cepat, dapat digunakan pula untuk menjalankan program, membuka dokumen, membuka folder dan sebagainya.
  3. Klik kanan (right clik): artinya menekan tombol kanan mouse secara tepat dan cepat
  4. Klik dan geser (drag): artinya tekan terus tombol kiri mouse kemudian geser posisi tertentu sesuai dengan keinginan dan lepaskan bila posisi yang diinginkan telah tercapai.

Berdasarkan prinsip kerjanya, mouse dapat digolongkan pada beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.
1) Mouse mekanis
    Bola yang berada ditubuh mouse akan berputar jika mousenya digeser. Putaran bola ini akan memutar dua buah roda sensor yang dipasang secara ortogonal, sehingga dengan demikian akan diketahui posisi dari kursor mousenya.
2) Mouse Optik
    Sensornya terdiri dari dua buah LED dan dua buah lensa (photo-transistor) untuk mendeteksi gerakan. Salah satu LED mengeluarkan cahaya merah, yang lainnya mengeluarkan cahaya inframerah. Jenis mouse ini memerlukan landasan khusus yang berisi jala-jala yang tersusun tegak lurus. Jala-jala tersebut akan menyerap warna tertentu jika mouse digerakkan menuju arah tertentu.
Untuk melakukan operasi mouse dapat dilakukan dengan beberapa cara:
1) Tunjuk (Point)
    Membawa penunjuk mouse ke bagian yang dikehendaki pada suatu ikon, perintah atau nama.
2) Klik (Click)
    Menekan tombol mouse sekali dan segera melepaskan (seperti kalau menekan tombol keyboard). Tombol mouse biasanya tombol kiri, bagi pemakai yang kidal dapat diubah menjadi tombol kanan.
3) Klik ganda (Double Click)
    Menekan tombol mouse dua kali berurutan dengan cepat tanpa menggeser mouse.
4) Seret (Drag)
    Proses seret ini dipergunakan untuk memindahkan suatu bagian (bagian berupa jendela, ikon, teks, dan sebagainya). Cara menggunakannya, tunjukkan pada bagian yang akan dipindah, sambil menekan tombol mouse, dan geserlah mouse sesuai yang dikehendaki. Setelah sampai pada bagian yang dikehendaki tombol mouse dilepas.
5) Klik kanan
    Klik kanan dapat dilakukan satu kali untuk menampilkan menu Cut, Copy, Paste, Font, Paragraph, Bullet and Numbering, Hyperlink, Synonyms, Select text with similar formating, dan Translate.

3. Trackball
    Alat ini hampir sama dengan mouse. Perbedaannya terdapat pada letak roda pemutarnya. Pada Trackball, roda pemutarnya berada di atas sehingga memutarnya dengan jari tangan kita.
Gambar alat input komputer Trackball
Trackball adalah alat penunjuk berupa bola kecil yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada tetikus modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

4. Joystick
Gambar perangkat input joystik
Alat ini merupakan perangkat tambahan untuk permainan atau game. Apabila kalian masuk ke area bermain atau game zone di sebuah super mal, banyak ditemukan alat ini. Alat ini digunakan untuk media input di permainan. Alat ini berisi tombol navigator yang berguna untuk menggerakkan objek pada permainan.

5. Light Pen
    Light pen merupakan alat yang menyerupai pena. Alat ini dapat memancarkan sinar yang berguna untuk menulis langsung pada suatu layar monitor atau bidang datar khusus.
Light pen - contoh alat input komputer
Dengan menggunakan light pen, kita dapat langsung memasukkan data, baik angka maupun huruf ke CPU melalui layar monitor. Pada layar monitor, terdapat tomboltombol yang berguna untuk setting jenis angka atau huruf dan waktu eksekusi.

6. Scanner
    Scanner merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan gambar atau tulisan yang tercetak di kertas ke komputer dengan cara pemindaian (scanning). Selanjutnya, gambar atau tulisan tersebut dapat diolah dengan program aplikasi tertentu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Salah satu alat input komputer berupa SCANNER
Adapun merk scanner yang biasa digunakan diantaranya: Cannon, HP, Winpro, Umax, Mustek, Acer dan sebagainya. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan pemindaian pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada ulangan umum dan ujian Nasional adalah Scaner IR yang memiliki lampu sensor yang dibuat optik sehingga mengenali jenis pensil 2B.

7. Panel Sensitif Sentuhan (Touch Screen)
    Piranti interaktif yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidaknya sentuhan tangan atau stylus langsung ke layar komputer. Panel ini bekerja dengan cara menginterupsi matrix berkas cahaya atau dengan mendeteksi adanya perubahan kapasitansi atau bahkan pantulan ultrasonik. Mempunyai rasio kontrol/tampilan sama dengan satu. Cocok untuk ditempatkan ditempat ramai dan kurang “ramah”.

8. Camera Digital dan Handycam
Gambar perangkat input Camera Digital dan Handycam
Perkembangan teknologi telah begitu canggih hingga komputer mampu menerima input dari kamera dan Handy-Cam. Kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengan kualitas gambar yang lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara yang menyalin gambar yang menggunakan scanner.

9. Mikropon dan Headphone
    Unit masukan ini berfungsi untuk merekam/ memasukan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
Gambar alat input komputer Mikropon
Dengan mikrofon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chatting.

10. Graphics Pads
    Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat menggunakan Graphic Pads. Graphic Pads ini merupakan input untuk menggambar objek pada monitor.
Graphics Pads - contoh perangkat input komputer
Graphic Pads yang digunakan mempunyai 2 jenis. Pertama, menggunakan jarum (Stylus) yang dihubungkan kepada bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan membran sensitive sentuhan (touch sensitive membrane surface). Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
Baca juga pelajaran tentang teknologi DISINI 😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perangkat Input Komputer dan Gambarnya (Contoh Alat-Alat Masukan/Input)"

Posting Komentar